skip to main content

Implementasi Sistem Jaminan Produk Halal Pada Usaha Mikro Kecil dan Mengengah (UMKM) Roti Q-Ta

*M. Yusuf K.  -  Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
Abdul Rauf Muhammad Amin  -  Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
Cut Muthiadin  -  Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
Open Access Copyright (c) 2024 Indonesia Journal of Halal under http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0.

Citation Format:
Abstract

Implementasi sistem jaminan produk halal telah menjadi perhatian utama bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), termasuk di dalamnya Roti Q-Ta, yang beroperasi dalam industri roti. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana Roti Q-Ta menerapkan standar jaminan produk halal melalui pembelian bahan baku yang dipastikan halal dan proses produksi yang sesuai dengan prinsip-prinsip kehalalan. Langkah awal yang krusial dalam implementasi adalah memastikan bahwa semua bahan baku yang digunakan seperti tepung, gula, mentega dan bahan tambahan lainnya telah bersertifikasi halal. Selanjutnya, dalam proses produksi, Roti Q-Ta menerapkan prosedur ketat untuk menghindari kontaminasi silang dengan bahan non-halal serta memastikan penggunaan peralatan yang disucikan sesuai dengan tata cara halal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk mengeksplorasi implementasi sistem jaminan produk halal pada UMKM Roti Q-Ta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi sistem jaminan produk halal telah memberikan manfaat signifikan berupa peningkatan kepercayaan konsumen, ekspansi pasar dan peningkatan kualitas produk. Namun, tantangan seperti biaya implementasi yang tinggi dan kurangnya pengetahuan karyawan mengenai prinsip halal menjadi fokus dalam upaya mengoptimalkan proses ini. Kolaborasi dengan pihak terkait direkomendasikan sebagai strategi untuk mengatasi hambatan ini dan memperkuat posisi Roti Q-Ta dalam pasar yang semakin kompetitif.

Kata Kunci: Jaminan Produk Halal, Usaha Mikro Kecil dan Menengah
Fulltext View|Download
Keywords: Jaminan Produk Halal, Usaha Mikro Kecil dan Menengah

Article Metrics:

  1. Ahmad, N., Hanif, A., & Rahman, M. S. (2020). The Role of Information Technology in Enhancing Halal Certification Processes in Indonesia. Journal of Islamic Marketing, 11(2), 289-305
  2. Ambali, A. R., & Bakar, A. N. (2014). People's awareness on halal foods and products: Potential issues for policy-makers. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 121, 3-25
  3. Fatimah, A., & Rahayu, S. (2020). Tantangan dan Strategi Implementasi Sistem Jaminan Halal pada UMKM Makanan. Jurnal Industri, 12(1), 45-60
  4. Huda, N., Haque, M. Z., & Shafie, S. (2019). The role of halal certification in purchasing decision of Muslim consumers: An exploratory study on halal meat in Malaysia and Indonesia. Journal of Islamic Marketing, 10(3), 748-763
  5. Karim, A. (2019). The Role of Halal Certification in Business Performance in Food Industry. Journal of Halal Studies, 4(2), 97-112
  6. Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. (2020). Data Statistik UMKM. Jakarta: Kemenkop UKM
  7. Marzuki, S. Z. S., Hall, C. M., & Ballantine, P. W. (2012). Restaurant managers' perspectives on halal certification in Malaysia. Journal of Foodservice Business Research, 15(2), 195-214
  8. Nurhayati, T., & Hendar, H. (2019). Personal intrinsic religiosity and product knowledge on halal product purchase intention: Role of halal product awareness. Journal of Islamic Marketing, 10(3), 759-776
  9. Prabowo, S., Rahman, A. A., & Samah, A. A. (2015). The Awareness of Halal Food: A Preliminary Study of Non-Muslim Consumers. Procedia Economics and Finance, 31, 579-584
  10. Rahman, A. A., & Zailani, S. (2017). Challenges and Strategies for Halal Food Supply Chain Management in Malaysia. Journal of Islamic Marketing, 8(3), 392-406
  11. Yuniarti, S. (2021). Implementasi Sertifikasi Halal pada UMKM di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 15(2), 100-115

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.