Submissions

Online Submissions

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

Already have a Username/Password for CREPIDO?

Go to Login

Need a Username/Password?

Go to Registration

 

Author Guidelines

PANDUAN PENULISAN ARTIKEL (AUTHOR GUIDELINES)

JURNAL CREPIDO

[DOWNLOAD-PANDUAN PENULISAN ARTIKEL JURNAL CREPIDO]

Panduan ini merupakan panduan penulisan artikel pada Jurnal CREPIDO yang harus diikuti oleh semua penulis (author) jika akan memasukkan artikelnya ke Jurnal CREPIDO:

Jenis artikel yang diterima:

1. Artikel Hasil Penelitian;

2. Artikel Gagasan Konseptual.

A. Ketentuan Umum Penulisan

1. Font yang digunakan dalam panduan penulisan jurnal CREPIDO adalah Arial, 1,5 spasi, 11 pt.

2. Khusus untuk penulisan judul artikel menggunakan Arial, 13 pt, Bold, Centre, Capitalize Each Word dan maksimal 14 kata.

3. Untuk artikel hasil penelitian, “identitas penelitian” dicantumkan sebagai catatan kaki judul artikel. Identitas penelitian yang dimaksud adalah jenis penelitian dan sumber dana yang digunakan.

4. Setelah penulisan judul artikel, di bawahnya ditulis nama penulis. Jarak antara judul dengan nama penulis 2 spasi. Nama penulis ditulis tanpa gelar akademis, dibawah nama penulis ditulis instansi asal penulis; alamat instansi; dan alamat email penulis.

5. Jumlah penulis, dapat lebih dari satu orang dengan format penulisan berjajar, dipisahkan oleh tanda koma ( , ). Jika ada penulis penanggungjawab atau penulis korespondensi (corresponding author) harus diberi tanda khusus “ * ”. Pemberian tanda ini dimaksudkan untuk memastikan komunikasi terkait dengan artikel dapat langsung diterima oleh personil yang tepat. Alamat instansi dan alamat email corresponding author ditulis di bawah nama penulis.

6. Dalam penulisan nama penulis, jika nama penulis terdiri dari dua kata, maka nama pertama penulis (first name) sebaiknya tidak disingkat baru kemudian diikuti dengan nama akhir (last name). Sebaliknya jika nama penulis hanya terdiri dari satu kata, maka dalam versi online (HTML) akan dituliskan dalam dua kata yang berisi nama yang sama (berulang) untuk keperluan indeksasi metadata (Camdali & Tunc, 2006; Fridman, 2008).

7. Abstrak ditulis dalam 2 bahasa, yakni bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Penulisan judul abstrak menggunakan bold sedangkan untuk substansi abstrak ditulis italic, 1 spasi, maksimal 100 – 125 kata. Abstrak harus mengandung latar belakang, permasalahan, urgensi penulisan/penelitian, metode penelitian (untuk artikel hasil penelitian), hasil penelitian atau kesimpulan.

8. Penulisan judul kata kunci bold, terdiri dari 3-5 kata kunci.

9. Artikel hasil penelitian dengan jumlah minimal 10 halaman, maksimal 15 halaman sedangkan artikel gagasan konseptual dengan jumlah minimal 9 halaman, maksimal 12 halaman. Jumlah halaman sudah termasuk gambar dan tabel.

10. Artikel harus ditulis sesuai template dalam bentuk siap cetak dengan ukuran bidang tulisan A4 (210 x 297 mm) dan dengan format margin kiri 25 mm, margin kanan 20 mm, margin bawah 20 mm, dan margin atas 30 mm. Paragraf baru dimulai 10 mm dari batas kiri, sedangkan antar paragraf tidak diberi spasi antara. Semua bilangan dalam penulisan artikel di jurnal ini ditulis dengan angka arab, kecuali pada awal kalimat.

B. Sistematika Penulisan

Artikel yang masuk di jurnal CREPIDO dapat berupa hasil penelitian maupun gagasan konseptual. Tulisan harus orisinil dan belum pernah dipublikasikan di media lain. Adapun sistematika penulisan sebagai berikut:

1. Artikel Hasil Penelitian :

A. Pendahuluan meliputi:

- Latar Belakang Permasalahan (1-2 paragraf)

- Kerangka Teori (2 paragraf)

- State of the art Penelitian sebelumnya (1-2 paragraf)

- Permasalahan dan Gap Analysis (dari sisi penting dan tidaknya dan atau apa uniknya paper ini dibanding penelitian sebelumnya) dan Tujuan Penelitian (1 paragraf)

B. Metode Penelitian (2 paragraf)

C. Hasil dan Pembahasan

D. Simpulan dan Saran

Daftar Pustaka

2. Artikel Gagasan Konseptual:

A. Pendahuluan (Permasalahan diletakkan di bagian akhir Pendahuluan)

B. Pembahasan dengan sub-sub judul pembahasan sesuai kebutuhan

C. Simpulan

Daftar Pustaka

C. Penjelasan Sistematika Penulisan

1. Pendahuluan

Bab Pendahuluan memuat latar belakang permasalahan, kerangka teori, dan state of the art penelitian sebelumnya. Selain itu dalam Pendahuluan juga harus ada penjelasan mengenai gap analisis dan atau urgensitas kajian dibanding dengan penelitian-penelitian sebelumnya. Untuk itu perlu adanya pernyataan kebaruan dari kajian ilmiah yang dilakukan. Pernyataan kebaruan diperkuat dengan kajian literatur dari penelitian-penelitian terdahulu.

2. Kerangka Teori

Pada artikel hasil penelitian harus memuat kerangka teori yang diletakkan pada bab Pendahuluan. Kerangka teori berisi teori-teori yang digunakan dalam kajian. Teori harus dikutip dan dimasukkan dalam bab Hasil dan Pembahasan.

3. Metode Penelitian

Dalam artikel hasil penelitian, metode penelitian ditulis sebagai sub bab tersendiri setelah bab Pendahuluan. Metode penelitian meliputi pembahasan tentang metode pendekatan, spesifikasi penelitian, jenis dan teknik pengumpulan data, serta metode analisis data. Untuk artikel gagasan konseptual, cukup hanya dibahas mengenai metode pendekatan kajian yang diletakkan di bagian akhir bab Pendahuluan.

4. Hasil dan Pembahasan

Pada artikel hasil penelitian, setelah bab Pendahuluan dan Metode Penelitian diikuti dengan bab Hasil dan Pembahasan. Bab ini memuat hasil-hasil atau temuan penelitian (scientific finding) yang diikuti dengan pembahasannya secara ilmiah. Uraian pembahasan pada bab Hasil dan Pembahasan bersifat deskriptif, analitis dan kritis. Uraian pembahasan harus disesuaikan dengan urutan permasalahan hukum yang menjadi unsur utama dalam kajian. Teori-teori yang dimasukkan dalam kerangka teori harus dikutip dalam bab ini. Pada artikel gagasan konseptual menggunakan istilah Pembahasan, dimana di dalamnya memuat sub-sub sesuai dengan urutan permasalahan. Uraian yang menggunakan bullet atau angka arab harus dibuat mengikuti kalimat. Tidak diperkenankan dibuat dalam bentuk poin-poin ke bawah.

5. Simpulan

Bab Simpulan pada dasarnya memuat intisari dari kajian dan sekaligus juga merupakan jawaban atas permasalahan yang dikaji dalam artikel. Maka dari itu, penyusunan bab Simpulan harus disesuaikan dengan urutan permasalahan yang sudah ada. Selain berisi intisari kajian, simpulan juga bisa digunakan untuk me