skip to main content

Dukungan Moral Keluarga Terhadap Narapidana Hukuman Mati

*Octa Decaprio Gurusinga  -  Politeknik Ilmu Pemasyarakatan || Indonesia, Politeknik Ilmu Pemasyarakatan, Indonesia
Mitro Subroto  -  Politeknik Ilmu Pemasyarakatan || Indonesia, Politeknik Ilmu Pemasyarakatan, Indonesia
Published: 6 Oct 2021.

Citation Format:
Abstract

Ketika seorang narapidana dijatuhi hukuman mati tentunya dukungan dari keluarganya (family support) sangat dibutuhkan, familly support yang dibutuhkan yaitu selalu mendukung memberikan pertolongan jika diperlukan karena akan ada pergejolakan di hati dan pikiran para narapidana ketika mereka dijatuhi vonis hukuman mati sehingga perang dukungan moral dari keluarga dianggap sangat penting. Ketika seseorang dijatuhi vonis hukuman mati, tentunya tingkat kejahatan yang sudah dilakukan olehnya merupakan tingkat kejahatan tinggi yang sangat merugikan orang lain dan lingkungan sekitarnya sehingga sanksi yang diberikan juga harus setimpal dengan apa yang sudah diperbuat olehnya. Jurnal ini dibuat untuk mengetahui bentuk pola dukungan moral keluarga terhadap narapidana hukuman mati. Jurnal ini dibuat berdasarkan penelitian-penelitian yang menyangkut dukungan moral bagi para narapidana yang sudah dilakukan oleh pihak ke-3. Aspek dukungan moral keluarga yang akan diamati adalah aspek concrete support (dukungan konkrit), emotional support (dukungan emosi), advice support (dukungan nasehat) dan esteem support (dukungan harga diri). Aspek-aspek tersebut merupakan dukungan moral yang bisa diberikan oleh keluarga narapidana yang divonis hukuman mati sebagai bentuk dukungan mereka terhadap salah satu anggota keluarganya.

Fulltext View|Download
Keywords: Dukungan Moral Keluarga, Hukuman Mati, Aspek Dukungan Moral

Article Metrics:

  1. Yulita Eka Sari, “Pola Dukungan Keluarga (Family Support) Pada Narapidana Remaja Yang Berperilaku Delinquen Di Lapas Kelas I Makassar”
  2. Kanwil Kalsel, “Pentingnya Peran Keluarga Dalam Proses Pembinaan Narapidana”
  3. Ipkemindo Sumsel, “Pentingnya Peran Keluarga Dalam Memberikan Pembimbingan Dan Pengawasan Terhadap Klien Pemasyarakatan”
  4. Yohanes S. Lon, “Penerapan Hukuman Mati di Indonesia dan Implikasi Pedagogisnya”
  5. Edeltruda Lintang Asandi, “Pembinaan Terhadap Terpidana Mati di Lembaga Pemasyarakatan”
  6. Samsudin, “Pentingnya Peran Orangtua Dalam Membentuk Kepribadian Anak”

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.