skip to main content

Submissions

Online Submissions

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

Already have a Username/Password for Indonesian Journal of Oceanography?

Go to Login

Need a Username/Password?

Go to Registration
 

Author Guidelines

Template of IJOCE dapat diunduh pada tautan ini (here) 

 

PETUNJUK PENULISAN

 

Artikel pada Indonesian Journal of Oceanography adalah hasil penelitian dan telaah pustaka tentang aspek oseanografi, pengelolaan pesisir, ilmu kelautan, biologi kelautan, konservasi laut, ekologi kelautan, mikrobiologi kelautan, budaya kelautan, geologi kelautan, dinamika udara dan laut, muara, energi terbarukan, mitigasi bencana, teknologi kelautan, sumber daya laut dan pesisir, satelit laut, penginderaan jauh laut, topik laut lainnya. Artikel yang ditulis untuk Indonesian Journal of Oceanography adalah artikel yang tidak sedang dikirimkan ke terbitan/jurnal lain dan belum pernah dipublikasikan di jurnal lain.

 

SISTEMATIKA PENULISAN

 

JUDUL
Judul ditulis singkat, jelas, informatif dan tidak lebih dari 12 kata (untuk artikel berbahasa Indonesia) dan tidak lebih dari 10 kata (untuk artikel berbahasa Inggris).

 

NAMA PENULIS, INSTITUSI, DAN E-MAIL.

Nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik disertai asal institusi dan e-mail ditempatkan di bawah judul artikel. Naskah yang ditulis oleh tim, salah satu penulis harus dicantumkan sebagai corresponding author.

 

ABSTRAK DAN KATA KUNCI

Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris ± 200 kata, dan memuat secara ringkas dan padat isi artikel tentang tujuan, metode dan hasil kajian. Kata kunci ditulis antara 3 –5 suku kata.

 

PENDAHULUAN
Berisi tentang latar belakang, penelitian pendahuluan, gap analysis dan tujuan penelitian 

 

MATERI DAN METODE

bisa meliputi analisa, metode yang dipakai untuk menyelesaikan masalah, implementasi

 

HASIL DAN PEMBAHASAN

Sajian dalam hasil dan pembahasan ditulis secara bersistem, hanya hasil data/informasi yang terkait dengan tujuan penelitian; sederhanakan tabel dan menggunakan tabel terbuka, dan gambar peta lebih difokuskan pada objek yang diteliti serta jangan terlalu besar ukuran filenya serta rumit

 

KESIMPULAN.
Berisi simpulan, implikasi dan saran kajian mendatang.

 

DAFTAR REFERENSI

Hanya referensi yang ditulis dalam naskah yang ditulis dalam Daftar Referensi. Referensi di tulis menggunakan Harvard Style

 

FORMAT PENULISAN

  1. Artikel diketik dengan spasi ganda. Tiap awal paragraph diketik menjorok ke dalam lima ketukan.
  2. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris yang memenuhi kaidah penulisan yang baik dan benar dengan menggunakan Font Times New Roman.
  3. Panjang tulisan antara 8 halaman sampai dengan 18 halaman.
  4. Judul ditulis tebal rata tengah dengan huruf besar, ukuran huruf 14.

 

PENULISAN DAFTAR REFERENSI

  1. Penulis diminta menggunakan reference manager Mendeley atau EndNote dalam membuat referensi
  2. Referensi diutamakan terbitan 10 tahun terakhir.
  3. Daftar referensi diurutkan secara alfabetis dan tidak diberi nomor urut.
  4. Penulisan daftar referensi menggunakan Harvard Style.

    Contoh:

Buku dengan urutan penulisan: Penulis, tahun, judul buku (harus ditulis miring) volume (jika ada), edisi (jika ada), nama penerbit dan kota penerbit .

Hutabarat, S. & Evans, S.M., 1985. Pengantar Oseanografi. Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).

Buku Terjemahan dengan urutan penulisan: Penulis asli (nama depan, tengah. (disingkat), belakang. (disingkat)), tahun buku terjemahan, judul bukuterjemahan (harus ditulis miring), volume (jika ada), edisi (jika ada), (diterjemahkan oleh : nama penerjemah), nama penerbit terjemahan dan kota penerbit terjemahan.

Gonzales, R., P. 2004, Digital Image Processing (Pemrosesan Citra Digital), Vol. 1, Ed.2,  diterjemahkan oleh Handayani, S., Andri Offset, Yogyakarta.

 

Artikel dalam Buku dengan urutan penulisan: Penulis artikel, tahun, judul artikel (harus ditulis miring), nama editor, judul buku (harus ditulis miring), volume (jika ada), edisi (jika ada), nama penerbit dan kota penerbit.

Wyatt, J. C, dan Spiegelhalter, D., 1991,  Field Trials of Medical Decision-Aids: Potential Problems and Solutions,  Clayton, P. (ed.): Proc. 15th Symposium on Computer Applications in Medical Care, Vol 1, Ed. 2, McGraw Hill Inc, New York.

 

Pustaka dalam bentuk artikel dalam majalah ilmiah:

Urutan penulisan: Penulis, tahun, judul artikel, nama majalah (harus ditulis miring sebagai singkatan resminya), nomor, volume dan halaman.

Munasik, M., Wijayanti, D.P., Hartati, R., Pribadi, R. & Nozawa, Y., 2016. Composition of Juvenile Corals on Different Morphotypes of Substrate at Karimunjawa Archipelago, Indonesia. ILMU KELAUTAN: Indonesian Journal of Marine Sciences, 21(4):185-190.

 

Pustaka dalam bentuk artikel dalam seminar ilmiah:

Artikel dalam prosiding seminar dengan urutan penulisan: Penulis, tahun, judul artikel, Judul prosiding Seminar (harus ditulis miring), kota seminar, tanggal seminar.

Makmur, S., Arfiati, D., Bintoro, G. & Ekawati, A.W. 2014. Komposisi hasil tangkapan dan produksi ikan hampal (Hampala macrolepidota Kuhl & Van Hasselt 1823) di Danau Ranau Sumatera Selatan dan Lampung. Prosiding SEMNASKAN UGM XI, 30 Agustus 2014.PI-18, 665-672.


Pustaka Sumber dari Internet

Anton, R. 2010. Masyarakat Pesisir dan Sosial Budaya. Diakses pada 07 Juli 2015, dari http://www.detik.com.

 

Pustaka dalam bentuk Surat Kabar Harian

Hutabarat, J. 2014, 2 Agustus. Masa Kejayaan Laut Indonesia. Suara Merdeka, hal. 4.

 

Pustaka dalam bentuk artikel dari internet (tidak diperkenankan melakukan sitasi artikel dari internet yang tidak ada nama penulisnya)


 

PENULISAN REFERENSI DALAM TEKS

Referensi dalam teks ditulis dengan menyebut nama akhir pengarang dan tahun penerbitan. Contoh:

  1. Farhan dan Dodi (2010) menyatakan bahwa ... 
  2. Pengertian Gelombang adalah … (Ahmad dan Dandi 2011).
  3. Jika pengarang 3 orang atau lebih,  nama pengarang ditulis nama belakangnya ditambah kata “et al.”  (Makmur et al., 2014)
  4. Penulisan referensi ganda. Jika pendapat yang dikutip diambil dari beberapa referensi, penulisan referensi dimulai dengan tahun yang lebih awal. Contoh: Definisi pengukuran adalah … (Hadi 2007; Sobari 2009; Mahfud 2011).

 

TABEL DAN GAMBAR

  1. Hasil olah data dari perangkat lunak statistik tidak dibenarkan digunakan secara langsung dalam penulisan artikel, tetapi harus diolah terlebih dahulu dalam bentuk gambar, atau tabel yang sesuai.
  2. Tabel dan gambar diberi keterangan berupa nama dan nomor urut (angka arab). Untuk tabel keterangan dicantumkan di atasnya, sedangkan untuk gambar dicantumkan di bawahnya.
  3. Jika tabel atau gambar tersebut dikutip dari suatu sumber, harus dicantumkan sumber tersebut dibagian bawahnya.

 

KETENTUAN PENGIRIMAN ARTIKEL


Artikel dalam bentuk Microsoft word disubmit pada OJS Indonesian Journal of Oceanography yang sebelumnya membuat akun pada https://ejournal.undip.ac.id/index.php/ijoce/user/register

 

PROSES REVIEW

  1. Artikel yang telah dinyatakan lolos dari penelaahan awal akan dikirimkan kepada mitra bebestari.
  2. Penelaahan oleh mitra bebestari dilakukan secara anonim (blind review). Hasil penelaahan mitra bebestari adalah: Diterima tanpa perbaikan, atau
  3. Diterima dengan perbaikan oleh penulis, atau
  4. Ditolak tetapi dapat diajukan lagi setelah adanya perbaikan mendasar, atau
  5. Ditolak.

 

SCREENING PLAGIARISM

Redaksi memiliki kebijakan penyaringan untuk plagiarisme. Semua artikel dalam publikasi ini adalah asli: konten (baik secara penuh atau sebagian) di setiap artikel yang masuk akan dilakukan pengecekan dengan Turnitin.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.