Submissions

Online Submissions

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

Already have a Username/Password for Gema Keadilan?

Go to Login

Need a Username/Password?

Go to Registration

 

Author Guidelines

Panduan Penulisan Artikel

Jurnal “Gema Keadilan“

Tahun 2018

 

Panduan ini merupakan petunjuk penulisan pada jurnal “Gema Keadilan” yang diterbitkan oleh LPM Gema Keadilan Fakultas Hukum Undip pada tahun 2018. Panduan bertujuan untuk mempertajam kualitas hasil penelitian atau karya ilmiah bagi para dosen, mahasiswa atau peneliti. Panduan meliputi;

 

  1. A.  Ketentuan Umum Penulisan
    1. Font yang digunakan adalah times new roman, 2 spasi, 12 pt. Judul artikel menggunakan Font times new roman, 14 pt, Bold, Centre, Capitalize Each Word dan maksimal 12 kata. Contoh:Analisis Yuridis Nikah Beda Agama Di Indonesia.

 

  1. Setelah penulisan Judul artikel, di bawahnya ditulis nama penulis. Jarak antara judul dengan nama penulis 2 spasi. Nama penulis ditulis tanpa gelar akademis, di bawah nama penulis ditulis instansi asal penulis; alamat instansi; dan alamat email penulis.

 

  1. Penulis yang jumlahnya dua orang, ditulis berjajar dipisahkan tanda koma ( , ). Jika ada penulis penanggung jawab atau penulis korespondensi (corresponding author) harus diberi tanda khusus“ * ”. Pemberian tanda ini dimaksudkan untuk memastikan komunikasi terkait dengan artikel dapat langsung diterima oleh personil yang tepat.

 

  1. Penulisan nama penulis tidak boleh disingkat, penulis yang namanya satu kata, maka dituliskan dalam dua kata yang berisi nama yang sama (berulang) untuk keperluan indeksasi metadata.

 

  1. Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia. Penulisan judul abstrak menggunakan bold sedangkan untuk substansi abstrak ditulis italic, 1 spasi, maksimal 200 kata. Abstrak harus mengandung latar belakang, permasalahan, urgensi penulisan/penelitian, metode penelitian (untuk artikel hasil penelitian), hasil penelitian atau kesimpulan.

 

  1. Artikel hasil penelitian maksimum 25 halaman sedangkan artikel gagasan konseptual maksimal 20 halaman.  Jumlah halaman sudah termasuk gambar dan tabel.

 

  1. Wikipedia tidak diperkenankan untuk dijadikan sebagai sumber kutipan.

 

  1. Artikel harus ditulis sesuai template dalam bentuk siap cetak dengan ukuran tulisan A4  dan format margin kiri 3 cm, margin kanan 3 cm, margin  bawah 3 cm, dan margin atas 3 cm. Paragraf baru dimulai 10 mm dari batas kiri, sedangkan antar paragraph tidak diberi spasi antara.

 

 

  1. B.  Sistematika Penulisan

Artikel dalam jurnal “Gema Keadilan” adalah tulisan hasil penelitian atau karya ilmiah yang orisionil dan belum pernah diterbitkan atau dipublikasikan. Sistematika penulisan sebagai berikut:

 

  1. 1.    Artikel hasil penelitian meliputi:

A. Pendahuluan meliputi:

-      Latar Belakang penelitian.

-      State of the art penelitian sebelumnya

-      Permasalahan dan Gap Analysis (dari sisi penting dan tidaknya dan atau apa uniknya paper ini dibanding penelitian sebelumnya)

-      Tujuan dan manfaat penelitian

B. Metode Penelitian

C. Hasil dan Pembahasan

D. Simpulan dan Saran

Daftar Pustaka

 

  1. 2.    Artikel Karya Ilmiah :

A. Pendahuluan (isinya sama dengan artikel hasil penelitian)

B. Pembahasan dengan sub-sub judul pembahasan sesuai kebutuhan

C. Simpulan

Daftar Pustaka

 

  1. C.  Ketentuan Penulisan Kutipan dan Sumbernya

Setiap pengambilan atau pengutipan data yang berasal dari orang/penulis lain, wajib dituliskan sumber kutipan/rujukannya. Dalam teknik pengutipan, dikenal 2 (dua) jenis kutipan yaitu kutipan langsung dan kutipan tidak langsung.

 

Kutipan langsung adalah kutipan yang ditulis sama persis dengan sumber aslinya, baik bahasa maupun ejaannya dengan tidak mengadakan perubahan sama sekali. Kutipan yang panjangnya kurang dari 4 (empat) baris dimasukan ke dalam teks, ditulis seperti ketikan teks, diawali dan diakhiri dengan tanda petik (“). Kutipan yang panjangnya 4 (empat) baris atau lebih, diketik satu spasi, penulisan dimulai setelah tujuh ketukan dari batas tepi kiri.

Kutipan tidak langsung adalah kutipan yang tidak sama persis dengan aslinya. Penulis hanya mengambil pokok pikiran dari sumber yang dikutip untuk dinyatakan kembali dengan kalimat yang disusun oleh penulis. Kalimat-kalimat yang mengandung kutipan ide tersebut ditulis dengan spasi rangkap sebagaimana teks biasa. Sumber kutipan ditulis langsung setelah teks kutipan.

 

Mengenai penulisan sumber kutipan, dalam penulisan karya ilmiah dikenal  beberapa gaya (style) yang dapat dipilih dan dianut untuk penulisan sumber kutipan. Jurnal Law anda Justice menganut footnote dengan gaya

 

  1. D.  Ketentuan Penulisan Daftar Pustaka

 

Penggunaan daftar pustaka menggunakan model referensi Harvard style.

            (Contoh Harvard Style bisa dilihat di google)

  1. E.  Ketentuan Pembuatan Tabel dan Gambar

Setiap tabel dan gambar yang masuk dalam artikel, diberi nomor dengan angka Arab, dan judul. Judul tabel diletakkan di atas tabel, sedangkan judul gambar di sebelah bawah gambar tersebut. Jarak antara nomor dan judul dengan tabel, 1 (satu) spasi. Tabel dan Gambar diletakkan di dalam kelompok teks sesudah tabel atau gambar tersebut dirujuk. Gambar-gambar dalam artikel harus dipastikan dapat tercetak dengan jelas (ukuran font, resolusi dan ukuran garis harus yakin tercetak jelas). Gambar dan tabel dan diagram/skema sebaiknya diletakkan sesuai kolom diantara kelompok teks atau jika terlalu besar diletakkan di bagian tengah halaman. Pembuatan tabel tidak boleh mengandung garis-garis vertikal, sedangkan garis-garis horisontal diperbolehkan tetapi hanya yang penting-penting saja.

Contoh :

Tabel  1. Statistik Kasus

Kolom Judul/nama

Kolom A (t)

Kolom B (T)

 

1

2

 

3

4

 

5

6

 

  1. F.   Ketentuan Pengiriman Naskah

Artikel dapat dikirim melalui email:

Þ    Redaksi.jurnal.gk@gmail.com, atau bisa ke

Þ    korneliusbenuf@gmail.com

Þ    Untuk konfirmasi silakan hubungi (telp/WA: 082323620669)

 

 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.