skip to main content

Evaluasi Dampak Sertifikasi Halal pada UMKM Produsen Makanan dan Minuman Anggota Desa Preneur Model K45PAK

*Duddy Roesmara Donna  -  Sekolah Pascasarjaana Universitas Gadjah Mada, Indonesia
Nanung Danar Dono  -  Universitas Gadjah Mada, Indonesia
Mohammad Iqbal Ahnaf  -  Universitas Gadjah Mada, Indonesia
Open Access Copyright (c) 2024 Indonesia Journal of Halal under http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0.

Citation Format:
Abstract

Dengan diterbitkannya Undang-undang No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (JPH), permasalahan kehalalan mendapatkan kejelasan posisi dan tempat di Indonesia. Desa Preneur adalah salah pilar dari Program Desa Mandiri Budaya yang dibiayai dengan dana keistimewaan DIY. Salah satu model pengembangan Desa Preneur adalah K45PAK (Kiblat 4-5 Pancer Adiluhung Kawentar) yang salah satu kegiatan pembinaannya adalah mendorong produsen makanan dan minuman untuk memperoleh sertifikat halal. Sertifikat halal sangat diharapkan depat meningkatkan kinerja UMKM (omzet penjualan dan laba) sehingga berdampak pada kesejahteraan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat secara mendalam dampak sertifikat halal terhadap perkembangan usaha makanan dan minuman UMKM anggota Desa Preneur Model K45PAK serta merekomendasikan kebijakan dan strategi bisnis untuk meningkatkan kinerja bisnis UMKM tersebut. Metode penelitan yang digunakan adalah kombinasi antara metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan metode kuantitatif dengan pendekatan statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sertifikat Halal tidak selalu berdampak pada omzet penjualan dan laba. Sertifikat Halal tidak langsung berdampak pada peningkatan omzet penjualan dan laba, tetapi melalui peningkatan kepercayaan diri produsen dalam memasarkan dan kepercayaan dan penerimaan konsumen sehingga terjadi peningkatan segmen pasar dan jumlah pelanggan. Peningkatan kualitas produk di luar Sertifikat Halal (kualitas produk, kualitas kemasan dan legalitas lainnya) dan strategi pemasaran (analisis pasar, merek dagang, pengemasan, pembuatan konten pemasaran dan penggunaan media pemasaran yang sesuai) sangat diperlukan agar Sertifikat Halal berdampak pada peningkatan omzet penjualan dan laba.

Kata Kunci: Sertifikat Halal, dampak, omzet penjualan, laba, Desa Preneur

Fulltext View|Download
Keywords: Sertifikat Halal, dampak, omzet penjualan, laba, Desa Preneur

Article Metrics:

  1. Adnani, L., Hindarsah, I., & Kania, T. N. (2021). The Effect of Halal Labels of Packed Food Products on Purchase Decisions at a General Store in Cimincrang Sector Bandung. Journal of Economic Empowerment Strategy (JEES), 4(2), 25–40. http://journal.kopertis-4.org/index.php/jees/article/view/140
  2. Akbar, G. R., & Rohman, I. K. (2023). Analysis of the Impact of Halal Certificate on the Performance of Micro and Small Enterprises (SMEs) with the Propensity Score Matching (PSM) Method. Journal of Strategic and Global Studies, 6(1). https://doi.org/10.7454/jsgs.v6i1.1108
  3. As’ad, I., Sari, R., & Pakka, H. M. (2022). The Effect of Halal Label and Digital Promotion Towards the Increase of SMEs Income in Makassar City. Book of Abstract …, 2987. https://conference.umi.ac.id/index.php/ichalalumi-abstract/article/view/136
  4. Atiah, I. N., Najmudin, N., & Syihabudin, S. (2022). A Halal Certification and Its Effect on Sales Growth; A Case of Halal Certified Food Producers in Banten Province. Al Qalam, 39(1), 1–12. https://doi.org/10.32678/alqalam.v39i1.6337
  5. Bamberger, M. (2012). INTRODUCTION TO MIXED METHODS IN IMPACT EVALUATION. The Rockerfoller Foundation
  6. Collis, J., & Hussey, R. (2014). Business Research A Practical Guide for Undergraduate & Post Graduate Students (fourth edi). Palgrave
  7. Damen. (2024). A SWOT Analysis of the Factors Affecting the Implementation of Strategic Management Accounting in Public Sector Organizations in Jordan. Jurnal Manajemen
  8. Ernawati. (2021). Global Competitiveness Study of Halal Pharmaceuticals and Cosmetics Industry. Jurnal Ekonomi dan Manajemen
  9. Febriati, N. L., Mu'in, F., Santoso, R., & Latua, A. (2024). Challenges of the halal food industry in era 5.0 perspective of science and Islamic law. KnE Social Sciences, 678-687
  10. Flick. (2018). Doing Qualitative Research: A Practical Handbook (5 ed.). London: Sage Publications
  11. Hamis, M. A., Harnisa, N., Othman, A., & Suhaimi, S. A. (2023). Consumer Perception Towards Halal COsmetic Product In Malaysia. Jurnal Evolusi(Jilid 4, Edisi 2, e-ISSN 2735-2234)
  12. Hartanto, R. D., Setiawan, D. A., Ariyani, D., & Rosia, R. (2021). THE URGENCY OF THE HALAL INDUSTRY SECTOR: POTENTIALS AND CHALLENGES. Journal of Islamic enterpreneurship and Management, 1(2), 43-50
  13. Herdiana, Y., & Rusdiana, T. (2021). Indonesia Halal Pharmaceutical: Challenges And Market Opportunities. Indonesia Jurnal of Pharmaceutical
  14. Irfany, I. M., & Rusydiana, A. S. (2022). Challenges in Developing Integrated Halal Industry in Indonesia. Halal Tourism and Pilgrimage, 2(1). https://doi.org/10.58968/htp.v2i1.114
  15. Izzuddin, M., & Adinugraha, H. H. (2022). a Literature Review Potential Development of Halal Industry in Indonesia. LIKUID: Jurnal Ekonomi Industri Halal, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.15575/likuid.v2i1.14915
  16. Nur’aini, R. D. (2020). Penerapan Metode Studi Kasus Yin Dalam Penelitian Arsitektur Dan Perilaku. Inersia: Informasi dan Ekspose Hasil Riset Teknik SIpil Dan Arsitektur, 16(1). https://doi.org/10.21831/inersia.v16i1.31319
  17. Nurhayati. (2017). Research Trends and Opportunities of Halal Cosmetic: A Systematic Literature Review. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences
  18. Putra, A. B., Wulandari, W. R., Nur, M., & Khasan, K. (2023). International Dynamics of Halal Industry Development : A Literature Review. Review of Islamic Economics and Finance, 6(1), 75–90
  19. Qurrata, V. A., & Puteri, R. D. L. (2021). Halal Label, Trust and Brand Loyalty Among Social Media Consumer for Food Business in Indonesia. BISTIC Business Innovation …, 193(Bistic), 48–57. https://www.atlantis-press.com/article/125963919.pdf
  20. Septiani, D., & Ridlwan, A. A. (2019). The Effects of Halal Certification and Halal Awareness on Purchase Intention of Halal Food Products in Indonesia. Indonesian Journal of Halal Research, 2, 2 (2020): 55-60, 16(1), 111–141. https://doi.org/10.24239/jsi.v16i1.538.111-141
  21. Susihono, W., Irhami, Rodani, Febriasari, A., Samsudin, & Khasanah, A. U. (2018). Tingkat Penggunaan Bahan Tersertifikasi Halal Berdasarkan Usulan Bidang Audit Kepada Tim Komisi Fatwa MUI Provinsi Banren. Indonesia Journal of Halal(Vol1 (1) 2018)
  22. Syaifudin, M. R., & Fahma, F. (2022). Analisis Kepemilikan Sertifikat Halal Terhadap Pendapatan Usaha UMKM Mendoan Ngapak. Performa: Media Ilmiah Teknik Industri, 21(1), 40. https://doi.org/10.20961/performa.21.1.52537
  23. Syamsiyah, N., & Ardana, Y. (2020). Halal Industry in Indonesia; Opportunities, Challenges, and Strategies. Journal of IEB (Islamic Economics and Business), 2(1), 55. https://doi.org/10.21580/jdmhi.2020.2.1.5856
  24. Urumsah, D., & Puspitasari, D. A. (2021). Influence of Halal Certification on Innovation and Financial Performance. Jurnal Reviu Akuntansi Dan Keuangan, 11(3), 650–666. https://doi.org/10.22219/jrak.v11i3.17983
  25. Yin, R. K. (2009). Studi Kasus; Desain dan Metode. Jakarta. Raja Grafindo Persada
  26. Yuli, S. B. C., & Wojtyla, E. (2020). Challenges and strategies in developing human resources for the halal industry: Evidence from Indonesia. Journal of Innovation in Business and Economics, 4(02), 77–86. https://doi.org/10.22219/jibe.v4i02.8270
  27. Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific Communication (JSC), 1(1). https://doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.