Submissions

Online Submissions

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

Already have a Username/Password for Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan?

Go to Login

Need a Username/Password?

Go to Registration

 

Author Guidelines

Alur sistem publikasi di JATP

  1. Artikel dari penulis, harus diterima oleh dewan redaksi melalui link submit artikel pada web ini
  2. Dewan redaksi menerima notifikasi ada artikel baru
  3. Editor mengecek kesesuaian artikel dengan: aim & scope, struktur artikel, format sitasi & daftar pustaka 
  4. Editor melakukan cek artikel apakah ada potensi plagiat
  5. Redaksi akan meneruskan proses pada reviewer untuk menelaah isi artikel
  6. Artikel akan dikirim ke reviewer dapat memerlukan waktu hingga 60 hari.
  7. Artikel akan dikembalikan ke author melalui sistem untuk diperbaiki. Batas waktu penyerahan kembali adalah maksimal 30 hari. Jangan menghapus komentar reviewer. Author harus memfasilitasi/menjawab satu persatu komentar yang diberikan oleh editor dan reviewer
  8. Setelah diperbaiki, author mensubmit revisi artikel melalui sistem dan membayar biaya publikasi. Bukti bayar dikirim ke redaksi@ift.or.id. 
  9. Editor mengecek perbaikan dari author dan melanjutkan pada proses layout
  10. Artikel yang diterima, akan dipublikasikan secara online terlebih dahulu
  11. Proses cetak jurnal pada bulan Juni dan Desember tiap tahun. Hardcopy akan dikirim kepada penulis pertama.

Petunjuk Umum Penulisan di JATP

  1. Publikasi di JATP terbagi menjadi 5 macam jenis publikasi: Artikel PenelitianCatatan Penelitian, ReviewLetter to Editor (surat untuk editor), serta Artikel Kolom. Silakan pilih jenis publikasi yang tepat. Kriteria dan cara penulisan artikel berdasarkan jenis-jenisnya, ditentukan pada bagian lain penjelasan ini.
  2. Artikel harus ditulis dengan menggunakan MS Word atau sejenisnya. Font yang digunakan adalah font 12 dan berjenis Times New Roman, berjarak 1,5 spasi, 1 kolom. Redaksi tidak menerima artikel dalam bentuk PDF.
  3. Figur, tabel, gambar, dan ilustrasi diletakkan dibagian setelah bagian daftar pustaka.
  4. Judul dan abstrak ditulis dalam dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
  5. Struktur penulisan artikel penelitian dan catatan penelitian adalah: judul, nama penulis, abstrak, pendahuluan, materi dan metode, hasil dan pembahasan, kesimpulan (dan saran), figur, tabel, gambar, dan ilustrasi. Untuk jenis artikel yang lain, author dapat dengan leluasa menentukannya secara mandiri.
Artikel Penelitian (Research Article) 
  • Artikel ini merupakan artikel hasil penelitian yang mempunyai parameter uji sebanyak minimal 5 parameter uji dan terdiri dari minimum 8000 kata.
  • Sistematika penulisannya, meliputi: 
    • Judul, tidak lebih melebihi 30 kata. Penulisan judul harus akurat, informatif, jelas dan tidak boleh ada singkatan. Judul diketik dengan Title Case dan dengan bahasa Indonesian dan Inggris.  Nama latin yang ada pada judul, ditulis miring. Judul diikuti oleh nama penulis dan institusi secara lengkap tanpa singkatan. 
    • Abstrak, dibuat dalam dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, tidak melebihi 250 kata dan ditempatkan sebelum pendahuluan. 
    • Kata kunci, ditempatkan di bawah abstrak, dan tidak boleh lebih dari 5 (lima) kata. 
    • Pendahuluan, berisi tentang latar belakang mengapa penelitian dilakukan dan berbagai pernyataan penulis lain yang mendukung hasil dan pembahasan, penjelasan adanya gep, tujuan dan manfaat. 
    • Materi dan Metode. Materi dan metode ditulsi terpisah dan ditulis secara lengkap agar bisa dipahami dan ditiru oleh pembaca. Pada bagian ini, harus ditulis waktu pelaksanaan penelitian. Semua metode yang ditelah ditulis, harus merujuk kepada penelitian yang lain, kecuali penemuan baru.
    • Hasil dan Pembahasan. Hasil dan pembahasan memuat seluruh penjelasan hasil penelitian secara jelas dan terarah. Setiap figur, tabel, gambar, dan ilustrasi dirujuk satu persatu tanpa ada yang terlewati. Penulisan pembahasan dilakukan sebagai satuan yang terkait dengan hasil penelitian. Bagian ini harus memuat (1) penjelasan figur, tabel, gambar, dan ilustrasi, (2) faktor keterkaitan satu parameter dengan parameter lain, (3) perbandingan dengan hasil dari peneliti yang lain. 
    • Kesimpulan. Penulisan kesimpulan adalah berupa satu paragraf dan tidak memuat hasil secara rinci. Isi dari kesimpulan harus jelas dan mudah untuk dipahami. Kesimpulan tidak boleh lebih dari satu paragraf dan tidak boleh digabungkan dengan saran. Penulisan saran hendaknya bukan untuk penelitian berikutnya, melainkan pernyataan penulis kepada pembaca mengenai hasil yang telah diperoleh. 
    • Daftar Pustaka. Daftar pustaka ditulis disusun secara sistematis dan diurut secara abjad menurut nama pengarang. Unsur-unsur dalam daftar pustaka yaitu: nama pengarang, tahun terbit, judul, tempat terbit dan penerbit, nomor seri penerbitan, dan DOI. Artikel dari jurnal wajib mencantumkan DOI. Contoh Penulisan daftar pustaka : 

      Hall, A.H. 2002. Chronic arsenic poisoning. Toxicology Letters 128(1–3):69–72. DOI:10.1016/S0378-4274(01)00534-3.

      Ab Razak, N.H., Praveena, S.M., Aris, A.Z., Hashim, Z. 2015. Drinking water studies: a review on heavy metal, application of biomarker and health risk assessment (a special focus in Malaysia). Journal of Epidemiology Global Health 5(4):297-310. DOI:10.1016/j.jegh.2015.04.003

      Almatsier, S. 2004. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Cetakan IV, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. 
       
      Guenter, W., Sim, J.S. 1998. Production of special and modified eggs. Proceedings, Symposium Series 2. The 8th World Conference of Animal Production, Seoul National University, Seoul, Korea, June 28-July 4. Page 361-370.
 
Catatan Penelitian
  • Artikel dengan kategori ini adalah berupa artikel penelitian yang pendek, dengan 2-4 parameter uji. Tata cara penulisan artikel jenis ini adalah mengacu pada tata cara penulisan jenis "Artikel Penelitian" dan jumlah kata adalah 5000–8000 kata.
Artikel Kolom 
  • Artikel ini adalah artikel bebas mengenai ilmu dan teknologi pangan yang mengetengahkan topik-topik up to date. 
  • Sistematika penulisannya ditentukan sepenuhnya kepada penulis. 
  • Jumlah halaman tidak melebihi 2 halaman

 Artikel Review 

  • Artikel ini berupa analisa/kajian terhadap suatu topik dibidang pangan. 
  • Penulis yang dapat menulis review adalah peneliti khusus yang merupakan "invited researcher" sehingga tidak terbuka untuk umum. Penulis dianggap ahli dibidang tersebut dan telah melakukan penelitian secara mendalam terhadap topik yang diangkat.  
  • Sistematika penulisan artikel jenis ini, diserahkan sepenuhnya kepada penulis. 
  • Artikel ini terdiri dari 6000–12000 kata. 
Untuk mengetahui secara rinci mengenai penulisan artikel, silakan download sampel artikel yang dapat kami teruskan untuk proses publikasi pada jurnal kami.
 

Sampel Artikel JATP 

 
Penelitian dengan Hewan Coba 

Penelitian dengan hewan percobaan harus memenuhi kriteria yang telah ditetapkan di instansi masing-masing dan harus melampirkan ceklist dokumen yang dapat didownload secara khusus melalui link ini

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Saya menyadari bahwa artikel saya adalah orisinil dan belum pernah disubmit atau diterbitkan pada jurnal atau prosiding atau media lainnya. Saya akan mematuhi aturan yang diterapkan pada Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan.

    Jika saya melakukan penelitian dengan menggunakan hewan coba, maka saya telah melampirkan dokumen khusus berupa ceklist peraturan penelitian hewan coba sebagaimana yang terdapat pada link ini. Dokumen ini dapat dilampirkan secara tersendiri maupun dijadikan satu di dalam artikel.

  2. Saya telah menulis artikel ini dengan menggunakan program seperti MS Word atau Libre Office dan telah mengikuti petunjuk penulisan JATP, diantaranya adalah ditulis dalam 1 kolom dan jarak antar baris adalah 1,5 spasi.

    Saya menyadari bahwa jika artikel ternyata tidak sesuai dengan petunjuk penulisan maka tidak akan diproses lebih lanjut dan akan mendapat status "DECLINE".

    Petunjuk penulisan ada disini: Author Guidelines. Mohon disempatkan untuk membaca petunjuk penulisan karena banyak artikel yang ditolak karena alasan ketidaksesuaian dengan petunjuk penulisan. 

  3. Saya telah membaca cara penulisan METADATA yang benar pada JATP. Jika metadata yang nantinya diisi adalah tidak baik dan lengkap maka saya bersedia untuk tidak dilanjutkan proses publikasi di JATP. 

    Klik disini untuk mengetahui cara pengisian METADATA. Mohon disempatkan untuk membaca cara pengisian metadata.

  4. Khusus untuk daftar pustaka:

    • saya telah menulis pustaka sesuai ketentuan JATP
    • saya hanya memberikan pustaka terbaru (10 th terakhir) dan telah memberikan nomor DOI satu persatu. 
    • saya mensitasi seluruh pustaka yang telah saya gunakan pada isi artikel.
  5. Saya sadar sepenuhnya terhadap artikel saya bahwa tabel/ilustrasi/figur/gambar yang berwarna selain hitam, akan dikenakan biaya tambahan untuk setiap halamannya. Untuk keperluan ini, saya bersedia membayar biaya tambahan. 

 

Copyright Notice

Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan adalah jurnal dengan open access system. Seluruh artikel pada jurnal ini, dapat didownload secara gratis tanpa harus registrasi terlebih dahulu.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.