skip to main content

The Role and Impact of Public Diplomacy in Shaping South Korea foreign policy decisions: Study Case Analysis on Korean Wave

*Asshinaz Noor Fadhilah  -  Department of International Relations, Sunan Ampel State Islamic University. JlJl. Dr. Ir. H. Soekarno No.682, Surabaya, Indonesia 60294, Indonesia
Open Access Copyright (c) 2024 Indonesia Journal of Halal under http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0.

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini menggali dampak dari fenomena budaya Korea Selatan, yang biasa dikenal sebagai Hallyu atau Korean Wave, sebagai alat yang powerful untuk menerapkan strategi diplomasi publik soft power. Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana Hallyu mempengaruhi aspek-aspek nation branding, pembentukan strategi kebijakan luar negeri, dan berkontribusi dalam meningkatkan citra positif Korea Selatan di panggung global. Budaya muncul sebagai instrumen yang kuat yang dapat digunakan oleh negara-negara untuk membangun citra nasional mereka melalui kebijakan, dan budaya ini berfungsi sebagai cermin yang merefleksikan masyarakat dan berdampak pada perubahan sosial, sehingga memiliki efek yang besar pada negara itu sendiri. Artikel jurnal ini bertujuan untuk membahas tiga poin diskusi utama: eksplorasi mendalam mengenai diplomasi publik Korea Selatan, Korean Wave sebagai komponen penting dari diplomasi publik Korea Selatan, inisiatif kebijakan luar negeri Korea Selatan yang terkait dengan Korean Wave, dan bagaimana Korean Wave dapat berfungsi sebagai alat penting dalam strategi kebijakan luar negeri Korea Selatan
Fulltext
Keywords: Kebijakan luar negeri; soft power; public diplomacy; korean wave; Korea Selatan

Article Metrics:

  1. Ayhan, Kadir Jun. 2020. “An exploration of Korean discourses on public diplomacy.”
  2. Journal of Contemporary Eastern Asia 19 (1): 49. DOI: 10.17477/jcea.2020.19.1.031
  3. Cho, Yun Young. 2012. “Public diplomacy and South Korea’s strategies.” The Korean
  4. Journal of International Studies 10, no. II (December): 276-277
  5. 14731/kjis.2012.12.10.2.275
  6. Fahrisa, Titing Reza. 2022. “Exports Driven by Hallyu Increasing South Korea’s Economic Growth - Cultural Diplomacy Approach.” Jurnal Hubungan Internasional 15 (1): 21
  7. https://doi.org/10.20473/jhi.v15i1.33230
  8. Ji-Hye, Shin. 2022. “What is behind South Korea's growth in soft power?” Asia News
  9. Network. https://asianews.network/what-is-behind-south-koreas-growth-in-soft-power/
  10. Padmo, A. A. F. P., Muhammad, A. K. F., Al-Hafidh, A. P., & Senna, M. A. 2021. “diplomasi Kpop Sebagai Kebijakan Luar Negeri Korea Selatan Terhadap Indonesia.” Jurnal
  11. PIR: Power in International Relations 5 (1): 39-40. DOI:
  12. http://dx.doi.org/10.22303/pir.5.1.2020.33-45
  13. Thussu, Daya K., ed. 2007. Media on the Move: Global Flow and Contra-flow. N.p.:
  14. Routledge
  15. Bae, E. S., Chang, M., Park, E. S., & Kim, D. C. (2017). The effect of Hallyu on tourism in
  16. Korea. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 3(4), 22
  17. Sari, L.P. 2020. “Analisis Korean Wave Sebagai Bentuk Soft Diplomacy yang Efektif di Bidang Kebudayaan.” Journal of Diplomacy and International Studies 3 (2): 19
  18. https://journal.uir.ac.id/index.php/jdis/issue/view/603
  19. Suryani, Ni Putu Elvina. 2014. “Korean Wave Sebagai Instrumen Soft Power Untuk
  20. Memperoleh Keuntungan Ekonomi Korea Selatan.” Jurnal Global 16 (1): 72-74
  21. DOI: https://doi.org/10.31970/abditani.v6i1.265
  22. Teguh Puja Pramadya, Jusmalia Oktaviani. 2016. “Hallyu" (Korean wave) as a part of South Korea's cultural diplomacy and its impact on cultural hybridity in indonesia.” Jurnal Dinamika Global 1 (1): 87. DOI: https://doi.org/10.36859/jdg.v1i01.16
  23. Rahman, R. A. (2020). THE CONTRIBUTION AND IMPACT OF THE PHENOMENAL
  24. K-POP BTS (BANGTAN SEONYEONDAN) TO SOUTH KOREA'S ECONOMY
  25. AND CULTURE (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.