skip to main content

Rancang Bangun Sheet Metal Rotary Cutting Shears Guna Mendukung Kinerja Laboratorium Kerja Plat

Politeknik Negeri Banyuwangi Jalan Jember KM 13 Labanasem Kabat Kabupaten Banyuwangi , Indonesia

Open Access Copyright 2024 Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

The sheet metal working laboratory must be equipped with the latest tools and technology to facilitate effective learning for students, including the use of sheet metal cutting tools. This research aims to design and construct an efficient, safe, precise, and production-accelerating sheet metal cutting tool to support the sheet metal working laboratory at the DIV Manufacturing Engineering Technology program, Mechanical Engineering Department, Banyuwangi State Polytechnic, which is moving towards the Teaching Factory (TEFA) program. The research involves literature review, conceptual design, actual design, material cutting based on the design plan, assembly, finishing, and performance testing stages. The manufacturing and performance testing of the tool are conducted in the bench working laboratory of the mechanical engineering department at Banyuwangi State Polytechnic. Performance testing includes cutting time, thickness of material that can be cut, and the quality of the resulting cut. The results indicate a shorter cutting time and non-damaged edges (NG) compared to other tools like angle grinders and lever shears. Therefore, Rotary Cutting Shears are considered a more efficient option with straight, precise, and even cutting edges for various thicknesses ranging from 0.5 mm to 2 mm.

 

Laboratorium kerja plat harus dilengkapi dengan peralatan dan teknologi terbaru agar mahasiswa dapat belajar dengan baik dan efektif dimana salah satunya adalah alat potong logam lembaran. Alat ini dirancang untuk memotong material logam lembaran. Dalam penggunaannya, alat potong harus memenuhi kriteria presisi, kecepatan, dan efisiensi untuk menghasilkan produk yang berkualitas tinggi dan mempercepat proses produksi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sebuah alat potong logam lembaran yang efisien, aman dan presisi guna mendukung kinerja laboratorium kerja plat pada program studi DIV Teknologi Rekayasa Manufaktur  Jurusan Teknik mesin  Politeknik Negeri Banyuwangi yang menuju program Teaching Factory (TEFA). Penelitian ini dilakukan dengan tahapan studi literatur, perancangan konsep, pembuatan alat dan pengujian performa. Pengujian performa dilakukan untuk mengetahui kinerja alat potong. Pengujian meliputi waktu potong, ketebalan material yang dapat dipotong, dan hasil potongan yang dihasilkan. Alat potong digerakkan oleh motor elektrik three phase 380V dengan gearbox sehingga operator tidak perlu lagi melakukan feeding secara manual dan dibuat secara ergonomis agar nyaman digunakan oleh operator. Desain ergonomis juga memperhatikan aspek keselamatan kerja dan kenyamanan operator saat menggunakan alat potong. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengadaan alat potong logam lembaran yang modern dan efisien. Selain itu, penelitian ini juga dapat menjadi acuan bagi pengembangan Teaching Factory di masa depan dan memberikan kontribusi positif dalam pengembangan industri di wilayah Banyuwangi.

Fulltext View|Download
Keywords: Rancang bangun alat potong logam lembaran, Laboratorium kerja plat, Teaching Factory (TEFA), Pengujian performa, Desain ergonomis

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.