skip to main content

Pancasila dan Tantangan Masa Kini

*Fawnia Asmara Noersyaheri  -  Fakultas Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret || Indonesia, Universitas Sebelas Maret, Indonesia
Kariima Randy Mayriska  -  Fakultas Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret || Indonesia, Universitas Sebelas Maret, Indonesia
Siti Markamah Riszeki  -  Fakultas Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret || Indonesia, Universitas Sebelas Maret, Indonesia
Riska Andi Fitriono  -  Fakultas Hukum, Universitas Sebelas Maret || Indonesia, Universitas Sebelas Maret, Indonesia
Published: 30 Oct 2022.

Citation Format:
Abstract

Pancasila merupakan dasar negara yang juga menjadi falsafah bangsa ini, yakni sebagai pandangan hidup yang terdapat dalam setiap tutur kata, laku, dan sikap bangsa Indonesia. Tulisan ini secara umum akan membahas mengenai tantangan yang dihadapi Pancasila saat ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pancasila harus menghadapi berbagai permasalahan, seperti tersebarnya rumor palsu tentang politik identitas yang mengancam runtuhnya negara, dan masalah perubahan dasar negara. Adapun kesimpulan dari kajian kami adalah pemerintah harus mengantisipasi masalah ini dengan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila dan memastikan bahwa Pancasila adalah ideologi yang terbuka dan bersatu.

Fulltext View|Download
Keywords: Pancasila; Agama; Politik Identitas; Penipuan.

Article Metrics:

  1. Faridah, Siti dan Jericho Matthias. 2018. Politisasi Agama Pemecah Keutuhan Bangsa dalam Pemilu. (Semarang, Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang Jilid 4 Nomor 3, 2018)
  2. Habodin Mukhtar. Penguatan Politik Identitas di Daerah (Malang, Jurnal Ilmu Pemerintahan Vol.3 No.1, 2012)
  3. Krisiono, Natal. 2017. Penguatan Ideologi Pancasila Di Kalangan Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN 2 (2), 193-204
  4. Legionosko, Tri und Secho Harnowo. Dinamika Berita Palsu atau Hoaks Sebagai Sumber Konflik Horizontal dalam Kemiskinan Pedesaan, DKI Jakarta 2017 (Jakarta, Jurnal Program Studi Perdamaian dan Resolusi Konflik, 2017)
  5. Muid Alice Shofa. Neudefinition des indonesischen Multikulturalismus im Rahmen von Pancasila (Malang, Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, Vol. 1, No. 1 Juli 2016, ISSN 2527-7057, 2016)
  6. Ristina, Pancasila dan Berbagai Isu Terkini (Jawa Tengah, Seminar Nasional Hukum, Jilid 2, Isu 1, 2016)
  7. Santoso, A.L. Sejarah Lengkap Gerakan Separatis Islam. (Yogyakarta: Palapa, 2014)
  8. Sinka Svekti. Varina, Drafting of Interim Constitution, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008)
  9. Tomiko Sudiya. Budiman. Politik Sungai Pancasila: Antitesis Historis Keniscayaan dan Fundamentalisme (Jakarta, Proyek Demokrasi, 2012)
  10. Ulya, Pancasila Simbol Kerukunan Umat Beragama di Indonesia (Jurnal Aqidah dan Studi Agama issn 2354-6147 issn 2476-9649, 2016)

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.