skip to main content

PEMBERDAYAAN SISWA SEKOLAH DASAR UNTUK MENURUNKAN ANGKA KESAKITAN DEMAM BERDARAH

Rebriarina Hapsari  -  Program Studi Mikrobiologi Klinik, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro, Indonesia
*Purnomo Hadi  -  Program Studi Mikrobiologi Klinik, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro, Indonesia
Tri Nur Kristina  -  Program Studi Mikrobiologi Klinik, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro, Indonesia
Helmia Farida  -  Program Studi Mikrobiologi Klinik, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro, Indonesia
Ryan Halleyantoro  -  Program Studi Mikrobiologi Klinik, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro, Indonesia
Septi Dewi Muninggar  -  Program Studi Mikrobiologi Klinik, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro, Indonesia
Nesia Hani Alviyuliani  -  Program Studi Mikrobiologi Klinik, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro, Indonesia
Safri Safri  -  Program Studi Mikrobiologi Klinik, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro, Indonesia
Mega Pandu Arfiyanti  -  Program Studi Mikrobiologi Klinik, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Lingkungan sekolah, terutama sekolah dasar, rentan terhadap penularan demam berdarah, terutama pada anak-anak, yang memerlukan penerapan program pemberdayaan bagi siswa SD untuk mencegah peningkatan kasus. Sebagai bagian dari upaya ini, Program Studi Mikrobiologi Klinik dan Program Studi Kedokteran dari Fakultas Kedokteran Undip melibatkan staf pengajar dan mahasiswa dalam memberikan edukasi kesehatan. Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan mendorong perilaku pencegahan demam berdarah sejak dini. Sekolah Dasar Islam Utsman Bin Affan di Ungaran menjadi target utama dalam program edukasi kesehatan masyarakat ini, di mana siswa mempelajari tentang penyakit yang ditularkan oleh nyamuk, termasuk demam berdarah, dan cara mencegahnya dengan pendekatan ‘3M Plus’. Pendekatan edukasi ini menggabungkan video, permainan, dan kegiatan langsung, yang diakhiri dengan uji post-test. Hasil pre-test rata-rata 67,34, sementara hasil post-test rata-rata 89,67, dengan nilai p yang signifikan sebesar 0,001 dari uji T berpasangan. Setelah edukasi ini, 80% siswa menunjukkan peningkatan pengetahuan. Pendekatan pembelajaran interaktif dan aktif ini telah berhasil meningkatkan pemahaman siswa tentang pencegahan demam berdarah melalui kegiatan ‘3M Plus’.

Fulltext View|Download
Keywords: Edukasi; sekolah dasar; pencegahan demam berdarah; jentik nyamuk
  1. Nadifah, F., Muhajir, N. F., Arisandi, D., & Lobo, M. D. O. (2017). Identifikasi larva nyamuk pada tempat penampungan air di Padukuhan Dero Condong Catur Kabupaten Sleman. Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas, 10(2), 172-178
  2. Kemenkes. (2022). Upaya Pencegahan dbd dengan 3M PLUS. Dalam https://promkes.kemkes.go.id/upaya-pencegahan-dbd-dengan-3m-plus
  3. Kemenkes. (2022). Data Kasus Terbaru DBD Indonesia. Dalam https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20201203 /2335899/data-kasus-terbaru-dbd-indonesia/
  4. Wang, M., Han. X., Fang. H., Xu. C., Lin. X., Xia. S. (2018). Impact of Health Education on Knowledge and Behaviors toward Infectious Diseases among Students in Gansu Province. China: Biomed Res Int
  5. Yenni, M., & Wuni, C. (2019). Penyuluhan Tentang Pemberantasan Jentik Nyamuk Demam Berdarah Dengue di Puskesmas Rawasari. Jurnal Pengabdian Harapan Ibu (JPHI), 1(1), 7-11
  6. Susanti, S., & Suharyo, S. (2017). Hubungan lingkungan fisik dengan keberadaan jentikAedes pada area bervegetasi pohon pisang. Unnes Journal of Public Health, 6(4), 271-276
  7. Riadi. M. (2021). Pembelajaran Aktif (Active Learning) - Pengertian, Karakteristik, Prinsip dan Jenis-jenis. Dalam https://www.kajianpustaka.com/2021/12/pembelajaran-aktif-active-learning.html
  8. Beheshti, M., Taspolat, A., Kaya, O.S., Sapanca, H.F. (2018). Characteristics of instructional videos. World J Educ Technol Curr Issues, 10, 79–87
  9. Hasan, M., Milawati, Darojat, Harahap, T. K., Tahrim., Anwari, A. M., et al. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group
  10. Lun, X., Yang, R., Lin, L., Wang Y., et al. (2023). Effects of the Source of Information and Knowledge of Dengue Fever on the Mosquito Control Behavior of Residents of Border Areas of Yunnan, China. Parasites and Vectors, 16(311), 2-11
  11. Henri. (2020). Pengetahuan Demam Berdarah Dengue pada Siswa pada Berbagai Level. Aspirator, 12(1), 55-64

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.