skip to main content

Branding Pariwisata dalam Pengembangan Objek Wisata di Kabupaten Majene

*Nuryanti Mustari orcid  -  Program Studi Ilmu Pemerintahan, Indonesia
Nursaleh Hartaman orcid  -  Program Studi Ilmu Pemerintahan, Indonesia
Vinka Audrina Sahrir  -  Program Studi Ilmu Pemerintahan, Indonesia
Nurul Rahmi Aulia  -  Program Studi Ilmu Pemerintahan, Indonesia
Sitti Atirah H  -  Program Studi Ilmu Pemerintahan, Indonesia
Open Access Copyright 2021 JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan under http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0.

Citation Format:
Abstract

Pemerintah indonesia telah menyadari pentingnya sektor wisata dalam meningkatkan pertumbungan ekonomi baik daerah dan negara sebagaimana yang tertuang dalam UU No 10 tahun 2009 tentang kepariwisataan. Salah satu upaya pemerintah Kabupaten Majene dalam meningkatkan nilai pariwisata adalah melalui city branding yang dapat meningkatkan minat wisatawan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan dekskriptif dan dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, studi pustaka dan dokumentasi serta beberapa data dianalisis menggunakan NVIVO. Hasil penelitian menujukkan bahwa   Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Majene mengimplementasikan strategi branding guna menaikkan kualitas dan memperkenalkan ikon wisata di Kabupaten Majene dengan fokus kepada  brand positioning, hal ini dibuktikan pemerintah dengan  menjabarkan strategi untuk menunjukkan suatu perbedaan pada ikon wisata di Kabupaten Majene.

Fulltext View|Download
Keywords: City Branding; Branding Strategi; Dinas Pariwisata

Article Metrics:

  1. Aji, I. P. B. (2020). Analisis Pengaruh Brand Image, Brand Awareness, dan Brand Positioning Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Bus Berchassis Scania di Indonesia (Studi pada PT. United Tractors Tbk.). Universitas Muhammadiyah Surakarta
  2. Akbar, K., & LATARUVA, E. (2013). Analisis Pengaruh Harga, Brand Image, Dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Atau Smartphone Samsung Jenis Android (Studi Pada Mahasiswa Universitas Diponegoro). Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  3. Andrews, J. C., & Shimp, T. A. (2017). Advertising, promotion, and other aspects of integrated marketing communications. Cengage Learning
  4. Chhabra, N. L., & Sharma, S. (2014). Employer branding: strategy for improving employer attractiveness. International Journal of Organizational Analysis
  5. Dinnie, K. (2010). City branding: Theory and cases. Springer
  6. Dinnie, K. (2011). Introduction to the theory of city branding. In City branding (pp. 3–7). Springer
  7. Ghodeswar, B. M. (2008). Building brand identity in competitive markets: a conceptual model. Journal of Product & Brand Management
  8. Gustiawan, W. (2011). City Branding untuk Bukittinggi. Tersedia Di: Http://Www. Harianhaluan. Com/Index. Php
  9. Herbst, U., & Merz, M. A. (2011). The industrial brand personality scale: Building strong business-to-business brands. Industrial Marketing Management, 40(7), 1072–1081
  10. Kotler Philip. (2015). Manajemen Pemasaran. 45
  11. Marty Neumeier. (2014). BRANDING. https://projasaweb.com/branding/
  12. Moilanen, T., & Rainisto, S. (2011). City and destination branding. In How to brand nations, cities and destinations (pp. 77–146). Springer
  13. Moleong, L. J. (2011). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
  14. Pike, S. (2005). Tourism destination branding complexity. Journal of Product & Brand Management
  15. Pitana, I. (2015). Sosiologi pariwisata
  16. Qu, H., Kim, L. H., & Im, H. H. (2011). A model of destination branding: Integrating the concepts of the branding and destination image. Tourism Management, 32(3), 465–476
  17. Selestio, R., & KHASANAH, I. (2013). Analisis pengaruh citra merek, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan (AMDK) merek oasis (studi pada konsumen CV. Sinar Mas Murni Distributor Oasis Cabang Jakarta Selatan). Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  18. Susanto, A. B., & Wijarnako, H. (2011). Power branding: Membangun merek unggul dan organisasi pendukungnya. Mizan Pustaka
  19. Tjiptono, F. (2019). Strategi pemasaran
  20. Van Gelder, S. (2005). The new imperatives for global branding: Strategy, creativity and leadership. Journal of Brand Management, 12(5), 395–404
  21. Woolf, N. H., & Silver, C. (2017). Qualitative analysis using NVivo: The five-level QDA® method. Routledge

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.