skip to main content

Analisis Pengaruh Arus Sejajar Pantai (Longshore Current) Terhadap Potensi Abrasi di Perairan Kecamatan Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah

*Nia Oktaviani Annisa Putri  -  Departemen Oseanografi, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro, Indonesia
Aris Ismanto  -  Departemen Oseanografi, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro, Indonesia
Gentur Handoyo  -  Departemen Oseanografi, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Pembangunan pelabuhan di Kendal yang berada di Kawasan Industri Kendal (KIK) menyebabkan terjadi perubahan hidro-oseanografi di wilayah tersebut. Akibatnya terjadi dinamika pantai seperti abrasi dan akresi di beberapa pantai di kawasan tersebut. Salah satu peristiwa yang terjadi di Perairan Kecamatan Kaliwungu adalah abrasi yang cukup parah. Adapun salah satu faktor hidro-oseanografi yang mempengaruhinya adalah arus sejajar pantai yang dapat membantu proses transport sedimen dari pesisir pantai maupun arah laut lepas dan mempengaruhi garis pantai. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis laju transport sedimen akibat proses arus sejajar pantai (longshore current) di Perairan Kabupaten Kendal setelah pembangunan pelabuhan Kendal dan dampaknya terhadap abrasi yang terjadi di sepanjang pantai di Kabupaten Kendal. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif, dimana data primer yang digunakan adalah data gelombang dan sedimen, sedangkan data sekunder yang digunakan berupa data angin selama tahun 2011 - 2021 bersumber dari ERA5 ECMWF (European Centre Medium Range-Weather Forecasts) dan diolah menggunakan metode SMB (Sverdrup Munk Bretchneider), data gelombang dan sedimen digunakan sebagai inputan untuk model simulasi arus sejajar pantai menggunakan modul coupled fm dari software MIKE21. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa jenis gelombang yang berada di lokasi penelitian merupakan jenis gelombang yang dibangkitkan oleh angin. Kecapatan arus sejajar pantai terbesar pada musim barat yaitu 1 m/det Maka angkutan sedimen terbesar juga terjadi pada musim barat, yaitu sebesar -29,31443349 m3/hari atau -315.150,16  m3/tahun, sedangkan angkutan sedimen terendah terjadi pada musim peralihan II yaitu -25,89979869  m3/hari atau -278.422,8359 m3/tahun. Abrasi terparah sebesar 176.7m yang berada di sekitar kawasan pelabuhan Kendal dengan rata-rata abrasi sebesar 4.15 m/tahun dan memiliki luasan abrasi sebesar 2.891085 ha.
Fulltext View|Download
Keywords: abrasi, arus sejajar pantai, Kecamatan Kaliwungu, MIKE21

Article Metrics:

  1. Andayani, D., Suryoputro, A. A. D., Atmodjo, W., Satriadi, A., dan Subardjo, P. 2020. Studi Transpor Sedimen di Perairan Muara Sungai Bodri, Kabupaten Kendal. Indonesian Journal of Oceanography, 2 (3) : 1-10
  2. Astuti, B. I. D., Laksono, A., Muhammad, D. T. N., Nurbaiti, I. F., Wildiyanti, S., Junaedi, R. N., dan Marfai, M. A. 2021. Dinamika Perubahan Garis Pantai Kabupaten Kendal Tahun 2000 – 2020. Majalah Geografi Indonesia, 35 (1) : 75 – 83
  3. Avonta, R. A., dan Tjahjono, H. 2022. Pemanfaat Media Diorama Kebencanaan sebagai Upaya Mitigasi Bencana Abrasi Bagi Masyarakat di Pantai Ngebum Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal. Edu Geography, 10 (3) : 91 – 97
  4. Evans, G. P., 1993. A Framework for Marine and Estuarine Model Specification In the UK Foundation or Water Research Members. Henley Road
  5. Gemilang, A. S., Kunarso, dan G. Handoyo. 2017. Pola Arus Laut Permukaan Sebelum dan Sesudah Pembangunan Pelabuhan Tamjung Bonang Kabupaten Rembang. Jurnal Oseanografi, 6(2) : 359-268
  6. Handoyo, G., & Suryoputro, A. A. 2018. Kondisi Arus dan Gelombang Pada Berbagai Kondisi Morfologi Pantai di Perairan Pantai kendal Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Kelautan Tropis, 18(1) : 33–37
  7. Hasanudin, M., dan E. Kusmanto. 2018. Abrasi dan Sedimentasi Pantai di Kawasan Pesisir Kota Bengkulu. Oseanologi dan Liminologi di Indonesia, 3(3) : 245-252
  8. Ichsari, L. F., Handoyo, G., Setiyono, H., Ismanto, A., Marwoto, J., Yusuf, M., dan Rifai, A. 2020. Studi KomparasiHasil Pengolahan Pasang Surut Dengan 3 Metode (Admiralty, Least Square dan Fast Fourier Transform) di Pelabuhan Malahayati, Banda Aceh. Indonesian Journal of Oceanography, 2 (2) : 1 – 8
  9. Ismanto, A., Ismunarti, D. H., Sugianto, D. N., Maisyarah, S., Subardjo, P., Suryoputro, A. A. D., Siagian, H. 2019. The Potential of Ocean Current as Electronical Power Sources Alternatives in Karimunjawa Islands Indonesia. Advances in Science, Technology and Engineering Systems Journal, 4 (6) : 126 – 133
  10. Istiqomah, F., Sasmito, B., dan Amarrohman, F. J. 2016. Pemantauan Perubahan Garis Pantai Menggunakan Aplikasi Digital Shoreline Analysis System (DSAS) Studi Kasus : Pesisir Kabupaten Demak. Jurnal Geodesi Undip, 5 (1) : 78 – 89
  11. Kristanto, O., Ismanto, A., Satriadi, A., Setiyono, H., dan Atmodjo, W. 2022. Analisis Longshore Current dan Pengaruhnya Terhadap Transpor Sedimen Dasar di Perairan Teluk Awur, Jawa Tengah. Indonesian Journal of Oceanography, 4 (1) : 59 – 68
  12. Lubis, A. M., Veronica, N., Saputra, R., Sinaga, J., Hasanudin, M., dan Kusmanto, E. 2020. Investigasi Arus Sejajar Pantai (Longshore Current) di Daerah Abrasi Bengkulu Utara. Jurnal Kelautan Tropis, 23 (3) : 316 – 324
  13. Melisa, W., Hariyadi., Widada, S., Indrayanti, E., Sugianto, D. N., Ismunarti, D. H., dan Yusuf, M. 2020. Studi Pengaruh Longshore Current Terhadap Abrasi di Pantai Moro, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Indonesian Journal Of Oceanography, 2 (4) : 1 – 7
  14. Prasetiyo. 2017. Dampak Reklamasi Pesisir Pantai Ngebum Terhadap Karakteristik Masyarakat Ditinjau Dari Perspektif Education for Sustainable Development. Prosiding Seminar Nasional Hayati V, 155 – 161pp
  15. Prihantono, J., Fajrianto, I. A., dan Kurniadi, Y. N. 2018. Pemodelan Hidrodinamika dan Transpor Sedimen di Perairan Pesisir Sekitar Tanjung Pontang, Kabupaten Serang-Banten. Jurnal Kelautan Nasional, 13 (2) : 75 – 88
  16. Putra, A. N., Handoyo, G., Ismanto, A., Satriadi, A., dan Setiyono, H. 2022. Studi Pengaruh Longshore Current Terhadap Transpor Sedimen Dasar di Pantai Slamaran, Kota Pekalongan, Jawa Tengah. Indonesian Journal of Oceanography, 4 (1) : 36 – 46
  17. Purba, J. R. N. D., Setiyono, H., Atmodjo, W., Muslim, dan Widada, S. 2022. Pengaruh Kondisi Oseanografi Terhadap Pola Sebaran Sedimen Dasar di Perairan Mangunharjo, Kota Semarang. Indonesian Journal of Oceanography, 4 (1) : 77 – 87
  18. Rahmawan, G. A., Wisha, U. J dan Gemilang, W. A. 2020. Mekanisme Transportasi Sedimen Pola Arus Pasang Surut di Teluk Bungus, Kota Padang. Jurnal Segara, 16 (3) : 175 – 186
  19. Salim., Purwandito, M., dan Isma, F. 2020. Pemodelan Arus Pasang Surut DanSedimen Melayang Muara Krueng Langsa. Jurnal Media Teknik Sipil Samudera, 1(2) : 13 – 21
  20. Sidauruk, P., Sugianto, D. N., dan Ismanto, A. 2015. Analisis Sebaran Sedimen Akibat Pengaruh Arus Sejajar Pantai (Longshore Current) di Perairan Makassar. Jurnal Oseanografi, 4 (3) : 563 – 569
  21. Sukamto. 2017. Pengelolaan Potensi Laut Indonesia dalam Spirit Ekonomi Islam (Studi Terhadap Eksplorasi Potensi Hasil Laut Indonesia). Jurnal Ekonomi Islam, 9 (1) : 35 – 45
  22. Triatmodjo, B. 2016. Teknik Pantai. Penerbit Beta Offset
  23. Umami, K., Harahap, S. A., Syamsudin, M. L., dan Sunarto. 2018. Aplikasi Citra Landsat dalam Analisa Perubahan Garis Pantai. Seminar Nasional Geomatika, 919-927pp
  24. Wibowo, M. 2018. Kajian Karakteristik Perairan Teluk Semarang Untuk Mendukung Rencana Pembangunan DAM Lepas Pantai. Jurnal Rekayasa Lingkungan, 11(1) : 15 – 24
  25. Widodo, B. S. 2020. Peran Pemerintah Daerah Kabupaten Kendal Dalam Pengembangan Pelabuhan Kendal. Journal of Politic and Government Studies, 9(4) : 136 – 148

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.