skip to main content

Penerapan Lalu Lintas Sistem Satu Arah Sebagai Upaya Peningkatan Jalan Ahmad Yani Kota Tegal

*Hageng Prihiyandhoko orcid  -  Department of Civil Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Agung Nugroho  -  Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Didi Dwi Anggoro  -  Departemen Teknik Kimia Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Received: 15 Jan 2024; Revised: 12 Feb 2024; Accepted: 13 Feb 2024; Available online: 13 Feb 2024; Published: 2 Aug 2024.

Citation Format:
Abstract

Pemerintah Kota Tegal memperbaiki Ruas Jalan Ahmad Yani sepanjang 760 meter dengan mengusung konsep "Tegal Citywalk" pada tahun 2021. Setelah dua tahun implementasi manajemen rekayasa lalu lintas Sistem Satu Arah (SSA), evaluasi harus dilakukan pada tahun 2023 untuk mengetahui efektivitas penerapan Sistem Satu Arah (SSA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beberapa hal terkait penerapan Sistem Satu Arah (SSA) pada Jalan Ahmad Yani Kota Tegal, analisis kinerja lalu lintas dilakukan pada kondisi saat ini untuk mengetahui dan memahami masalah lalu lintas di area penelitian. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), yang diterbitkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum pada tahun 1997. Data yang diambil pada survei penelitian kemudian dianalisa menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) Tahun 1997 sehingga didapatkan kapasitas ruas jalan (C) sebesar 1.407 smp/jam. Volume kendaraan pada akhir pekan sebesar 835 smp/jam pada jam sibuk pagi, pada jam sibuk siang sebesar 928 smp/jam dan 675 smp/jam dengan derajat kejenuhan (DS) 0,59 pada jam sibuk pagi, 0,66 pada jam sibuk siang dan 0,46 pada jam sibuk sore. Berdasarkan nilai derajat kejenuhan (DS) tersebut, maka Jalan Ahmad Yani Kota Tegal masuk dalam karakteristik tingkat pelayanan C dimana arus lalu lintas stabil dan kecepatan, gerak kendaraan dapat dikendalikan serta pengemudi dibatasi dalam memilih kecepatan karena masih ruas jalan perkotaan.

 

Kata kunci: sistem satu arah, MKJI 1997, derajat kejenuhan, kinerja lalu lintas, kapasitas jalan

Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. Analisis Dampak Parking On Street Terhadap Kinerja Lalu Lintas Di Ruas Jalan Ahmad Yani Tegal” (Segmen Jalan Perempatan Pos Polisi Alun-Alun Sampai Perempatan Lampu Merah Gantung) - CORE. (N.D.). Retrieved October 23, 2023, From Https://Core.Ac.Uk/Works/89693047?Source=1&Algorithmid=15&Similartodoc=81672555&Similartodockey=CORE&Recsetid=Fccce4cb-C09a-4549-A829-99541c67e287&Position=3&Recommendation_Type=Same_Repo&Otherrecs=66998532,68685749,89693047,143192325,136071691
  2. DPUPKP - JALAN MENURUT FUNGSINYA. (N.D.). Retrieved November 10, 2023, From Https://Dpu.Kulonprogokab.Go.Id/Detil/307/Jalan-Menurut-Fungsinya
  3. Ikhsani, M. A., & Sari, S. R. (2023). Kajian Penerapan Prinsip New Urbanism Di Jalan Ahmad Yani Kota Tegal Terhadap Dimensi Fungsi Dan Dimensi Sosial. Sinektika: Jurnal Arsitektur, 20(1), 39–47. Https://Doi.Org/10.23917/SINEKTIKA.V20I1.19463
  4. Kurniati, E., & Dharmawansyah, D. (2019). KOTA BIMA-NTB. Jurnal JINTEKS, 1(2)
  5. Maciej Serda, Becker, F. G., Cleary, M., Team, R. M., Holtermann, H., The, D., Agenda, N., Science, P., Sk, S. K., Hinnebusch, R., Hinnebusch A, R., Rabinovich, I., Olmert, Y., Uld, D. Q. G. L. Q., Ri, W. K. H. U., Lq, V., Frxqwu, W. K. H., Zklfk, E., Edvhg, L. V, … فاطمی, ح. (2014). PENERAPAN MANAJEMEN LALU LINTAS SATU ARAH PADA RUAS JALAN SULTAN AGUNG – SISINGAMANGARAJA – DR.WAHIDIN KOTA SEMARANG UNTUK PEMERATAAN SEBARAN BEBAN LALU LINTAS. Jurnal Karya Teknik Sipil, 3(1),142–153. Https://Doi.Org/10.2/JQUERY.MIN.JS
  6. Manajemen Lalu Lintas/Sistem Satu Arah - Wikibuku Bahasa Indonesia. (N.D.). Retrieved October 7, 2023, From Https://Id.Wikibooks.Org/Wiki/Manajemen_Lalu_Lintas/Sistem_Satu_Arah
  7. Mawardin, A., Suriyadin, S., & Kurniati, E. (2022). ANALISIS EFEKTIVITAS JALAN SATU ARAH (STUDI KASUS JALAN SULTAN HASANUDDIN – JALAN GAJAH MADA KOTA BIMA). Spektrum Sipil, 9(1), 30–36. Https://Doi.Org/10.29303/Spektrum.V9i1.203
  8. Standar Efektivitas Untuk Jalan Satu Arah - Google Nggoleki. (N.D.). Retrieved November 10, 2023,
  9. TEKNIK, P. R.-, & 2018, Undefined. (N.D.). Solusi Jalan Satu Arah Di Kota Yogyakarta. Ejournal.Undip.Ac.Id. Retrieved October 7, 2023, From Https://Ejournal.Undip.Ac.Id/Index.Php/Teknik/Article/View/13654
  10. Untuk, D., Terapan, S., Yanuar, E., & Nurrindani, L. (2022). ANALISIS DAMPAK PEMBANGUNAN KAWASAN CITY WALK TERHADAP KINERJA RUAS JALAN DI KOTA TEGAL. Http://Eprints.Pktj.Ac.Id/264/
  11. View Of Kajian Manajemen Lalu Lintas Kawasan Central Business District (CBD) Di Kota Tegal. (N.D.). Retrieved November 9, 2023, From Https://Ktj.Pktj.Ac.Id/Ktj/Article/View/291/92

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.