skip to main content

Perencanaan Transportasi Umum Penghubung Kawasan IKN dengan Kota Balikpapan sebagai Upaya Percepatan Pembangunan Wilayah

*Irham Annafi Kishandoko orcid  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Anandharu Risna  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Jasmine Akhiru Ramadhanti  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Frigate Rario Yusuf  -  Planosentris Nusantara, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Pemindahan Ibu Kota Negara Indonesia dari DKI Jakarta menuju Provinsi Kalimantan Timur menghadapi berbagai tantangan signifikan. Penggunaan lahan hutan dan kondisi topografi yang beragam menjadi tantangan bagi proses pembangunan IKN (Ibu Kota Nusantara). Kota Balikpapan menjadi salah satu daerah penyangga IKN yang memiliki tingkat perkonomian tinggi di Provinsi Kalimantan Timur. Kota Balikpapan sebagai salah satu kota yang berbatasan secara langsung dengan Kawasan Pengembangan IKN, seharusnya memiliki keterkaitan paling besar dalam menunjang proses pembangunan IKN. Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan moda transportasi umum yang menghubungkan kawasan IKN dengan Kota Balikpapan sebagai upaya percepatan pembangunan. Metode yang digunakan mencakup analisis spasial yang terdiri dari analisis fisik dasar dan perubahan tutupan lahan dengan data citra. Hasil analisis menunjukkan IKN didominasi dengan kemiringan lereng landai dan sebagian lainnya curam, sehingga moda transportasi umum yang sesuai antara lain kereta gantung, monorel, dan bus rapid transit, serta rencana pengembangan jaringan jalan tol bisa menghubungkan kawasan IKN dengan Kota Balikpapan sesuai prioritas jangka waktu pembangunannya. Perencanaan transportasi umum yang berkelanjutan diharapkan dapat mengatasi tantangan dalam pembangunan IKN serta meningkatkan konektivitas antara IKN dan Kota Balikpapan.
Fulltext View|Download
Keywords: IKN, Kota Balikpapan, Transportasi Umum

Article Metrics:

  1. Appavoo, J., Ortega, M., Follini, V., & Crees, C. (2023). Kereta Gantung: Solusi Transit Rendah Karbon untuk Kota yang Sedang Berkembang. Id.Shiftcities.Org. https://id.shiftcities.org/post/cable-cars-low-carbon-transit-solution-growing-cities
  2. Arief, B., & Annisa, A. (2023). Optimalisasi Mobilitas Pintar Sebagai Landasan Pembangunan Kota Pintar Di Ibu Kota Nusantara Negara Indonesia (IKN). Konferensi Nasional Teknik Sipil (KoNTekS), 1(4)
  3. Badan Pengatur Jalan Tol. (2022). Teknologi MLFF Permudah Transaksi Tol Hanya Gunakan Aplikasi untuk Semua Golongan Jenis Kendaraan. Bptj.Pu.Go.Id. https://bpjt.pu.go.id/berita/teknologi-mlff-permudah-transaksi-tol-hanya-gunakan-aplikasi-untuk-semua-golongan-jenis-kendaraan
  4. Barbosa, F. C. (2021). Monorail Technology Review - a Medium Capacity Transit Solution for Space Constrained Urban Environments - a Technical and Operational Review. 2021 Joint Rail Conference, V001T08A002. https://doi.org/10.1115/JRC2021-58382
  5. Bennett, M. M., & Smith, L. C. (2017). Advances in using multitemporal night-time lights satellite imagery to detect, estimate, and monitor socioeconomic dynamics. Remote Sensing of Environment, 192, 176–197. https://doi.org/10.1016/j.rse.2017.01.005
  6. Buchori, I., Zaki, A., Pang, P., Wahyu Sejati, A., Basuki, Y., & Pramitasari, A. (2023). Comparing Two Industrial Clusters in a Suburb of Semarang Metropolitan Region, Indonesia. International Review for Spatial Planning and Sustainable Development, 11(1), 276–296. https://doi.org/10.14246/irspsd.11.1_276
  7. Budiharjo, A., & Margarani, S. R. (2019). Kajian Penerapan Multi Lane Fee Flow (MLFF) Di Jalan Tol Indonesia. Jurnal Keselamatan Transportasi Jalan (Indonesian Journal of Road Safety), 6(2), 1–14. https://doi.org/10.46447/ktj.v6i2.27
  8. City of Austin Neighborhood Planning Zoning Department. (2006). Transit Oriented Development (TOD) Guidebook. Produced by City of Austin Neighborhood Planning and Zoning Dept., 5–7
  9. Damayanti, R., & Handinoto, H. (2005). Kawasan" Pusat Kota" Dalam Perkembangan Sejarah Perkotaan Di Jawa. DIMENSI (Journal of Architecture and Built Environment), 33(1), 34–42
  10. Daryono, B. S., Sarosa, W., Ubaidillah, R., Widyatmoko, D., Purnomo, D. W., Djohan, T. S., Hadisusanto, S., Aipassa, M. I., & Setyawati, T. (2023). Pembangunan Berkelanjutan di Ibu Kota Negara Nusantara Perspektif Biologi. UGM PRESS
  11. Ding, C., Song, Y., Qiao, X., Zhang, Y., Yu, B., & Zhang, X. (2022). Integrating land use and greenway network for metro station area transit-oriented development. Transportation Research Part D: Transport and Environment, 113(June), 103539. https://doi.org/10.1016/j.trd.2022.103539
  12. Fitria, R. N. (2019). Pemilihan Kriteria Teknologi Kereta Gantung di Pantai Selatan Gunungkidul sebagai Transportasi Ramah Lingkungan
  13. Gunawan, A., Arfani, Z., Sari, A. M., & Seprtiani, R. (2023). Dampak Pemindahan Ibukota Negara Baru terhadap Ekonomi dan Sosial di Provinsi Kalimantan Timur. Kultura: Jurnal Ilmu Hukum, Sosial, dan Humaniora, 1(5), 1-8
  14. Hapriyanto, A. R., & Azmi, H. (2024). Tinjauan Strategis Perencanaan Infrastruktur Transportasi Berkelanjutan dan Berwawasan Lingkungan Di Kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Jurnal Talenta Sipil, 7(2), 589–594
  15. Hariati, H., & Saputri, A. S. (2022). Best Practice Kebijakan Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Di Kalimantan Timur, Indonesia. Journal of Government and Politics (JGOP), 4(1), 16-28
  16. Kolios, S., & Stylios, C. (2015). Coastal marine environment monitoring using satellite data derived from MODIS instrument. Sustainable Development of Sea-Corridors and Coastal Waters: The Ten Ecoport Project in South East Europe, 125–131
  17. McCord, G. C., & Rodriguez-Heredia, M. (2022). Nightlights and Subnational Economic Activity: Estimating Departmental GDP in Paraguay. Remote Sensing, 14(5), 1–16. https://doi.org/10.3390/rs14051150
  18. Mellander, C., Lobo, J., Stolarick, K., & Matheson, Z. (2014). Night-Time Light Data: A Good Proxy Measure for Economic Activity? (Vol. 3)
  19. Nababan, H. F. (2023). Transjakarta Kembali Capai 1 Juta Pelanggan. Kompas.Id. Diakses tanggal 28 Agustus 2023 pada https://www.kompas.id/baca/metro/2023/06/14/transjakarta-kembali-capai-1-juta-pelanggan
  20. Nurhidayati, E., Buchori, I., & Mussadun, M. (2017). Cellular Automata Modeling in the Built Up Areas Within Urban Development At Pontianak, West Borneo, Indonesia. Geoplanning: Journal of Geomatics and Planning, 4(2), 201. https://doi.org/10.14710/geoplanning.4.2.201-212
  21. Okafor, C. C., Aigbavboa, C., & Thwala, W. D. (2023). A Delphi approach to evaluating the success factors for the application of smart mobility systems in smart cities: a construction industry perspective. International Journal of Construction Management, 23(8). https://doi.org/10.1080/15623599.2021.1968567
  22. Pangestuti, R. (2016). Perencanaan Geometrik Monorel Melayani Kawasan Wisata Batu, Jawa Timur. http://repository.its.ac.id/72800/
  23. Rahmah, C., Pradono, & Lutfi Setianingrum. (2020). Prinsip Smart Mobility pada Smart Campus Institut Teknologi Sumatera (Itera) Berdasarkan Perspektif Mahasiswa
  24. Sejati, A. W., Buchori, I., & Rudiarto, I. (2019). The spatio-temporal trends of urban growth and surface urban heat islands over two decades in the Semarang Metropolitan Region. Sustainable Cities and Society, 46(July 2018), 101432. https://doi.org/10.1016/j.scs.2019.101432
  25. Sidauruk, S., Andrianto, A., & Azhar, H. (2020). Perancangan Eksterior Kereta Gantung Sebagai Sarana Wisata Bukit Moko Berdasarkan Aspek Rupa. eProceedings of Art & Design, 7(2)
  26. Tukimun. (2022). Konsep perencanaan infrastruktur transportasi smart, integrated sustainable & environment friendly di kawasan Ibu Kota
  27. Yang, X., & Lo, C. P. (2002). Using a time series of satellite imagery to detect land use and land cover changes in the Atlanta, Georgia metropolitan area. International Journal of Remote Sensing, 23(9), 1775–1798. https://doi.org/10.1080/01431160110075802
  28. Zhang, Q., Pandey, B., & Seto, K. C. (2016). A Robust Method to Generate a Consistent Time Series from DMSP/OLS Nighttime Light Data. IEEE Transactions on Geoscience and Remote Sensing, 54(10), 5821–5831. https://doi.org/10.1109/TGRS.2016.2572724
  29. Zhang, X., & Li, P. (2018). A temperature and vegetation adjusted NTL urban index for urban area mapping and analysis. ISPRS Journal of Photogrammetry and Remote Sensing, 135, 93–111. https://doi.org/10.1016/j.isprsjprs.2017.11.016

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.