Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal CREPIDO adalah jurnal ilmiah yang fokus pada pembahasan mengenai dasar-dasar pemikiran hukum, baik dalam aras Filsafat maupun Ilmu Hukum. Dengan kekhasan ini maka ruang lingkup penulisan dalam Jurnal CREPIDO adalah setiap pembahasan dalam ilmu hukum dan filsafat hukum pada berbagai bidang-bidang ilmu hukum, baik Hukum Pidana, Hukum Perdata, Hukum Internasional, Hukum Tata Negara, Hukum Administrasi Negara, Hukum Acara, Hukum dan Masyarakat, dan bidang ilmu hukum lainnya. Dengan demikian, setiap tulisan tentang Hukum dapat diterima untuk dipublikasikan dalam jurnal ini, asalkan ditelaah secara mendalam dalam kajian ilmu ataupun filsafatnya.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process / Policy

Naskah yang masuk ke Redaksi Jurnal CREPIDO akan langsung dikelola oleh editor. Editor akan menentukan apakah naskah tersebut telah sesuai dengan pedoman penulisan Jurnal CREPIDO atau belum. Naskah yang sudah sesuai dengan gaya selingkung jurnal akan diteruskan kepada Reviewer untuk di-review dengan menggunakan metode double blind review yang melibatkan minimal dua orang Reviewer yang merupakan pakar di bidang ilmu hukum dan filsafat hukum yang relevan. Keputusan akhir penerimaan naskah sepenuhnya ditentukan oleh editor sesuai dengan hasil review oleh Reviewer.

Segala bentuk tindakan plagiarisme dalam penulisan artikel, baik plagiarisme karya penulis lain ataupun self-plagiarism dilarang secara keras. Jurnal CREPIDO menggunakan alat bantu Turnitin untuk mendeteksi plagiarisme yang dilakukan oleh penulis dengan itikad tidak baik.

 

Publication Frequency

Jurnal CREPIDO diterbitkan dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juli dan November pada setiap volume penerbitannya.

 

Open Access Policy

Jurnal ini menyediakan akses terbuka langsung ke kontennya dengan prinsip bahwa pengembangan keilmuan secara bebas untuk dunia ilmu pengetahuan didasarkan pada kepentingan ilmu pengetahuan itu sendiri, guna penyebarluasan dan pemanfaatan yang lebih luas di dunia.

 

Archiving

Jurnal ini menggunakan sistem LOCKSS untuk membuat sistem pengarsipan terdistribusi di antara perpustakaan yang berpartisipasi dan memungkinkan perpustakaan tersebut untuk membuat arsip permanen jurnal untuk tujuan pelestarian dan restorasi.

 

Publication Ethics

Jurnal CREPIDO adalah jurnal peer-review yang berkomitmen untuk menjunjung tinggi standar etika publikasi. Untuk memberikan jurnal yang berkualitas tinggi kepada pembaca, kami menyatakan prinsip-prinsip Pernyataan Etika Publikasi dan Tindakan yang Keliru sebagai berikut. Semua artikel yang tidak sesuai dengan standar ini akan dihapus dari publikasi kapan saja bahkan setelah publikasi. Sesuai dengan kode etik kami akan melaporkan setiap kasus dugaan penjiplakan atau duplikasi penerbitan kepada pihak berwenang. Jurnal CREPIDO berhak untuk menggunakan perangkat lunak pendeteksi plagiarisme untuk menyaring makalah yang dikirimkan setiap saat.

 

Kewajiban Penulis:

  1. Penulis harus memastikan orisinalitas artikel yang dibuatnya.
  2. Penulis harus memastikan bahwa naskah tersebut belum diterbitkan di tempat lain.
  3. Penulis bertanggung jawab atas pengeditan bahasa sebelum mengirimkan artikel.
  4. Penulis mengirimkan karya mereka ke jurnal CREPIDO untuk publikasi sebagai artikel asli dan mengkonfirmasi bahwa karya yang dikirim mewakili kontribusi penulis mereka dan belum disalin atau dijiplak seluruhnya atau sebagian dari karya lain tanpa mengutip dengan jelas.
  5. Penulis harus memberi tahu pihak Jurnal CREPIDO atas setiap konflik kepentingan.
  6. Penulis harus melaporkan kesalahan yang mereka temukan dalam naskah mereka ke Jurnal CREPIDO.
  7. Setiap karya atau kata-kata dari penulis, kontributor, atau sumber lain harus secara tepat dituliskan dan dirujuk.
  8. Seorang penulis setuju dengan perjanjian lisensi sebelum mengirimkan artikel.
  9. Semua artikel harus diserahkan menggunakan prosedur pengiriman online.

 

Kewajiban Editor:

  1. Editor harus memastikan peer-review yang adil dari artikel yang dikirimkan untuk publikasi.
  2. Editor harus mengungkapkan konflik kepentingan.
  3. Editor harus memastikan bahwa semua informasi yang terkait dengan naskah yang dikirimkan dirahasiakan sebelum diterbitkan.
  4. Editor harus mengevaluasi naskah hanya untuk substansi intelektualitas mereka.
  5. Editor in Chief akan mengoordinasikan pekerjaan para editor.

 

Kewajiban Reviewer:

  1. Reviewer mengevaluasi naskah berdasarkan konten tanpa memperhatikan asal etnis, jenis kelamin, orientasi seksual, kewarganegaraan, kepercayaan agama atau ideologi politik dari penulis.
  2. Reviewer harus memastikan bahwa semua informasi yang terkait dengan naskah yang dikirimkan dijaga kerahasiaannya dan harus melapor kepada Editor in Chief jika mereka mengetahui adanya pelanggaran hak cipta dan plagiarisme di pihak penulis.
  3. Reviewer harus mengevaluasi karya yang dikirim secara objektif serta menyajikan dengan jelas pendapat mereka tentang karya dengan cara yang jelas dalam formulir review.
  4. Reviewer harus merahasiakan informasi yang berkaitan dengan naskah.
  5. Reviewer yang merasa tidak memenuhi syarat untuk me-review artikel yang dilaporkan dalam sebuah manuskrip atau mengetahui bahwa peninjauan yang cepat tidak mungkin dilakukan harus memberi tahu Editor in Chief dan minta kelonggaran waktu atas proses review tersebut.

 

Article Charge (Free)

Jurnal Crepido (CREPIDO, e-ISSN: -) is an open access journal. Author submission, as well as article processing and publishing, is free of charge. Readers can read and download any full-text articles for free of charge.