Submissions

Online Submissions

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

Already have a Username/Password for Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan?

Go to Login

Need a Username/Password?

Go to Registration

 

Author Guidelines

Ketentuan Penulisan Artikel

  1. Naskah yang dikirimkan boleh berupa hasil penelitian lapangan atau kajian literatur yang bersifat teoritis, tetapi belum pernah dipublikasikan di jurnal lain atau sedang dikirimkan ke jurnal yang lain. 
  2. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia. Susunan penulisannya terdiri dari, judul, nama penulis, abstrak dan kata kunci, pendahuluan, pembahasan atau analisis, kesimpulan, ucapan terima kasih, pendanaan, daftar informan (jika ada), daftar pustaka, dan catatan kaki (jika ada). 
  3. Naskah ditulis dalam format Ms Word (save as .docx atau .rtf), antara 4.000-8.000 kata (termasuk daftar pustaka), ukuran kertas A4, pilihan huruf Abadi ukuran 12 dan 1 spasi. 
  4. Naskah dikirim secara online dengan registrasi secara langsung di website https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/jiip/user/register atau melalui email: jiip.undip@gmail.com.
  5. Judul naskah tidak boleh lebih dari 15 kata, ditulis dengan huruf kapital di awal judul kata (Sentence case), menggunakan huruf tebal (Bold) dan rata kiri (align left), dengan ukuran huruf 16. 
  6. Penulisan nama penulis tidak disertai gelar akademik, dengan diikuti nama insititusi atau perguruan tinggi. 
  7. Mencantumkan korespodensi penulis berupa nama insitusi, alamat institusi, dan email penulis. Jika penulisnya adalah tim, maka nama institusi dan email yang dicantumkan hanyalah adalah penulis utama (main author). 
  8. Abstrak ditulis dalam format dwibahasa, yakni Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Panjang abstrak antara 125-200 kata, dan diikuti dengan kata kunci antara 3-5 kata. Abstrak minimal berisikan 4 hal, yakni tujuan penulisan, kerangka analisis dan metode, hasil/ pembahasan, dan kesimpulan. 
  9. Mencantumkan ucapan terima kasih (acknowledgment) kepada pihak yang telah berkontribusi memberikan bantuan, baik saat penelitian, analisis data, atau penulisan.
  10. Mencantumkan sumber pendanaan. Apabila penelitian atas biaya sendiri, maka ditulis, “Penulis tidak menerima bantuan pembiayaan untuk penelitian, kepenulisan (authorship), dan publikasi dari pihak manapun”.
  11. Jika ada daftar informan, maka wajib mencantumkan nama informan (tidak boleh inisial, tetapi boleh disamarkan jika dikira perlu), jabatan/ posisi informan, tanggal dan waktu wawancara. 
  12. Mencantumkan identitas penulis diakhir naskah, yang berisi jabatan/pekerjaan di sebuah institusi dan area riset/kajian yang digeluti.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Naskah belum pernah dipublikasikan di jurnal lain atau sedang dikirimkan ke jurnal yang lain.
  2. File disimpan dalam format dokumen Microsoft Word (DOCX atau RTF).
  3. Jika tersedia, URL untuk referensi telah disediakan.
  4. Penulisan memakai jarak satu spasi; menggunakan font Abadi ukuran 12; semua ilustrasi, gambar, dan tabel ditempatkan di dalam teks pada posisi yang tepat (bukan di bagian akhir), dengan jumlah kata antara 4.000-8.000 kata (termasuk daftar pustaka).
  5. Penulisan harus mengikuti gaya selingkung jurnal dan sistem referensi sebagaimana bisa dilihat di Author Guidelines.
  6. Jika dikirimkan ke bagian peer-reviewed jurnal, maka intruksinya akan mengikuti Ensuring a Blind Review.
 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan dalam situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk kepentingan jurnal ini dan tidak akan digunakan untuk tujuan lain atau kepada pihak lain.