PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PESISIR DI KABUPATEN BATANG JAWA TENGAH MELALUI PENGEMBANGAN INDUSTRI GALANGAN KAPAL TRADISIONAL

A. Trimulyono A. Trimulyono, A, Wibawa A, Wibawa, E.S. Hadi S E.S. Hadi, I. Pujo I. Pujo

Abstract


ABSTRAK

 

Kabupaten Batang terletak di pantai utara Jawa Tengah dengan luas daerah 788,642 km2 Posisi tersebut menempatkan wilayah kabupaten Batang, utamanya ibu kota pemerintahannya pada jalur ekonomi pulau jawa sebelah utara. Diwilayah pesisir kabupaten ini terdapat potensi yang dapat dikembangkan menjadi aset yang berharga bagi bangsa yaitu para pembuat kapal tradisional. Kabupaten Batang merupakan salah satu kabupaten yang memiliki potensi untuk produksi kapal. Dilihat dari segi produktifitas galangan, terbukti CV. Laksana Abadi sebagai galangan kapal tradisional pada tahun 2000 mampu memproduksi kapal berjumlah 18 unit dalam jangka waktu 12 bulan.

Pada daerah tersebut terdapat CV. Laksana Abadi, terdapat juga usaha sejenis yang tidak jauh mitra pertama yaitu CV. Rizki Maulana Bahari yang bergerak dibidang pembuatan kapal kayu yang memiliki produktifitas yang lebih kecil dikarenakan masih relatif baru di daerah Kelurahan Karangasem Utara Kecamatan Batang. Karena sifatnya tradisional maka proses pembuatan dapat dikatakan menggunakan metode masih sangat tradisional dan kepercayaan mereka terhadap perkembangan teknologi sangatlah rendah ini terlihat dari cara pembangunan kapal masih tradisional. Maka KKN-PPM ini bermaksud untuk menjembatani antara penggunaan teknologi terkini yaitu pemanfaatan program fishipro maupun program Delftship. Berdasarkan pemetaan masalah yang ada maka dibentuklah 5 kluster yaitu     Kluster Perancangan Kapal Dengan Software, Kluster Produksi Galangan Kapal, Kluster Sistem Informasi Pemasaran, Kluster Pemberdayaan Masyarakat Pesisir sekitar Galangan Kapal, Kluster Perbaikan dan Perawatan Kapal. Dengan di ikuti 41 mahasiswa dari 3 fakultas yang berbeda.

Hasil dari KKN-PPM ini mahasiswa melaksanakan program utama yang berkaitan dengan tematik mengenai galangan kapal tradisional dan program tambahan lainnya yang telah sukses dilaksanakan dan dipamerkan dalam punacka acara KKN yaitu Expo KKN-PPM didesa Karangasem Utara, kabupaten Batang.

 



Keywords


kapal kayu, KKN-PPM, Fishipro

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.