skip to main content

Tantangan dan Hambatan UMKM dalam melakukan Digitalisasi: Studi Kasus di Kabupaten Jayapura, Kabupaten Muaro Jambi, Kabupaten Kulon Progo, & Kota Surabaya

*Ricky Noor Permadi  -  Pusat Pembelajaran dan Strategi Kebijakan Pelayanan Publik - Lembaga Administrasi Negara, Indonesia
Open Access Copyright 2025 JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan under http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0.

Citation Format:
Abstract

Transformasi digital telah menjadi strategi krusial bagi UMKM dalam menghadapi dinamika pasar yang semakin kompetitif dan berbasis teknologi. Pemanfaatan digitalisasi dapat membantu UMKM dalam meningkatkan efisiensi operasional, memperluas jangkauan pasar, serta beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumen yang semakin bergantung pada teknologi. Digitalisasi tidak hanya memungkinkan UMKM untuk tetap bertahan dalam persaingan bisnis, tetapi juga membuka peluang bagi mereka untuk tumbuh dan berkembang di tengah ekosistem ekonomi digital yang terus berkembang pesat. Namun, dalam kenyataannya, masih banyak pelaku UMKM yang belum mampu mengadopsi dan memanfaatkan teknologi digital secara optimal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui wawancara semi-terstruktur dan studi dokumen di Kabupaten Jayapura, Muaro Jambi, Kulon Progo, dan Kota Surabaya. Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi tantangan dan peluang digitalisasi UMKM serta menyusun rekomendasi kebijakan guna mendukung pengembangan ekosistem ekonomi digital yang inklusif dan berkelanjutan.

 

Fulltext View|Download
Keywords: UMKM; Transformasi Digital; E-Commerce; Infrastruktur Digital
Funding: Pusat Pembelajaran dan Strategi Kebijakan Lembaga Administrasi Negara

Article Metrics:

  1. Akbhari, I., & Prathama, A. (2023). Inovasi Aplikasi E-Peken : Optimalisasi Potensi UMKM Kota Surabaya. NeoRespublica : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 4(2), 396–409
  2. APJII. (2024). Internet Indonesia. In Survei Penetrasi Internet Indonesia Tahun 2024. https://survei.apjii.or.id/survei/group/9
  3. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Komunikasi Digital. (2024). Indeks Masyarakat Digital Indonesia. In Indeks Masyarakat Digital Indonesia. https://imdi.sdmdigital.id/home_2023
  4. BPS. (2025). Statistik E-Commerce 2023. In Badan Pusat Statistik (Vol. 6, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
  5. Clemente-Almendros, J. A., Nicoara-Popescu, D., & Pastor-Sanz, I. (2024). Digital Transfromation in SMEs: Understanding its Determinants and Size Heterogeneity. Technology in Society, 77. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2024.102483
  6. Creswell, J. ., & Poth, C. . (2018). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th Editio). SAGE Publications, Inc.,
  7. Criveanu, M. M. (2023). Investigating Digital Intensity and E-Commerce as Drivers for Sustainability and Economic Growth in the EU Countries. Electronics (Switzerland), 12(10). https://doi.org/10.3390/electronics12102318
  8. East Ventures. (2023). Digital Competitiveness Index 2023. EV-DCI
  9. Hendrawan, S. A., Afdhal Chatra, Nurul Iman, Soemarno Hidayatullah, & Degdo Suprayitno. (2024)
  10. Digital Transformation in MSMEs: Challenges and Opportunities in Technology Management. Jurnal Informasi Dan Teknologi, 6, 141–149. https://doi.org/10.60083/jidt.v6i2.551
  11. Lesmana, T. (2024). Changes In People ’ s Consumption Patterns In The Digital Era : A Study On The Millennial Generation. Nomico Journal, 1(5), 107–116
  12. Matang, Suryadi, K., Darmawan, C., Anggraeni, L., Riyanti, D., & Hudi, I. (2023). Generasi Kedua Digital Native : Janus Face Media Sosial dan Anomali Komunikasi. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(1), 109–124
  13. Mumdin, A., Soma, A., & Ramayuli. (2024). Indonesian Smes And Global Market Penetration: The Effects Of Human Capital Investment, Government Role, And Technological Progress. AGREGAT: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 8(2), 237–255. https://doi.org/10.22236/agregat
  14. Omrani, N., Rejeb, N., Maalaoui, A., Dabic, M., & Kraus, S. (2024). Drivers of Digital Transformation in SMEs. IEEE Transactions on Engineering Management, 71, 5030–5043. https://doi.org/10.1109/TEM.2022.3215727
  15. Puslatbang KDOD. (2024). Pembangunan Ekonomi Digital yang Inklusif dan Berkelanjutan dalam Mendorong Kemajuan Daerah. Samarinda: Puslatbang KDOD
  16. Radicic, D., & Petković, S. (2023). Impact of digitalization on technological innovations in small and medium-sized enterprises (SMEs). Technological Forecasting and Social Change, 191(December 2022). https://doi.org/10.1016/j.techfore.2023.122474
  17. Sindi, P. P., & Wafa, Z. (2024). Transformasi Digital UMKM : Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing Berbasis AIDA Pada UMKM Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 6(1), 235–240
  18. Siregar, T. A. (2023). Implementasi Kebijakan Pengembangan UMKM oleh Dinas Koperasi dan UMKM di Kabupaten Jayapura Provinsi Papua. IPDN
  19. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta
  20. Syifa, A. N., Wibowo, E. S. I., Yosssi, M. R., Indrawati, R. S., & Roza, A. M. R. (2024). Kesenjangan Digital dan Akses Internet di Kabupaten Katingan: Studi Kasus pada Masyarakat Pedesaan. Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial Dan Humaniora, 8(1), 65–73. https://doi.org/10.33369/jkaganga.8.1.65-73
  21. Telukdarie, A., Dube, T., Matjuta, P., & Philbin, S. (2022). The opportunities and challenges of digitalization for SME’s. Procedia Computer Science, 217(2022), 689–698. https://doi.org/10.1016/j.procs.2022.12.265
  22. Ulas, D. (2019). Digital Transformation Process and SMEs. Procedia Computer Science, 158, 662–671. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.09.101
  23. Wasistiono, S. (2019). ASPEK PEMERINTAHAN dan PERUBAHAN KOMPREHENSIF ERA DIGITAL. Jurnal Ilmu Pemerintahan Widya Praja, 45(1), 1–16. https://doi.org/10.33701/jipwp.v45i1.350
  24. Wulan, T. S., Putri, R. A., & Solihin, D. A. (2024). Digital Transformation as a Catalyst for SMEs Productivity and Profitability in the Digital Era. 5(4), 601–611

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.