skip to main content

Analisis Persyaratan Laik Jalan Kendaraan Bermotor (Efisiensi Rem Utama) pada Alat Uji Brake Tester BM 14200 di Balai Uji Prasarana Teknis Perhubungan di Kota Tangerang

*Fajar Budi Sulistiono  -  Program Studi Program Profesi Insinyur, Fakultas Teknik , Universitas Diponegoro, Indonesia
Sulardjaka Sulardjaka  -  Program Studi Program Profesi Insinyur, Fakultas Teknik , Universitas Diponegoro, Indonesia
Yoyok Budi Pramono  -  Program Studi Program Profesi Insinyur, Fakultas Teknik , Universitas Diponegoro, Indonesia
Received: 30 Nov 2023; Revised: 20 Dec 2023; Accepted: 21 Dec 2023; Available online: 22 Dec 2023; Published: 18 Jul 2024.

Citation Format:
Abstract

Isu kendaraan bermotor dengan barang melampaui batas (overloading) menjadi perhatian banyak kalangan di Negara Indonesia. Istilah “rem blong” atau kegagalan sistem pengereman menjadi sebab beberapa kasus kecelakaan yang terjadi di jalan akibat overloading.Contoh permasalahan yang terjadi di Indonesia adalah mobil truk pengangkut batu dengan nomor kendaraan AB 8242 ZU yang terjadi pada 3 September 2021 jam 18. 00 WIB di Candi Ijo, Gunung Sari, Sambirejo Sleman disebabkan karena kegagalan rem di jalur menurun yang menyebabkan 6 orang tewas. Sementara pemerintah melaksanakan pemeriksaan periodik pada kendaraan bermotor guna memenuhi persyaratan laik jalan. Salah satu persyaratan laik jalur yaitu pengujian kemampuan rem utama. Tujuan penelitian yaitu mengetahui dampak barang berlebih terhadap kemampuan rem utama. Metode yang dipakai yaitu pengujian regresi linier berganda guna mengetahui dampak dari berat kendaraan dan gaya pengereman pada kemampuan rem utama. Hasil yang diperoleh adalah berat kendaraan (X1) dan gaya pengereman (X2) berpengaruh terhadap nilai efisiensi rem (Y) berdasarkan hasil signifikan pada alpha 5% dan nilai F hitung 386.361 > F tabel yaitu sebesar 4.242. Berdasarkan 25 sampel kendaraan yang diuji terdapat 16% kendaraan yang tidak laik jalan dikarenakan hasil nilai pengujian efisiensi rem utama kurang dari 50%.

 

Kata kunci: muatan berlebih,berat kendaraan, gaya pengereman, efisiensi rem utama, regresi linier berganda

Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. Ahmad Wildan. (2021). Video Revisi Dishub. Retrieved from https://www.youtube.com/watch?v=kwUa5zKB3 08
  2. C. Senabre dkk. (2015). Differences in Brake Data Results on Ministry of Transport Roller Bank Testers Such as: Maha, Ryme, with Different Distance between Rollers and Roughness of Rollers. Journal of Mechanics Engineering and Automation, 5(10). https://doi.org/10.17265/2159-5275/2015.10.005
  3. Iswanto. (2007). Rangkuman Praktis tentang Pengujian Kendaraan Bermotor
  4. KNKT. (2019). Tabrakan Beruntun Truk Flat Deck S 9066 UU Jalan Raya Malang-Surabaya,Krajan Desa Sentul Purwadadi Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. In Laporan Akhir KNKT.19.12.18.01
  5. KNKT. (2021). Kecelakaan tunggal Truk AB 8242 ZU Jalan Candi Ijo, Gn. Sari, Sambirejo Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. In Laporan Akhir KNKT.21.09.16.01
  6. Mohamed R K dkk. (2013). Degree of Vehicle Overloading and its Implication on Road Safety in Developing Countries. 3(12), 20–32
  7. Muhammad Najib, A. H. (2007). A Study on the effect of out of roundness of drum brake rotor on the braking force using the Finite Element Method
  8. Peraturan Pemerintah. Peraturan Pemerintahan Nomor 55 Tahun 2012 Kendaraan. (2012)
  9. Rupal dkk. (2016). Review Paper on Overloading Effect. International Journal of Advanced Scientific Research and Management, 1(4), 131–134
  10. Salam, Wi. S. (2020). Analisis Efisiensi Sistem Pengereman pada Alat Uji Iyasaka di Unit Pelayanan Terpadu Daerah Kota Tangerang. Jurnal Teknik Mercubuana
  11. Setya dkk. (2019). Batas Aman Muatan Sumbu Roda Dan Temperatur Tromol Ditinjau Dari Ambang Batas Efisiensi Rem Mobil Pick Up Futura. Jurnal Keselamatan Transportasi Jalan (Indonesian Journal of Road Safety), 6(2), 120– 135. https://doi.org/10.46447/ktj.v6i2.36
  12. Wijayanto dkk. (2019). Pengaruh Muatan Sumbu Roda Terhadap Efisiensi Rem Mobil Pick Up. Prosiding Simposium Forum Studi Tranportasi Antar Perguruan Tinggi
  13. Wong, J. Y. (2001). Theory Of Ground Vehicle (Third). John Wiley & Sons.Inc

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.