skip to main content

Katalog Klasifikasi dan Standard Operating Procedure (SOP) Pengoperasian Peralatan Laboratorium Fisika Dasar Berbasis Quick Response (QR)-Code

Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang , Indonesia

Open Access Copyright 2024 Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Pendidikan dalam bidang fisika memiliki peran penting membentuk calon ilmuwan dan teknisi yang berkualitas. Salah satu faktor dalam proses belajar mengajar fisika adalah penggunaan peralatan laboratorium yang memadai, namun terkadang penggunaan peralatan laboratorium tidak efektif karena pengguna kurang memahami cara pengoperasian yang benar. Selain itu, kesulitan dalam mengakses informasi mengenai peralatan yang tersedia dan cara penggunaannya dapat menghambat proses belajar mengajar di laboratorium Fisika. Hal inilah yang melatarbelakangi dilakukannya penelitian ini.

Penelitian ini menggunakan metode ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Teknik pengambilan data dilakukan dengan  wanwancara dan angket yang dibagikan kepada beberapa  ahli dalam bidang mengevaluasi kelayakan katalog. Selain itu angket juga diberikan kepada pengguna katalog berbasis QR-code yaitu mahasiswa sebagai peneliti dan praktikan di Laboratorium Fisika Dasar.

Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan efektivitas penggunaan peralatan laboratorium Fisika Dasar, serta memberikan inspirasi untuk pengembangan teknologi QR-code dalam bidang pendidikan. Dari penelitian  diperoleh  skor rata-rata uji kelayakan adalah 88% menyatakan  katalog sangat layak. Sedangkan   skor rata-rata untuk uji efektivitas adalah 89% yang menyatakan katalog sangat efektif.

Dengan demikian, pembuatan katalog klasifikasi dan Standard Operating Procedure (SOP) pengoperasian peralatan Laboratorium Fisika Dasar berbasis Quick Response (QR)-code dapat meningkatkan efektivitas kegiatan praktikum dan penelitian di laboratorium Fisika Dasar.

Fulltext View|Download
Keywords: Katalog, Klasifikasi, SOP, QR-code
Funding: LPPM Universitas Negeri Semarang

Article Metrics:

  1. Agustini, S. 2021. Penerapan Media Pembelajaran Qr Code Berbantuan Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Nalar Pendidikan, vol. 9, no. 1, hlm. 1, doi: 10.26858/jnp.v9i1.20228
  2. Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik / Suharsimi Arikunto, 14 ed. Jakarta. Rineka Cipta
  3. Badan Penjaminan Mutu.2019. Pedoman Pembuatan Standar Operasional Prosedur (SOP). Jakarta: Universitas Al Azhar Indonesia, hlm. 25
  4. Fatchiyah, P.2016. Kebijakan Pemerintah tentang Laboratorium Pendidikan dan Jabatan Fungsional PLP
  5. Good Laboratory Practice. https://andarupm.co.id/glp-good-laboratory-practice/. Diakses 27 November 2023
  6. Hidayat, P. dan Nizar,M. 2021. Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), vol. 1, no. 1, hlm. 28–38, doi: 10.15575/jipai.v1i1.11042
  7. Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2002
  8. Kristiyanto, D. dan Widhyaestoeti, D. 2020. Sistem Informasi Inventaris Peralatan Laboratorium Berbasis Web Menggunakan Teknik Labelling Qr-Code di PT Itec Solution Indonesia
  9. Lunin, A. dan Glock, C.H. 2021. Systematic review of Kinect-based solutions for physical risk assessment in manual materials handling in industrial and laboratory environments. Comput Ind Eng, vol. 162, doi: 10.1016/j.cie.2021.107660
  10. Malik, M. dan Chusni, M.M. 2018. Pengantar Statistika Pendidikan Teori dan Aplikasi
  11. OSHA. 2011. Laboratory Safety Guidance. www.osha.gov
  12. Raharjo. dan Harjanto, S. 2017. Penanganan Alat dan Bahan yang Baik dalam Rangka Menunjang Kegiatan di Laboratorium Kimia. Metana vol. 13 (2) : 58-60, ISSN : 1858-2907, EISSN : 2549-9130
  13. Richtberg, S. dan Girwidz, R. 2019. Learning Physics with Interactive Videos - Possibilities, Perception, and Challenges. J Phys Conf Ser, vol. 1287, no. 1, doi: 10.1088/1742-6596/1287/1/012057
  14. Rouillard, J. 2008. Contextual QR codes dalam Proc. - The 3rd Int. Multi-Conf. Computing in the Global Information Technology, ICCGI in Conjunction with ComP2P : The 1st Int. Workshop on Computational P2P Networks: Theory and Practice. hlm. 50–55. doi: 10.1109/ICCGI.2008.25
  15. Rustiarini, N.W. dkk. 2021. Perancangan Katalog Produk Untuk Meningkatkan Penjualan Umkm. vol. 5, no. 5, 2021, doi: 10.31764/jmm.v5i5.5842
  16. Ulumuddin, D.I.I. dkk. 2016. Katalog sebagai Media Promosi bagi UMKM Koelon Kalie Krobokan Semarang. Andharupa: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, vol. 2, no. 02, hlm. 181–194. doi: 10.33633/andharupa.v2i02.1206
  17. Wulandarii, R.A. dan Ardiyanto, A. 2021. Digitalisasi Dokumen Instruksi Kerja Alat Dengan Menggunakan Quick Response (Qr) Code Pada Alat Laboratorium Jurusan Analis Kesehatan Dan Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mataram. Jurnal Midwifery Update (MU), [Daring]. Tersedia pada: http://jurnalmu.poltekkes-mataram.ac.id/index.php/jurnalmu
  18. Zhou, Q. dan Zhang, C, 2021. Impacts towards a comprehensive assessment of the book impact by integrating multiple evaluation sources. J Informetr, vol. 15, no. 3, hlm. 1–31, doi: 10.1016/j.joi.2021.101195

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.