skip to main content

Model Interaksi Volume, Kecepatan Dan Kepadatan Di Ruas Jalan Budi Utomo Singkawang

*Petrus Yudha Sasmita  -  Program Studi Program Profesi Insinyur, Universitas Diponegoro,, Indonesia
P Paryanto  -  Program Studi Pendidikan Profesi Insinyur Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro , Indonesia
Jaka Windarta  -  Program Studi Pendidikan Profesi Insinyur Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro , Indonesia
Received: 16 Oct 2022; Revised: 3 Nov 2022; Accepted: 15 Oct 2022; Available online: 18 Nov 2022; Published: 26 Nov 2022.

Citation Format:
Abstract

Permasalahan lalu lintas di jalan merupakan suatu hal yang kompleks dan perlu ditangani secara serius. Pergerakan arus lalu lintas kendaraan di jalan secara umum terdiri dari volume, kecepatan dan kepadatan lalu lintas yang akan dianalisis merupakan dasar variabel untuk menginformasikan tentang kondisi suatu sistem transportasi sebagai penilaian kualitas sistem transportasi pada suatu wilayah. Berdasarkan hasil analisis, pemodelan dan uji statistika yang menjelaskan hubungan antara volume, kecepatan, dan kepadatan menggunakan analisa model Greenshields, Greenberg, dan Underwood didapatkan bahwa model yang paling sesuai untuk digunakan pada ruas Jalan Budi Utomo adalah model Underwood dengan persamaan model matematis untuk koefisien determinasi (R2) = 83.5% dan standar error sebesar 0.031.

 

Kata kunci: Pergerakan lalu lintas, volume, kecepatan, kepadatan, Greenshield, Greenberg, Underwood

 

Abstract

 

The problem of traffic on the road is a complex matter and needs to be taken seriously. The movement of vehicular traffic on the road in general consists of volume, speed and traffic density which will be analyzed as basic variables to inform about the condition of a transportation system as an assessment of the quality of the transportation system in an area. Based on the results of analysis, modeling and statistical tests that explain the relationship between volume, speed, and density using the analysis of the Greenshields, Greenberg, and Underwood models, it was found that the most suitable model for use on Jalan Budi Utomo is the Underwood

  𝐷  

model with a mathematical model equation for the speed relationship. -density is 𝑈𝑠 = 39.203 × 𝑒 200, for the

volume-velocity relationship is 𝑉 = 200 × 𝑈𝑠 × 𝑙𝑛 39.203, and for the volume-density relationship 𝑉 =

𝑈𝑠


39.203 × 𝐷 × 𝑒


  𝐷  

 

200 with the coefficient of determination (R2) = 83.5% and the standard error is 0.031.


 

Keywords: Traffic movement, volume, speed, density, Greenshield, Greenberg, Underwood

Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. Badan Pusat Statistik Kota Singkawang. (2022). Kota Singkawang Dalam Angka. (ID): Badan Pusat Statistika Kota Singkawang
  2. Bagas Saputra dan Dian Savitri. (2021). Analisis Hubungan Antara Volume, Kecepatan dan Kepadatan Lalu Lintas Berdasarkan Model Greenshield, Greenberg dan Underwood . Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas, 43- 57
  3. Halim, H., Mustari, I., dan Zakariah, A. (2019). Analisis Kinerja Operasional Ruas Jalan Satu Arah dengan Menggunakan Mikrosimulasi Vissim (Studi Kasus : Jalan Masjid Raya di Kota Makassar). Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas, 99-108
  4. Hobbs F. D. (1995). Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada
  5. Hoel, G. &. (2020). Traffic and Highway Engineering. United States of America: University of Virginia
  6. Kementerian Perhubungan. (2015). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tentang Tata Cara Penetapan Batas Kecepatan. Jakarta: Republik Indonesia
  7. Khisty, C. Jolin dan B. Kent Lall. (2005). Dasar-Dasar Rekayasa Transportasi Edisi Ketiga Jilid 1. Jakarta (ID): Penerbit Erlangga
  8. Mannering & Washbum. (2019). Principles of Highway Engineering and Traffic Analysis. John Wiley & Sons
  9. MKJI 1997. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997. Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Marga
  10. Nurinda Abdi, G., Priyanto, S., & Malkamah, S. (Sleman). Hubungan Volume, Kecepatan Dan Kepadatan Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Padjajaran (Ring Road Utara). Teknisia, 55-64
  11. Oglesby, Clarkson H. dan Hicks, R. Gary. (1990). Teknik Jalan Raya Edisi Keempat. Jakarta (ID): Penerbit Erlangga
  12. Peraturan Daerah Kota Singkawang Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Singkawang Tahun 2013-2032. (2014). Kota Singkawang
  13. Prastyo, H. (2017). Statistik Dasar : Sebuah Panduan Untuk Peneliti Pemuda. Mojokerto: Lembaga Pendidikan dan Pelatihan: International English Institute of Indonesia
  14. Risdiyanto. (2018). Rekayasa dan Manajemen Lalu Lintas. Yogyakarta: PT Leutika Nouvalitera
  15. Tamin, O. Z. (2000). Perencanaan, Pemodelan, dan Rekayasa Transportasi. Bandung: ITB
  16. Tamin, O. Z. (2008). Perencanaan, Pemodelan, dan Rekayasa Transportasi. Bandung: ITB
  17. Usman, Husaini dan Purnomo. (2008). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PT. Bumi Aksara
  18. Utama, G. P. (2013). Analisa Perhitungan Hubungan Kecepatan, Volume dan Kepadatan Arus Kendaraan pada ruas Jalan Muhamad Yamin Kota Samarinda. . Keilmuan Dan Keahlian Teknik Sipil Untag, 2
  19. Wibisono & Cahyono. (2018). Kinerja Lalu Lintas Simpang di Kalen-Majenang Akibat Pembangunan Saluran Irigasi Waduk Kalen di Kecamatan Kedungring Kabupaten Lamongan. Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas, 117-128
  20. Zuhdy, A.Y., Notodiningrat, T.M., Fauzi, A. & Yusuf,
  21. L. (2020). Analisis Kinerja Simpang Monumen Trunojoyo di Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang. Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas, 4(4)

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.