skip to main content

Studi Elevasi Dasar Perairan untuk Penentuan Lantai Dermaga Pelabuhan di Pelabuhan TPI Wonokerto Kabupaten Pekalongan

*Samudera Adi Bramastya  -  Departemen Oseanografi, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro, Indonesia
Jarot Marwoto scopus  -  Departemen Oseanografi, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro, Indonesia
Purwanto Purwanto scopus  -  Departemen Oseanografi, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro, Indonesia
Warsito Atmodjo scopus  -  Departemen Oseanografi, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro, Indonesia
Elis Indrayanti scopus  -  Departemen Oseanografi, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Wilayah Kabupaten Pekalongan secara administratif berbatasan dengan Sebelah Utara Kota Pekalongan dan Laut Jawa. Wilayah Kabupaten Pekalongan merupakan tempat berbagai aktivitas salah satunya aktifitas pelabuhan perikanan. Perlu dilakukannya revitalisasi pelabuhan dari analisis pasang surut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pasang surut, meramalkan pasang surut 5 tahun kedepan , analisis kedalaman kolam pelabuhan, dan analisis ketinggian lantai dermaga. Data yang diambil adalah data kedalaman dan data pasang surut realtime 15 piantan untuk mengetahui tipe pasang surut dan peramalan pasang surut sedangkan untuk mengetahui kondisi kolam pelabuhan dan lantai dermaga menggunakan data pasang surut yang telah diolah. Analisa pasang surut menggunakan metode Admiralty dan Worldtide diperoleh tipe pasang surut di perairan TPI Wonokerto yaitu campuran condong harian tunggal dan peramalan selama 5 tahun kedepan. Analisis kolam pelabuhan menggunakan perhitungan LLWL didapatkan nilai sebesar 2,05 m untuk kapal 10 GT dan dinyatakan layak untuk kapal bersandar. Sedangkan untuk lantai dermaga diperoleh jeda antara HHWL dan lantai dermaga sebesar 33 cm untuk metode Admiralty dan 26 cm untuk metode Worldtide sehingga dapat dikatan dermaga tersebut layak untuk tempat bersandar kapal.

 


 

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  common.other
Untitled
Subject
Type Other
  Download (B)    Indexing metadata
Keywords: Pasang Surut; Kolam Pelabuhan; TPI Wonokerto

Article Metrics:

  1. Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan. 2015. Review Total Desain TPI Wonokerto. DPPKP, Pekalongan
  2. Poerbandono dan E. Djunarsjah, 2005. Survei Hidrografi. Refika Aditama, Bandung. 166 hlm
  3. Mustofa R N, Mudzakir K A dan Kurohman F. 2018. Pengembangan Berbasis Komoditas Unggulan Perikanan Tangkap di Kabupaten Pekalongan. Jurnal Perikanan,7 (2) : 68-77
  4. Sugiyono, 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. CV Alfabeta, Bandung. 380 hlm
  5. Triatmodjo, B. 1999. Teknik Pantai. Beta Offset, Yogyakarta. 130 hlm
  6. Triatmodjo, B. 1999. Perencanaan Pelabuhan. Beta Offset, Yogyakarta
  7. Wijaya I , Setiyono H, Warsito Atmojo. (2017). Karaketeristik Pasang Surut dan Kedudukan Muka Air Laut di Perairan Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Campurejo Kabupaten Gresik. Jurnal Oseanografi. 6 (1) : 151 – 157

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.