Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang , Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{JPLP20076, author = {Natalia Erna Setyaningsih and Agus Nu'man and Rodhotul Muttaqin and Fifin Dewi Ratnasari}, title = {Katalog Klasifikasi dan Standard Operating Procedure (SOP) Pengoperasian Peralatan Laboratorium Fisika Dasar Berbasis Quick Response (QR)-Code}, journal = {Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan}, volume = {6}, number = {2}, year = {2024}, keywords = {Katalog, Klasifikasi, SOP, QR-code}, abstract = { Pendidikan dalam bidang fisika memiliki peran penting membentuk calon ilmuwan dan teknisi yang berkualitas. Salah satu faktor dalam proses belajar mengajar fisika adalah penggunaan peralatan laboratorium yang memadai, namun terkadang penggunaan peralatan laboratorium tidak efektif karena pengguna kurang memahami cara pengoperasian yang benar. Selain itu, kesulitan dalam mengakses informasi mengenai peralatan yang tersedia dan cara penggunaannya dapat menghambat proses belajar mengajar di laboratorium Fisika. Hal inilah yang melatarbelakangi dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE yaitu Analysis , Design, Development , Implementation, Evaluation . Teknik pengambilan data dilakukan dengan wanwancara dan angket yang dibagikan kepada beberapa ahli dalam bidang mengevaluasi kelayakan katalog. Selain itu angket juga diberikan kepada pengguna katalog berbasis QR-code yaitu mahasiswa sebagai peneliti dan praktikan di Laboratorium Fisika Dasar. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan efektivitas penggunaan peralatan laboratorium Fisika Dasar, serta memberikan inspirasi untuk pengembangan teknologi QR-code dalam bidang pendidikan. Dari penelitian diperoleh skor rata-rata uji kelayakan adalah 88% menyatakan katalog sangat layak. Sedangkan skor rata-rata untuk uji efektivitas adalah 89% yang menyatakan katalog sangat efektif. Dengan demikian, pembuatan katalog klasifikasi dan Standard Operating Procedure (SOP) pengoperasian peralatan Laboratorium Fisika Dasar berbasis Quick Response (QR)-code dapat meningkatkan efektivitas kegiatan praktikum dan penelitian di laboratorium Fisika Dasar. }, issn = {2654-251X}, pages = {72--81} doi = {10.14710/jplp.6.2.72-81}, url = {https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/jplp/article/view/20076} }
Refworks Citation Data :
Pendidikan dalam bidang fisika memiliki peran penting membentuk calon ilmuwan dan teknisi yang berkualitas. Salah satu faktor dalam proses belajar mengajar fisika adalah penggunaan peralatan laboratorium yang memadai, namun terkadang penggunaan peralatan laboratorium tidak efektif karena pengguna kurang memahami cara pengoperasian yang benar. Selain itu, kesulitan dalam mengakses informasi mengenai peralatan yang tersedia dan cara penggunaannya dapat menghambat proses belajar mengajar di laboratorium Fisika. Hal inilah yang melatarbelakangi dilakukannya penelitian ini.
Penelitian ini menggunakan metode ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Teknik pengambilan data dilakukan dengan wanwancara dan angket yang dibagikan kepada beberapa ahli dalam bidang mengevaluasi kelayakan katalog. Selain itu angket juga diberikan kepada pengguna katalog berbasis QR-code yaitu mahasiswa sebagai peneliti dan praktikan di Laboratorium Fisika Dasar.
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan efektivitas penggunaan peralatan laboratorium Fisika Dasar, serta memberikan inspirasi untuk pengembangan teknologi QR-code dalam bidang pendidikan. Dari penelitian diperoleh skor rata-rata uji kelayakan adalah 88% menyatakan katalog sangat layak. Sedangkan skor rata-rata untuk uji efektivitas adalah 89% yang menyatakan katalog sangat efektif.
Dengan demikian, pembuatan katalog klasifikasi dan Standard Operating Procedure (SOP) pengoperasian peralatan Laboratorium Fisika Dasar berbasis Quick Response (QR)-code dapat meningkatkan efektivitas kegiatan praktikum dan penelitian di laboratorium Fisika Dasar.
Article Metrics:
Last update:
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan and Laboratorium Technical Service Unit Integrated Laboratory Diponegoro University as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc. , will be allowed only with a written permission from Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan and Laboratorium.
Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan was published Technical Service Unit Integrated Laboratory Diponegoro University and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan (JPLP, e-ISSN: 2654-251X) is published by Persatuan Pranata Laboratorium Pendidikan Universitas Diponegoro.Unit Pelaksana Teknis (UPT) Integrated Laboratory, Universitas Diponegoro Jl. Prof. Soedarto, S.H. Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia 50275Phone: +6281321906666Email: jplp@live.undip.ac.id View statistics