skip to main content

PELATIHAN PENGEMBANGAN SENSORI INTEGRASI MELALUI MUSIK DAN GERAKAN

Diana Rusmawati  -  Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Mr. Sunario Tembalang Semarang 50275, Indonesia
*Imam Setyawan orcid scopus  -  Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Mr. Sunario Tembalang Semarang 50275, Indonesia
Dinni Asih Febriyanti  -  Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Mr. Sunario Tembalang Semarang 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada guru dan orangtua siswa di TK Islam An Nimah sebagai mitra, mengenai pengembangan sensori integrasi dengan mempergunakan media musik yang mengiringi gerakan. Pengembangan sensori integrasi perlu diperhatikan karena sistem sensoris mendasari kemampuan seseorang untuk belajar, memutuskan tindakan yang tepat dan menyesuaikan diri dengan lingkungan. Sebagai bagian dari kesiapan anak bersekolah anak dituntut untuk bisa mengintegrasikan panca indera untuk bisa mengikuti pross pembelajaran dan tahap perkembangan yang memang harus dijalani. Beragam cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan sensori integrasi anak, dan musik yang mengiringi gerakan menjadi salah satu metode alternative. Musik menyediakan hal-hal kontekstual sesuai dengan sasaran yang dimaksud, meningkatkan kedisiplinan diri melalui sistem ganjaran, konsentrasi dan ketrampilan, menambah rasa percaya diri dengan lingkungan yang tepat. Metode yang digunakan adalah memberikan pelatihan kepada guru dan orangtua siswa, yang menjadi bekal untuk melatih dan mendampingi anak. Adapun manfaat yang akan diperoleh dari kegiatan yang dilakukan adalah membantu pengembangan sensori integrase siswa sebagai bekal untuk mengikuti proses belajar mengajar di sekolah dasar. Indikator keberhasilan dilihat dari kemampuan guru dan orangtua siswa melakukan gerakan yang diikuti music, yang telah disusun secara sistematis untuk membantu pengembangan sensori integrasi.

Kata kunci : pelatihan; music dan gerakan; sensori integrasi, guru dan siswa.

Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. Djohan. (2006) Terapi musik : Teori dan aplikasi. Galangpress
  2. Berger, D. (2002) Music therapy and the autistic child sensory integration. Jessica Kingsley Publisher
  3. Gardner, H. (1993). Multiple intelligences: The theory in practice. Basic Books
  4. Hurlock, E. (2004) Perkembangan anak, alih bahasa Meitasari Tjandrasa. Erlangga
  5. Mayasari, N. (2021) What Happened With Sensory Integration?. Temu Ilmiah Nasional, Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia
  6. Satiadarma, M.P. & Zahra,R.P. (2004) Cerdas dengan musik, Cetakan kesatu. Puspa Swara
  7. Schaefgen, R. (2008) Konsep sensori integrasi informasi dasar. Percetakan Institut Teknologi Bandung
  8. Sheppard, P. (2007) Music makes your child smarter: Peran musik dalam perkembangan anak. PT Gramedia Pustaka Umum
  9. Wheeler, B.L. & Stultz, S. (2008) Using typical infant development to inform music therapy with chlidren with disablities. Early Childhood Education Journal, 35(6), 585-591

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.