- Erwin, E., Subagja, A.D., Masliardi, A., Hasopaheluwakan, S., Kurniawan, S.D., Darmanto, E.B., and Nani Nurani Muksiin. (2023). Bisnis Digital: Strategi dan Teknik Pemasaran Terkini. Yogyakarta: Green Pustaka Indonesia
- Fauzi, A.A., Budi Harto, Mulyanto, Dulame, I.M., Pramuditha, P., Sudipa, I.G.I, Dwipayana, A.D., Sofyan, W., Jatmika, R., and Rindi Wulandari. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi Pada Masa Society 5.0 (Pemanfaatan teknologi informasi diberbagai sektor pada masa Society 5.0), Jambi: Sonpedia Publishing Indonesia
- Rerung, R.R. (2018). E-Commerce: Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi. Yogyakarta: Deepublish
- Rokan, M.K. (2010.Hukum Persaingan Usaha:Teori Dan Praktiknya di Indonesia. Jakarta: Rajagrafindo Persada
- Sudiarto, H. (2020). Pengantar Hukum Persaingan Usaha Di Indonesia. Jakarta: Prenada Media
- Witi, F.L. (2021). Membangun E-Commerce: Teori, Strategi Dan Implementasi. Banyumas: Amerta Media
- Aristana, I.D.G., Rahmantari, N.L.L., and Ni Komang Mela Tri Utari. (2023). Optimalisasi Social Commerce Sebagai Strategi Pemasaran Bagi UMKM Di Era Marketing 4.0. JIS SIWIRABUDA, Vol. 1 No. 1, (Maret 2023), pp. 59-66. DOI : https://doi.org/00.00000
- Destyarini N. (2023). Legal Compliance Pada Penyelenggara Sistem Elektronik Farmasi di Indonesia. Jurnal CREPIDO, Vol. 5, No.1, (Juli 2023). pp. 42-53. https://doi.org/10.14710/crepido.5.1.42-53
- Jemarut, W. (2020). Pendekatan Rule Of Reason Dan Per Se Illegal Dalam Perkara Persaingan Usaha. Widya Yuridika: Jurnal Hukum, Vol. 3, No. 2, (Desember, 2020), pp. 377-384
- McAfee, R.P., Mialon H.M., and Michael A. Williams. (2004). What Is a Barrier to Entry?, American Economic Review, Vol. 94, No. 2, (May, 2024), pp. 461-465. DOI: 10.1257/0002828041302235
- Pariadi D. (2018). Pengawasan E Commerce dalam Undang-Undang Perdagangan dan Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Jurnal Hukum & Pembangunan, Vol. 48, No. 3, pp. 651-669. DOI: 10.21143/jhp.vol48.no3.1750
- Priyono, M.B., and Sari D.P., Dampak Aplikasi Tiktok Dan Tiktok Shop Terhadap UMKM Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Vol. 9, No. 17, pp. 497-506. https://doi.org/10.5281/zenodo.8315865
- Putra, R.N. (2016). ‘Urgensi Keberadaan Hukum Persaingan Usaha Dan Anti Monopoli Di Indonesia’. Business Law Review, Vol. 1, 2016, pp. 38-46, diakses melalui https://law.uii.ac.id/wp-content/uploads/2016/12/blc-fhuii-v-01-05-rizky-novyan-putra-urgensi-keberadaan-hukum-persaingan-usaha-dan-anti-monopoli-di-indonesia.pdf
- Supriyanto, A., Chikmah, I.F., Salma, K., and Alya Wahyu Tamara. (2023) Penjualan Melalui Tiktok Shop dan Shopee: Menguntungkan Yang Mana?. (2023). BUSINESS: Scientific Journal of Business and Entrepreneurship, Vol. 1, No.1, pp. 1-16
- Ulya, W. (2023). Perlindungan Hukum Bagi Pelaku Usaha Pada Transaksi Bisnis Social Commerce Tiktok Shop (Perspektif Hukum Positif dan Hukum Islam). Journal of Indonesian Comparative of Syari’ah Law, Vol. 6, No. 1, pp. 18-34. DOI: https://doi.org/10.21111/jicl.v6i1.9746
- Waliyati, E., Lestariana, D.S. and Nanik Sutarni. (2021). Pentingnya E-Commerce Bagi UMKM Pada Masa Pandemi Di RT 03 Kampung Surodadi, Siswodipuran, Boyolali. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (Abidmas), Vol.1, No.2 (2021), pp. 115-121
- Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli Dan Persaingan Usaha Tidak Sehat
- Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen
- Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan
- Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan
- Peraturan Menteri Nomor 31 Tahun 2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan melalui Sistem Elektronik
- Ahdiat, A. (2023). 5 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak di Indonesia (Kuartal I 2023). https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/03/5-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-kuartal-i-2023, accessed 1 November 2023
- Lestari, H.P. (2023). Daftar Public Figur yang Turun Gunung Jualan di TikTok Shop, Raup Pendapatan hingga Rp45 Miliar Sekali Live. https://lifestyle.bisnis.com/read/20230922/254/1697430/daftar-public-figur-yang-turun-gunung-jualan-di-tiktok-shop-raup-pendapatan-hingga-rp45-miliar-sekali-live, accessed 1 November 2023
- Seno, R.A. (2023). Poin-Poin Penting Permendag Nomor 31 Tahun 2023. https://grafis.tempo.co/read/3419/poin-poin-penting-permendag-nomor-31-tahun-2023, accessed 1 November 2023
- Septiani, L. (2023). Baju Bekas Impor Masih Marak Dijual Di Platform E-Commerce. https://katadata.co.id/syahrizalsidik/digital/6414634ca86b8/baju-bekas-impor-masih-marak-dijual-di-platform-e-commerce, accessed 1 November 2023
- Tiktok. (2023). Pelajari Cara Untuk Meningkatkan Penjualan. https://seller-id.tiktok.com/university/home?identity=1&role=seller, accessed 8 November 2023
- Widi, S. (2023). Pengguna Media Sosial Di Indonesia Sebanyak 167 Juta Pada 2023. https://dataindonesia.id/internet/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-sebanyak-167-juta-pada-2023, accessed 1 November 2023
- Yuliani, A. (2017). Kementerian Komunikasi Dan Informatika. https://www.kominfo.go.id/content/detail/11526/kemenkop-ukm-379-juta-umkm-sudah-go-online/0/sorotan_media, accessed 1 November 2023
Last update:
No citation recorded.
Last update:
No citation recorded.
Copyright (c) 2023 CREPIDO
under
http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0.
Copyright of the published articles will be transferred to the journal as the publisher of the manuscripts. Therefore, the author confirms that the copyright has been managed by the publisher (Jurnal CREPIDO).
All the published articles in Jurnal CREPIDO is licensed under a Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike 4.0 International license (CC BY-NC-SA 4.0).
This license enables reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format for noncommercial purposes only, and only so long as attribution is given to the creator. If you remix, adapt, or build upon the material, you must license the modified material under identical terms. CC BY-NC-SA includes the following elements:
BY: credit must be given to the creator.
NC: Only noncommercial uses of the work are permitted.
SA: Adaptations must be shared under the same terms.