skip to main content

Studi Komparasi Kapasitas Dukung Rencana dan Kapasitas Dukung Aktual Fondasi Tiang Pancang Pada Konstruksi Slab On Pile Jalan Tol Semarang-Demak Seksi 2

*Agung Hari Wibowo  -  Program Studi Program Profesi Insinyur Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus UNDIP Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Sulardjaka Sulardjaka  -  Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Silviana Silviana  -  Departemen Teknik Kimia Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Received: 1 Feb 2024; Revised: 26 Feb 2024; Accepted: 28 Feb 2024; Available online: 29 Feb 2024; Published: 6 Aug 2024.

Citation Format:
Abstract

Jalan Tol Semarang-Demak Seksi 2 sepanjang 16,31 km melintas di Kawasan Pantai Utara Jawa. Peta Geologi Regional menunjukkan bahawa di area Pantai Utara Jawa memiliki lapisan tanah alluvial dengan karakteristik lempung dan lanau. Hasil penyelidikan tanah menunjukkan kedalaman lapisan lunak hingga mencapai lebih dari 60 m. Kondisi ini memicu rekayasa konstruksi untuk menopang jalan raya di atasnya. Salah satu upaya pemenuhan elevasi rencana (finish grade) adalah dengan konsep elevated road dengan konstruksi slab on pile. Jalur lalu-lintas rencana diletakkan pada sebuah pelat beton (concrete slab) yang ditopang oleh tiang-tiang pancang diameter 600 mm. Dengan kondisi lapisan tanah lunak yang cukup dalam, kapasitas dukung tiang-tiang fondasi ditanggung oleh tahanan gesek yang diberikan tanah di sepanjang tiang. Studi komparasi ini membandingkan kapasitas dukung rencana yang dihitung dengan rumus empirik dengan kapasitas dukung aktual lapangan hasil PDA Test. Perhitungan dilakukan pada 5 tiang uji untuk kemudian dilakukan komparasi dengan data record PDA test. Untuk kasus umur pemancangan 14 hari di lokasi penelitian, kapasitas dukung tiang dari hasil PDA test masih di bawah angka kapasitas dukung rencana. Kapasitas dukung aktual rata-rata yang diperoleh dari 5 tiang uji adalah sebesar 278 ton. Nilai ini berada di bawah kapasitas dukung rencana metode Shio & Fukui sebesar 381 ton, Meyerhoff sebesar 355 ton, Biaud et al. sebesar 777 ton, dan Luciano Decourt sebesar 605 ton. Di umur tiang pancang 14 hari setelah selesai pemancangan, hasil perhitungan  kapasitas dukung metode Meyerhoff yang paling mendekati kapasitas dukung aktual hasil PDA test dengan rasio 1,26. Disusul berikutnya metode Shio & Fukui dengan rasio 1,36, Luciano Decourt (2,16), dan Biaud et al. (2,81). Beberapa hasil penelitian sebelumnya menunjukkan terdapat korelasi positif antara umur setelah selesai pemancangan dengan kapasitas dukung gesek. Untuk jenis tiang friksi hal ini tentu sangat berpegaruh, jadi memungkinkan ketika tinjauan dilakukan dengan umur pemancangan yang lebih lama, maka daya dukung aktual yang didapat akan meningkat. Hal ini membutuhkan penelitian lanjutan untuk mendapatkan hubungan waktu dengan kenaikan daya dukung tiang pancang, utamanya untuk lokasi yang memiliki lapisan tanah lunak cukup dalam seperti di lokasi penelitian ini.

 

Kata kunci: kapasitas dukung ultimit, kapasitas gesek, pondasi, tiang pancang, N-SPT.

Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. Agung, M., Syaifuddin, F. H., Karlinasari, R., & Soedarsono. (2020). Analisis Perbandingan Daya Dukung Pondasi Tiang Bored Pile Dari Hasil Tes PDA Berdasarkan Metode Chin, Mazurkiewich dan Davisson. Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) 4 Klaster Engineering, 201–207. http://lppm-unissula.com/jurnal.unissula.ac.id/index.php/kimueng/article/view/11587
  2. Andika, M. (2020). Work Method Statement Pekerjaan Slab Cor In Situ Proyek Pembangunan Jalan Tol Semarang - Demak STA. 10+690 s/d 27+000
  3. Gardjito, E., & Abduh, M. (2021). Studi Awal Timbunan Pre-loading dan Struktur Slab On Pile pada Tanah Lunak: Jalan Tol Semarang–Demak Seksi II Sta. 10+ 690 s/d 27+ 000. Seminar Keinsinyuran Program Profesi Insinyur Universitas Muhammadiyah Malang, 2
  4. Hardiyatmo, H. C. (2003). Mekanika Tanah II (3rd ed.). Gadjah Mada University Press
  5. Hardiyatmo, H. C. (2015). Analisis dan Perancangan Fondasi II (3rd ed.). Gadjah Mada University Press
  6. Loahardjo, L., Goni, R. S., Tjandra, D., & Suwono, J. I. (2013). Studi Mengenai Kapasitas Friksi Tiang Pada Tanah Lempung Ekspansif Yang Ditinjau Dari Kadar Air Tanah, Waktu, Dan Material. Jurnal Dimensi Pratama Teknik Sipil, 2(2), 1–8
  7. Maharini, A. S. A., & Alexander, H. B. (2023, February 25). Tol Semarang-Demak Diresmikan, Urai Kemacetan Jalur Pantura. KOMPAS.Com. https://www.kompas.com/properti/read/2023/02/25/182026921/tol-semarang-demak-diresmikan- urai-kemacetan-jalur-pantura
  8. Panduan Geoteknik 1 Proses Pembentukan dan Sifat- sifat Dasar Tanah Lunak (1st ed.). (2001). Pusat Litbang Prasarana Transportasi
  9. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi. (n.d.). Alluvium. MAGMA Indonesia. Retrieved January 12, 2023, from https://magma.esdm.go.id/v1/edukasi/glossary/alluvium
  10. Putri, M. S., Apriyanti, Y., & Fahriani, F. (2018). Analisis Perbandingan Daya Dukung Dan Penurunan Tiang Pancang Tunggal Dengan Metode Statik Dan Uji Beban. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Pada Masyarakat, 1–6. http://www.journal.ubb.ac.id/index.php/snppm/article/view/624
  11. Santoso, T. M., Wahyudi, M. S., Muhrozi, M., & Atmanto, I. D. (2022). Analisis Struktur Slab on Pile Studi Kasus Jalan Tol Semarang – Demak Seksi 2. Teknika, 17(1), 21–34. https://doi.org/10.26623/teknika.v17i1.4823
  12. Satria, Z., Fatnanta, F., & Nugroho, S. A. (2020). Pengaruh Waktu Terhadap Daya Dukung Fondasi Tiang Pada Tanah Lunak Dengan Variasi Kekasaran. Jurnal Rekayasa Sipil (JRS-Unand), 16(1). https://doi.org/10.25077/jrs.16.1.12-24.2020
  13. Tarigan, R. (2021). Waktu Yang Dibutuhkan Pondasi Tiang Pancang Memperoleh Daya Dukung Friksi Ideal Akibat Preboring. Jurnal Teknik Sipil, 13(2), 78–85. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30811/portal.v13i2.2352
  14. Terzaghi, K., & Peck, R. B. (1967). Theoretical Soil Mechanics. John Wiley and Sons, Inc. https://doi.org/10.1680/geot.1963.13.4.267
  15. Warman, R. S. (2019). Kumpulan Korelasi Parameter Geoteknik Dan Pondasi. Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum
  16. Zufrizal, & Sunartono. (2021, June 13). Proyek Tol Semarang - Demak Seksi 2 Rampung 2022. Harian Jogja. https://news.harianjogja.com/read/2021/06/13/500/1074343/proyek-tol-semarang-demak-seksi-2-rampung-2022

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.