skip to main content

ANALISIS PERENCANAAN RUAS JALAN SRONDOL – SEKARAN KOTA SEMARANG

Muhammad Arifin  -  Program Studi Program Profesi Insinyur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Indonesia
*S Syafrudin  -  Departemen Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Indonesia
M Aried Budihardjo  -  Departemen Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Indonesia
Received: 11 Jul 2022; Revised: 17 Jul 2022; Accepted: 1 Aug 2022; Available online: 10 Aug 2022; Published: 25 Jan 2023.

Citation Format:
Abstract

Jalan merupakan infrastruktur transportasi darat yang berperan sangat penting dalam perkembangan suatu wilayah. Jalan yang berfungsi untuk mendukung kegiatan sosial budaya, ekonomi, pendidikan, serta pertahanan dan keamanan dari suatu wilayah. Kota Semarang sudah memiliki jaringan jalan yang menghubungkan pada bagian wilayah kota BWK IV Tembalang, BWK VII (Banyumanik) dan BWK VIII (Gunungpati) belum optimal. Untuk itu guna meningkatkan bangkitan dan tarikan maka perlu perencanaan prasarana jalan yang menghubungkan antara ketiga BWK guna meningkatkan efisiensi pelayanan kota utamanya sektor transportasi serta meningkatkan aktivitas kegiatan di BWK VIII sehingga pembangunan bisa direncanakan secara merata. Dari hasil Analisis didapatkan potensi pergerakan, kondisi prasarana transportasi, potensi dari rencana alternatif trase yang ada terhadap beberapa aspek yang mempengaruhi pembangunanan jalan jembatan tersebut dengan menggunakan metode analisis kajian lapangan secara observasi lapangan. Dari hasil analisis kajian observasi lapangan dan analisis data yang sudah ada menghasilkan gambaran kinerja dari ruas-ruas diwilayah dengan melihat angka derajat kejenuhan yang membutuhkan peningkatan kapasitas dengan membangun ruas-ruas baru untuk menampung atau sebagai alternatif baru yang menghemat waktu perjalanan bagi arus yang lewat selain itu juga menghasilkan urutan prioritas dari beberapa alternatif trase yang ditinjau dari beberapa aspek teknis maupu ekonomi. Sehingga perlu dilakukan beberapa program untuk mendukung pembangunan jalan tembus srondol-sekarang. 

 

Kata kunci: Perencanaan Jalan, Penigkatan Transportasi, Analisis Kajian, transportasi kota

 

Abstract

 

Analysis of the planning of srondol– sekaran road in semarang city. Road is a land transportation infrastructure that plays a very important role in the development of an area. Roads that function to support the socio-cultural, economic, educational activities, as well as the defense and security of an area. The city of Semarang already has a road network that connects to the parts of the city of BWK IV Tembalang, BWK VII (Banyumanik) and BWK VIII (Gunungpati) which is not yet optimal. For this reason, in order to increase the generation and attraction, it is necessary to plan road infrastructure that connects the three BWKs in order to improve the efficiency of city services, especially in the transportation sector, and to increase activities in BWK VIII so that development can be planned evenly. From the analysis results obtained the potential for movement, the condition of transportation infrastructure, the potential of the existing alternative alignment plan on several aspects that affect the construction of the bridge road using the field study analysis method by field observation.From the results of the analysis of the field observation study and analysis of existing data produces a picture of the performance of the sections in the region by looking at the degree of saturation that requires increased capacity by building new sections to accommodate or as a new alternative that saves travel time for current flows other than It also generates priority order from several alternative alternatives in terms of technical aspects and economic aspects. So that it needs to be done several programs to support the construction of Srond-now through-road
Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. Akbar, Husaini Usman, Purnomo Setiadi, Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta: Bumi Aksara, 2009
  2. Arga Satria A, Dimas Wahyu, Ismiyati, dan Ferry H, Dampak Pertumbuhan Penduduk Terhadap Infrastruktur Di Kota Semarang. Jurnal Karya Teknik Sipil, Vol 6, No 4, tahun 2017, Hal 1-14
  3. Al Rasyid F R.,B., F, 2015, Kualitas Pelayanan Transportasi Publik (Studi Deskriptif tentang Kualitas Pelayanan Jasa Angkutan Umum Perum Damri Unit Angkutan Bus Khusus Gresik-Bandara Juanda). Jurnal Kebijakan dan Manejemn Publik, Vol 3, No 2, Mei-Agustus 2015, hal 97-105
  4. Awal Wibowo, Chatarina Muryani, dan Suwarto, 2015, Studi Tentang Struktur Kota Sistem Transportasi dan Mobilitas Penduduk di Kota Purwokerto. Jurnal GeoEco, Vol 1, No 2, Juli 2015, Hal 222-233
  5. Badan Pusat Statistik Kota Semarang, 2019, Kota Semarang Dalam Angka 2019
  6. Badan Pusat Statistik Kota Semarang, 2019, Kecamatan Banyumanik Dalam Angka 2019
  7. Badan Pusat Statistik Kota Semarang, 2019, Kecamatan Gunungpati Dalam Angka 2019
  8. Lubis, K., Mulyono, A., T., And Others, 2015, Identifikasi Kinerja Konsultan Supervisi Proyek Penanganan Jalan Nasional (Studi Kasus: Bbpjn-I Di Provinsi Sumatera Utara). Universitas Gadjah Mada
  9. Mulyono, A.T., 2013. Monitoring dan Evaluasi Indikator Penyedia dan Pengguna Jasa terhadap Kegiatan Penanganan Jalan Nasional di Ditbinlak Wilayah-1. Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum Ditjen Bina Marga
  10. Rani, A., Hafnidar, (2016). Manajemen Proyek Konstruksi. Yogyakarta: Budi Utama
  11. Setyadi Asnuddin., 2018. Penerapan Manajemen Konstruksi Pada Tahap Controlling Proyek.(Studi Kasus: Bangunan Laboratorium Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi Manado). Jurnal Sipil Statik, Vol 6, No 11 November 2018, hal 895-907
  12. Setio Boedi Arianto dan Dwi Heriwibowo, 2017. Analisis Karakteristik Diklat Teknik SDM Penyelenggara Unit Penimbangan Kendaraan Bermotor Di Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Penelitian Transportasi Darat, Vol 19, No 1, Maret 2017, Hal 71-82

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.