skip to main content

Evaluasi Kinerja Pelayanan Angkutan Kota Samarinda (Studi Kasus Trayek B)

Institut Teknologi Kalimantan, Indonesia


Citation Format:
Abstract

Kota Samarinda memiliki kegiatan perkotaan yang kompleks dengan diarahkannya Kota Samarinda menjadi kawasan yang memiliki nilai strategis dari sudut kepentingan ekonomi, industri perdagangan jasa, sosial dan budaya, sehingga menyebabkan intensitas kegiatan perkotaan di Kota Samarinda menjadi tinggi dan berdampak pada peningkatan pergerakan. Oleh karena itu dibutuhkan sarana pergerakan berupa moda transportasi salah satunya angkutan kota. Saat ini, angkutan kota Samarinda kurang diminati oleh masyarakat. Hal tersebut dibuktikan dengan data pengguna jasa angkutan kota Samarinda yang terus menurun dari tahun 2016-2018 sebesar 74% dan pada tahun 2018 jumlah pengguna angkutan kota Samarinda hanya berjumlah 1.125 jiwa. Berkurangnya penggunaan angkutan umum disebabkan karena masyarakat Kota Samarinda masih merasa kurang puas dengan kualitas pelayanan yang diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan evaluasi terhadap kinerja pelayanan angkutan kota Samarinda trayek B berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor 98 Tahun 2013 menggunakan metode analisis skoring. Adapun hasil evaluasi kinerja pelayanan angkutan trayek B sudah cukup baik. Beberapa variabel yang perlu dilakukan perbaikan guna menciptakan kinerja pelayanan yang optimal yaitu identitas kendaraan, identitas pengemudi, peralatan keselamatan, fasilitas kesehatan, informasi tanggap darurat, kebersihan, informasi pelayanan rute trayek, informasi tarif, informasi jadwal keberangkatan dan kedatangan.

 

Kata kunci: Angkutan kota; Evaluasi; Kinerja Pelayanan
Fulltext View|Download
Keywords: Urban planning

Article Metrics:

  1. Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 98 Tahun 2013 Tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Dalam Trayek. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Jakarta
  2. Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Timur Nomor 1 Tahun 2016 Tentang Rencana Tata Ruang Kalimantan Timur Tahun 2016 – 2036
  3. Keputusan Walikota Samarinda No. 551.1/492/HK-KS/XI/2014 Tentang penyesuaian Pedoman Besaran Tarif Angkutan Umum Di Jalan Dalam Wilayah Kota Samarinda
  4. Abidin, Zaenal dan Sugeng Purbawanto. 2015. Pemahaman Siswa Terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Livewire Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Kelas X Jurusan Audio Video Di SMK Negeri 4 Semarang. Edu Elektrika Jurnal. Vol. 4, No. 1, Hal 38-49, ISSN 2252-6811
  5. Arifin, Z. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
  6. Bantuan Teknis Pendampingan Penyusunan Dokumen RPIJM Kota Samarinda Tentang Profil Kota Samarinda.2016
  7. Giffari, Sulhan dan Dyan Widiyastuti. 2017. Pemanfaatan Transportasi Berbasis Aplikasi Online Pada Mobilitas Mahasiswa UGM. Jurnal Bumi Indonesia Vol 8, No.1
  8. Iswandi, Ali. 2016. Studi Evaluasi Perencanaan Pemangunan Daerah Di Kabupaten Sukamara. Tugas Akhir.Uiversitas Terbuka Jakarta
  9. Lamsuri, M., dkk. 2011. Metode Riset Evaluasi. Yogyakarta: Lakbang Grafika
  10. Mardianan, Rizka. 2016. Studi Analisis Kinerja Angkutan Umum Kota Samarinda Kalimantan Timur (Studi Kasus Trayek A Rute Pasar Pagi A-Loa Buah). Thesis. Universitas Muhammadiyah Malang
  11. Muliawan, Hendra. Dkk. 2016. Analisis Pendapatan Sopir Angkutan Kota Sebelum Dan Sesudah Pembangunan Terminal Mengwi. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana Vol.5, No12
  12. Nugraha, Ferry Bakti. 2013. Sistem Pelayanan Dinas Perhubungan Dalam Meningkatkan Jaringan Transportasi Darat DI Kota Samarinda. E-Jurnal Ilmu Pemerintahan Vol 1, No. 3, Hal: 1411-1420
  13. Rahmatullah, Miftah, Dkk. 2015. Evaluasi Kinerja Angkutan Umum Kota Depok Yang Beroperasi Di Jalan Margonda Raya Depok. Jurnal The 18th FSTPT International Symposium, Unila, Bandar Lampung
  14. Saribanon, Euis, dkk. 2016. Kepuasan Pengguna Jasa Transportasi Untuk Meningkatkan Loyalitas. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik (JMTransLog). Vol.3, No.3, Hal: 317-326. ISSN 2355-4721
  15. Uma Dan Chandramowleeswaran. 2015. A Study On Service Customization Impact Towards Customer Satisfaction, Loyalty and Trust. International Journal of Management (IJM), Vol. 6, Issue 10

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.