BibTex Citation Data :
@article{Halal21748, author = {IPAT SARIPAH}, title = {Analisis Literasi Halal dan Pengetahuan Pembelajaran IPA Pada Materi Zat Aditif}, journal = {Indonesia Journal of Halal}, volume = {7}, number = {2}, year = {2024}, keywords = {Literasi halal, Pembelajaran IPA, Zat Aditif.}, abstract = { Literasi halal identik dengan kemampuan untuk membedakan antara barang dan jasa yang diperbolehkan (halal) dan dilarang (haram) yang berasal dari pemahaman yang lebih baik tentang hukum Islam (syariah). Konsumen Muslim memiliki perintah yang ketat yang memandu perilaku konsumsi mereka. Namun, setiap Muslim mungkin memiliki kepatuhan yang berbeda terhadap perintah-perintah tersebut. Perbedaan kepatuhan ini dapat dijelaskan oleh perbedaan tingkat literasi halal pada masing-masing individu. Penelitian ini dilakukan di sekolah untuk mengetahui tingkat literasi halal siswa serta untuk mengetahui efikasi diri (pengetahuan awal biologi). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kuasi eksperimen. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di salah satu madrasah tsanawiyah di Kabupaten Bandung. Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemahaman literasi halal terhadap pengetahuan awal biologi pada materi zat aditif pada siswa kelas VIII MTs. Darul Hufadz dengan nilai pemahaman literasi halal terhadap pengetahuan awal biologi yaitu nilai signifikansi (Sig) 0,651 > 0,05. }, issn = {2656-4963}, doi = {10.14710/halal.v7i2.21748}, url = {https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/ijh/article/view/21748} }
Refworks Citation Data :
Literasi halal identik dengan kemampuan untuk membedakan antara barang dan jasa yang diperbolehkan (halal) dan dilarang (haram) yang berasal dari pemahaman yang lebih baik tentang hukum Islam (syariah). Konsumen Muslim memiliki perintah yang ketat yang memandu perilaku konsumsi mereka. Namun, setiap Muslim mungkin memiliki kepatuhan yang berbeda terhadap perintah-perintah tersebut. Perbedaan kepatuhan ini dapat dijelaskan oleh perbedaan tingkat literasi halal pada masing-masing individu. Penelitian ini dilakukan di sekolah untuk mengetahui tingkat literasi halal siswa serta untuk mengetahui efikasi diri (pengetahuan awal biologi). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kuasi eksperimen. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di salah satu madrasah tsanawiyah di Kabupaten Bandung. Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemahaman literasi halal terhadap pengetahuan awal biologi pada materi zat aditif pada siswa kelas VIII MTs. Darul Hufadz dengan nilai pemahaman literasi halal terhadap pengetahuan awal biologi yaitu nilai signifikansi (Sig) 0,651 > 0,05.
Article Metrics:
Last update: