skip to main content

PROGRAM HOLISTIK INTEGRATIF DENGAN PEMANFATAAN PANGAN HASIL TERNAK UNTUK POS PAUD DAN TPA DI KELURAHAN PLEBURAN KOTA SEMARANG

*Sri Sumarsih  -  Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Program Holistik Integratif merupakan Penanganan anak usia dini secara utuh / menyeluruh yang mencakup layanan gizi dan kesehatan, pendidikan dan pengasuhan serta perlindungan untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak usia dini. Target yang akan dihasilkan dalam kegiatan ini adalah Teknologi tepat Guna (TTG) cara cuci tangan yang benar, TTG es krim probiotik dan TTG bekal bento dari pangan hasil ternak. Hasil kegiatan menunjukkan peserta pelatihan yang terdiri dari 50 siswa Pos PAUD Bintang Kejora dan TPA Baitun Na’im mengikuti seluruh tahapan kegitan dengan semangat. Hasil pre test tersebut menunjukkan pengetahuan para peserta tentang materi yang akan disampaikan belum begitu baik Pada tahapan kegiatan praktek cuci tangan yang baik dan benar dan pembuatan es krim probiotik menunjukkan sebagian peserta telah paham dan mengetahui cara cuci tangan yang baik dan benar serta paham catra membuat es krim probiotik dan akan mempraktekkan sendiri di rumah. Kesimpulan kegiatan pengabdian mampu meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan siswa POS PAUD Bintang Kejora dan TPA orang tua siswa dalam hal cara cuci tangan yang baik dan pembuatan es krim probiotik. 

Fulltext View|Download
Keywords: Holistik Integratif, Cuci Tangan, Es Krim Probiotik
  1. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). 2013. Panduan Pelaksanaan Bina Keluarga Balita (BKB) yang Terintegrasi dalam Rangka Penyelenggaraan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif. BKKBN, Jakarta
  2. Biro Pusat Statistik (BPS). 2014. Jumlah Data Satuan Pendidikan (Sekolah) Anak Usia Dini. BPS, Jakarta
  3. Davison, R. M., M. G. Martinsons, N. Kock. 2004. Information Systems. Principles of Canonical action research 14 : 65 - 86
  4. Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah. 2013. Pedoman Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif. Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, Semarang
  5. Enas-unicef. 2012. Pedoman Umum Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif. Bapennas, Jakarta
  6. Handayani, A., M. Munawar, A. Chandra, D. Prasetiyawati. Peningkatan kualitas POS PAUD melalui pengembangan Program Holistik Integratif. Jurnal Penelitian PAUDIA 1 (1) : 75-91
  7. Madya, S. 2006.Teori dan Praktik Penelitian Tindakan (Action Research). Alfabeta, Bandung

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.