PELATIHAN MANAJEMEN GIZI DAN PERAWATAN PALIATIF PADA RELAWAN RUMAH SINGGAH SEDEKAH ROMBONGAN SEMARANG

Rosita Nur Avisha, Hizroh Rochmah, Rusda Camelia, Isnaeni Isnaeni Isnaeni, Beny Isnaini, Choirun Nisa

Abstract


Manajemen gizi dan perawatan paliatif merupakan hal yang penting dalam menangani pasien kanker.Berbagai permasalahan gizi dialami oleh pasien yang akhirnya membuat pasien berada pada kondisi malnutrisi. Disisi lain, secara psikologis pasien dengan kanker memiliki rasa keputusasaan, depresi, dan cemas yang lebih tinggi. Oleh karena itu, diperlukan adanya manajemen gizi dan perawatan paliatif untuk meningkatkan kualitas hidup pasien kanker yang dilaksanakan oleh Fakultas Kedokteran Undip.Pelatihan diselenggarakan untuk para kurir (relawan) di Rumah Singgah Sedekah Rombongan Semarang. Keluaran program pengabdian ini adalah terbentuknya Superhero Magizpare yangberjumlah 6 kurir sebagai pioneer dari keberlanjutan program. Pelatihan dilaksanakan sebanyak lima kali dengan tiga kali pelatihan tatap muka (ceramah, FGD, dan diskusi) dengan materi pelatihan perawatan paliatif, gizi, dan perawatan luka serta dua kali pelatihan memasak. Hasil pelatihan dianalisis dengan pendekatankualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis kuantitatif yang dilihat dari nilai pre dan post test menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan, sedangkankualitatif yang dilihat berdasarkan hasil observasi dan wawancara menunjukkan bahwa semua peserta merasa mendapat pengetahuan dan keterampilan baru mengenai materi yang telah disampaikan. 


Keywords


kanker, gizi, perawatan paliatif, kualitas hidup

Full Text: PDF

References


Caro MMM, Laviano A, Pichard C. Nutritional intervention and quality of life in adult oncology patients. Clin Nutr. 2007;26(3):289–301.

Desen W. 2008. Buku Ajar Onkologi Klinis. Jakarta: Balai Penerbit FKUI.

Doyle H, Macdonald. 2003.Oxford Textbook of Palliative Medicine: 3rd ed. Oxford: Oxford Medical Publications (OUP).

Hardiano R, Huda N, Jumaini. Gambaran Indeks Massa Tubuh pada Pasien Kanker yang Menjalani Kemoterapi. JOM. 2015;2(2):1381–8.

Hariani R. Kecukupan Nutrisi pada Pasien Kanker. Indones J Cancer. 2007;4:140–3.

Kurniasari, Nejad.2005.Hubungan Frekuensi dan Asupan Gizi,Makan Pagi dengan Kadar Hemoglobin (Hb) Darah dan Konsentrasi di Sekolah pada Murid Kelas V dan VI SDN Jetis I dan SDN Jetishardjo.Universitas Gajah Mada.

Notoatmodjo, S. 2003. Ilmu Kesehatan Masyarakat: Prinsip-prinsip dasar (pp. 17, 102-110). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi penelitian kesehatan (pp.133-136). Jakarta: Rineka Cipta.

Riskesdas.2013. Riset Kesehatan Dasar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.