skip to main content

Analisis Minat UMK Terhadap Sertifikasi Halal di Pulau Madura

*Mochamad Reza Adiyanto  -  Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia
Evaliati Amaniyah  -  Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia
Open Access Copyright (c) 2023 Indonesia Journal of Halal under http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0.

Citation Format:
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat literasi pelaku UMK bidang kuliner tentang pentingnya memiliki sertifikat halal di Pulau Madura dan melihat pengaruhnya terhadap sikap serta minat pelaku usaha untuk memiliki sertifiat halal. Jenis data yang digunakan adalah data primer bersifat kuantitatif. Data primer diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada pelaku UMK yang bergerak di sektor makanan dan minuman yang berlokasi di Kabupaten Sampang, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Pamekasan, dan Kabupaten Sumenep Pulau Madura. Sampel ditentukan secara sengaja (convenience sampling). Responden berjumlah 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi pelaku UMK mengenai sertifikat halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pelaku UMK untuk memiliki sertifikat halal produk kuliner, kemampuan literasi pelaku UMK mengenai sertifikat halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap pelaku UMK untuk memiliki sertifikat halal produk kuliner, sikap pelaku UMK atas sertifikat halal tidak berpengaruh signifikan terhadap minat pelaku UMK untuk memiliki sertifikat halal produk kuliner, sikap pelaku UMK tidak berperan memediasi pengaruh tingkat literasi pelaku UMK bidang kuliner terhadap minat pelaku UMK di Pulau Madura terhadap kepemilikan sertifikat halal.
Fulltext View|Download
Keywords: sertifikasi halal, UMK, literasi, sikap, minat, madura

Article Metrics:

  1. Agustina, Y., Pratikto, H., Churiyah, M., & Dharma, B. A. (2019). Pentingnya Penyuluhan Sertifikasi Jaminan Produk Halal Untuk Usaha Kecil Menengah (UKM). Jurnal Graha Pengabdian, 1(2), 139–150. http://journal2.um.ac.id/index.php/jgp/article/view/11090
  2. Ajzen, I. (2020). The theory of planned behavior: Frequently asked questions. Human Behavior and Emerging Technologies, 2(4), 314–324. https://doi.org/10.1002/hbe2.195
  3. Ajzen, I., & Schmidt, P. (2020). Changing Behavior Using the Theory of Planned Behavior. The Handbook of Behavior Change,. https://sci-hub.se/https://doi.org/10.1017/9781108677318.002
  4. Alas, S. M. (2018). Analisis Tingkat Literasi Masyarakat Desa Dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi & Komunikasi. Konferensi Nasional Sistem Informasi, Prodi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Pasundan, 884. http://jurnal.atmaluhur.ac.id/index.php/knsi2018/article/view/466
  5. ATHANASIUS, S. S., & Priyatna, A. A. (2020). Uji peran mediasi sikap terhadap produk pada hubungan faktor yang mempengaruhi minat beli produk. Jurnal Manajemen, 12(1), 10–18. http://repository.unika.ac.id/id/eprint/22083%0Ahttp://repository.unika.ac.id/22083/1/artikel jan 2020 jurnal unmul cover komplit JournaL - Sentot Suciarto.pdf
  6. Babbie, E. (2017). The Basics of Social Research (7th ed.). Cengage Learning
  7. Baharuddin. (2017). Pembentukan Karakter Siswa dan Profesionalisme Guru Melalui Budaya Literasi Sekolah. Journal of Islamic Education Management ISSN: 2461-0674, 3(Literasi), 21–40
  8. Barrion, A. S. A., Orillo, A. T. O., Nguyen-Orca, M. F. R., & Tandang, N. A. (2022). Knowledge and attitude of selected non-Muslim college students towards Halal-certified food products. Food Research, 6(6), 306–315. https://doi.org/10.26656/fr.2017.6(6).869
  9. Esti, E. A. (2021). Etika Bisnis (Perspektif Teori dan Empiris). Media Sains Indonesia
  10. Faridah, H. D. (2019). Sertifikasi Halal di Indonesia: Sejarah, Perkembangan dan Implementasi. Journal of Halal Product and Research, 2(2), 68. https://doi.org/10.20473/jhpr.vol.2-issue.2.68-78
  11. Giyanti, I., & Indriastiningsih, E. (2019). Effect of SME Food Entrepreneurs Knowledge on Halal Certification for Certified Awareness Using Partial Least Square. Jurnal Teknik Industri, 20(2), 36. https://doi.org/10.22219/jtiumm.vol20.no2.36-47
  12. Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2017). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Thousand Oaks. In Sage
  13. Hair Jr, J. F., Page, M., & Brunsveld, N. (2020). Essentials Of Business Research Methods (Fourth Edi). Routledge
  14. Harbit, A. A. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Pelaku Usaha Untuk Mengajukan Sertifikasi Halal Produk Umkm Di Kota Balikpapan
  15. Juanda, A., Sulistyanto, M. W., Soelistyo, A., Boedirochminami, A., Fuddin, M. K., Zuhroh, I., Arifin, Z. (2015). Membangun Ekonomi Nasional Yang Kokoh (Pertama). Universitas Muhammadiyah Malang
  16. Kambolong, M., Nurjanah, & Ambarwati, L. (2021). Metode Riset dan Analisis Saluran Distribusi (Tim Qiara Media (ed.); Pertama). CV Penerbit Qiara Media
  17. Kau, M., Juanna, A., & Ismail, Y. L. (2022). Pengaruh Faktor Sikap Terhadap Minat Beli Konsumen Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Online Shop Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Negeri Gorontalo). Jambura, 5(1), 330–338. http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIMB
  18. Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. (2018). LAPORAN AKHIR ANALISIS POTENSI PRODUK-PRODUK HALAL INDONESIA KE NEGARA ANGGOTA ORGANISASI KERJASAMA ISLAM ( OKI ) PUSAT KEBIJAKAN KERJASAMA PERDAGANGAN. Pusat Kajian Perdagangan Internasional
  19. Khairunnisa, H., Lubis, D., & Hasanah, Q. (2020). Kenaikan Omzet UMKM Makanan dan Minuman di Kota Bogor Pasca Sertifikasi Halal. Al-Muzara’Ah, 8(2), 109–127. https://doi.org/10.29244/jam.8.2.109-127
  20. La Barbera, F., & Ajzen, I. (2021). Moderating role of perceived behavioral control in the theory of planned behavior: A preregistered study. Journal of Theoretical Social Psychology, 5(1), 35–45. https://doi.org/10.1002/jts5.83
  21. Lianta, M. A. S., & Baridwan, Z. (2011). Faktor-Faktor Sikap yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Internet Banking. In Jurnal Akuntansi Multiparadigma. https://doi.org/10.18202/jamal.2011.08.7123
  22. Nawang, D. S., Marwanti, S., Antriyandarti, E., & Ani, S. W. (2020). Dampak Pengetahuan Pada Persepsi Risiko Daging Sapi Tidak Bersertifikat Halal. Webinar Nasional Pengabdian Masyarakat, 247–250
  23. Ni’matuzahroh. (2019). Aplikasi Psikologi di Sekolah: eori dan Praktik dalam Memahami Masalah di Sekolah (Pertama). UMM Press
  24. Ningrum, T. A., & Amelia, W. (2019). Upgrading Manajemen Organisasi Kenagarian dan Literasi Masyarakat Melalui Rumah Baca. Jurnal Halaqah, 1(4), 412–418. https://doi.org/10.5281/zenodo.3522409
  25. Noerhartati, E., & Jatiningrum, C. (2021). Pendidikan Kewirauhsaan di Indonesia (Garaika (ed.); Pertama). Penerbit Adab
  26. Nukeriana, D. (2018). Implementasi Sertifikasi Halal Pada Produk Pangan di Kota Bengkulu. Qiyas, 3(1), 154–166
  27. Permatasari, A. (2015). Membangun Kualitas Bangsa dengan Budaya Literasi. Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB, 146–156
  28. Persulessy, G., Leunupun, P., & Leunupun, M. J. (2020). Analisis Pengaruh Sikap, Norma Subjektif dan Kontrol Perilaku Terhadap Minat Pelaku UMKM Untuk Menyusun Laporan Keuangan : Sebuah Bukti Empiris Dari UMKM di Kota Ambon. Jurnal Akuntansi Maranatha, 12(1), 47–57. https://doi.org/10.28932/jam.v12i1.2238
  29. Ramlan, R., & Nahrowi, N. (2014). Sertifikasi Halal Sebagai Penerapan Etika Bisnis Islami Dalam Upaya Perlindungan Bagi Konsumen Muslim. AHKAM : Jurnal Ilmu Syariah, 17(1), 145–154. https://doi.org/10.15408/ajis.v17i1.1251
  30. Sari, I. P., Riyono, B., & Supandi, A. (2019). Indeks Pembangunan Manusia Di Madura: Analisis Tipologi Klassen. Journal of Applied Business and Economics, 6(2), 82–95
  31. Segati, A. (2018). Pengaruh persepsi sertifikasi halal, kualitas produk, dan harga terhadap persepsi peningkatan penjualan ahda. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 3(2)
  32. Silalahi, U. (2006). Metode Penelitian Sodial (Firmansyah (ed.); Pertama). UNPARPRESS
  33. Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif (Suwito (ed.); Pertama). PT Fajar Interpratama Mandiri
  34. Sitinjak, C. et al. (2022). Psikologi Sosial Suatu Pengantar. Media Sains Indonesia
  35. Sitinjak, W. (2021). Etika Bisnis (Perspektif Teori dan Empiris) (Hartini (ed.)). Media Sains Indonesia
  36. Sukoso, Wiryawan Adam, Kusnadi Joni, S. (2020). Ekosistem Industri Halal 2020. In Ekosistem Industri Halal. https://www.bi.go.id/id/edukasi/Documents/EKOSISTEM HALAL 2020.pdf
  37. Tambunan, T. S. dan Tambunan, W. R. . (2019). Hukum Bisnis (Ria (ed.); Pertama). Prenadamedia Group
  38. Veddayana, C., Anita, F., & Hardiana Rizka Puspita Ningrum. (2020). Meningkatkan Literasi Masyarakat Bangko Kanan dalam Menghadapi Pandemi COVID-19. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 4(2), 231–236. https://doi.org/10.37859/jpumri.v4i2.2153
  39. WPR. (2022). Muslim population by country 2022. World Population Review. https://worldpopulationreview.com/country-rankings/muslim-population-by-country

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.