skip to main content

PILAR PENGEMBANGAN INDUSTRI HALAL INDONESIA

*Nurjannah Nurjannah orcid  -  STAI Al-Gazali Soppeng, Indonesia
Siradjuddin Siradjuddin  -  UIN Alauddin Makassar, Indonesia
Ahmad Efendi  -  UIN Alauddin Makassar, Indonesia
Muhammad Fadel  -  UIN Alauddin Makassarr, Indonesia
Open Access Copyright (c) 2024 Indonesia Journal of Halal under http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0.

Citation Format:
Abstract

Industri halal pada tataran global terus mengalami pertumbuhan yang sangat pesat, tidak hanya pada Negara mayoritas muslim akan tetapi negara dengan minoritas muslim juga telah melirik industri halal tersebut. Negara Indonesia dengan mayoritas penduduk muslim tentu memiliki potensi yang sangat besar dalam pengembangan industri halal dengan melaukan penguatan pada pilar-pilar yang mendukung hal demikian. Tujuan penelitian ini untuk melihat penguatan pilar industri halal di Indonesia  Penelitian ini termasuk jenis penelitian pustaka (library research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data merupakan data sekunder yang diperoleh dari  data pustaka berupa jurnal-jurnal, penelitian dan  buku-buku yang relevan dengan pembahasan. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan cara  membaca, menelaah, dan menganalisis berbagai literatur yang ada, maupun hasil penelitian yang sudah ada kemudian direduksi, menyajikan data hingga diperoleh kesimpulan. Penguatan pilar industri halal telah dilakukan dengan dapat melihat beragam kebijakan yang ada. Pertama dukungan pemerintah yang telah mengakomodasi pendirian berbagai lembaga yang mendukung industri halal tersebut. Kedua, infrastruktur halal yang terus tumbuh. Ketiga, peningkatan sumber daya manusia yang telibat langsung dalam pengembangan industri halal, Keempat pada pelayanan pada lembaga keuangan syariah yang terus memberikan sumbangsi dan kolaborasi dengan berbagai pihak. 

Fulltext
Keywords: Pilar; Industri; Halal

Article Metrics:

  1. Adamsah, B., & Subakti, E. (2022). Perkembangan Industri Halal Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Indonesia Journal of Halal, 5(1), 71–75
  2. Adha, N., Hakim, L., Nugroho, Y. B., Hafid, N. H., Nikmah, H., & Faujiah, A. (2021). Perkembangan Halal Industri Sebagai Langkah Membumikan Sistem Ekonomi Syariah. The 2 Nd ICO EDUSHA 2021, (2019), 720–730. Retrieved from https://prosiding.stainim.ac.id
  3. Bakar, A., Pratami, A., & Sukma, A. P. (2021). AnalisisFiqih Industri Halal. Taushiah, 11(1), 1–13
  4. Estiasih, T., Ahmadi, K., & Harijono, H. (2019). Pengembangan sistem jaminan halal produk minuman herbal instan di Industri Kecil Menengah (IKM) “DIA.” TEKNOLOGI PANGAN: Media Informasi Dan Komunikasi Ilmiah Teknologi Pertanian, 10(2), 121–127. https://doi.org/10.35891/tp.v10i2.1651
  5. Fathoni, M. A. (2020). Potret Industri Halal Indonesia: Peluang dan Tantangan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 428. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i3.1146
  6. Hidayati, N., Sari, C. A., Swaridyana, F. R., Dewandaru, G., Quraisy, M., & Hidayat, S. E. (2022). Direktori Riset Ekonomi dan Keuangan Syariah KNEKS. Jakarta: Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS)
  7. Hulwanullah, H. (2022). Profesi Penyelia Halal Dalam Percepatan Sertifikasi Halal di Indonesia. Transformasi: Journal of Management, Administration, Education Adn Religious Affairs, 4(2), 352–369
  8. Jalal, Q. R. A. (2017). Pengembangan Logistik Halal di Indonesia. Seminar Nasional Mesin Dan Industri (SNMI XI) 2017: Riset Multidisiplin Untuk Menunjangn Pengembangan Industri Nasional, (27-29 April), 320–326
  9. KNEKS. (n.d.). No Title. Retrieved from https://knks.go.id/
  10. KNEKS. (2020). Rencana Kerja Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah 2020-2024. Jakarta: Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah
  11. Kusjuniati, K. (2020). Strategi dan Peran Penting Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) dalam Mendukung Ketahanan Ekonomi Nasional. Widya Balina, 5(1), 112–123. https://doi.org/10.53958/wb.v5i1.55
  12. Lexy J. Moleong, D. M. A. (2019). Moleong, Lexi J, 2014. ” Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi”. Bandung : Remaja Rosdakarya. PT. Remaja Rosda Karya
  13. LPPOM-MUI. (2022a). Peran LPPOM MUI dalam Pengembangan Ekosistem Halal. Jurnal Halal, (154), 1–52
  14. LPPOM-MUI. (2022b). Sejarah dan Peran LPPON MUI dalam Merintis Halal Menuju Wajib Sertifikasi Halal 2024. Jurnal Halal, (157). Retrieved from https://halalmui.org/wp-content/uploads/2022/09/Jurnal-Halal-157.pdf
  15. Madjid, S. S. (2022). Analisis Peluang, Tantangan dan Strategi Industri Halal di Indonesia (Pada Masa Pandemic Covid-19). JURNAL PILAR: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 13(1), 17–32
  16. Maulana, N., & Zulfahmi. (2022). Potensi Pengembangan Industri Halal Indonesia di Tengah Persaingan Halal Global. Jurnal Iqtisaduna, 8(2), 136–150. https://doi.org/10.24252/iqtisaduna.v8i2.32465
  17. Mulyani, S., Ismail, M., & Rofiq, A. (2022). Percepatan Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19 Melalui Pengembangan Sektor Industri Halal di Indonesia. Malia, 13(2), 167–180. https://doi.org/10.35891/ml.v13i2.3157
  18. Nasution, L. Z. (2020). Penguatan Industri Halal bagi Daya Saing Wilayah: Tantangan dan Agenda Kebijakan. Journal of Regional Economics Indonesia, 1(2), 33–57. https://doi.org/10.26905/jrei.v1i2.5437
  19. Nusran, M., Parakkasi, I., Siri, R., Akil, M. A., Misbahuddin, Yasen, S., … Syamsuddin. (2021). Transformasi Lembaga Keuangan Dalam Mendukung Sektor Usaha Untuk Pengembangan Industri Hala. In MES. Makassar: Yayasan Bina Insan Kamil
  20. Prasetyo, I., & Jasmine, T. L. (2022). PENERAPAN STANDAR LOGISTIK HALAL DI INDONESIA SEBAGAI PERSYARATAN LOGISTIK GLOBAL. Jurnal Ilmiah Manajemen “E M O R,” 6(1). https://doi.org/10.32529/jim.v6i1.1790
  21. Qoniah, R. (2022). Tantangan dan Strategi Peningkatan Ekspor Produk Halal Indonesia di Pasar Global. Halal Research Journal, 2(1), 52–63. https://doi.org/10.12962/j22759970.v2i1.246
  22. Samsul, S., Muslimin, S., & Jafar, W. (2022). Peluang dan Tantangan Industri Halal Indonesia Menuju Pusat Industri Halal Dunia. Al-Azhar Journal of Islamic Economics, 4(1), 12–24. https://doi.org/10.37146/ajie.v4i1.135
  23. Sari, L. P. (2020). Peningkatan Peran Perbankan Syariah Dalam Pengembangan Industri Makanan Halal di Indonesia. Al-Intaj : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(2), 68. https://doi.org/10.29300/aij.v6i2.3180
  24. Saribanaon, E., Purba, O., & Agushinta, L. (2019). Efektifitas Pelaksanaan Logistik Halal. Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi Dan Logistik, 5(3), 319–330
  25. Sukoso, Wiryawan, A., Kusnadi, J., & Sucipto. (2020). Ekosistem Industri Halal. Jakarta: Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah-Bank Indonesia
  26. Sulistiani, S. L. (2019). Analisis Maqashid Syariah Dalam Pengembangan Hukum Industri Halal Di Indonesia. Law and Justice, 3(2), 91–97. https://doi.org/10.23917/laj.v3i2.7223
  27. Tieman, M., van der Vorst, J. G. A. J., & Ghazali, M. C. (2012). Principles in halal supply chain management. Journal of Islamic Marketing, 3(3). https://doi.org/10.1108/17590831211259727
  28. Tim KNEKS. (2020). Insight (Islamic Economy Bulletin): Gaya Hidup Halal Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia. Insight KNEKS, (12)
  29. Wafa, Z. (2022). Analisa Politik dan Ekonomi Sertifikasi Halal oleh BPJPH Dalam Perspektif Maqashid al Syariah. Moderation: Journal of Islamic Studies Review, 2(2), 63–76. Retrieved from https://journal.adpetikisindo.or.id/index.php/moderation/article/view/64

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.