Submissions

Online Submissions

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

Already have a Username/Password for Jurnal Geosains dan Teknologi?

Go to Login

Need a Username/Password?

Go to Registration

 

Author Guidelines

Persyaratan Umum Penulisan Jurnal

Artikel ilmiah yang didaftarkan untuk Jurnal Geosains dan Teknologi merupakan hasil penelitian di bidang ilmu kebumian dan teknologi terapan yang dikembangkan untuk ilmu kebumian tersebut. Geosains yang dimaksud termasuk geologi, geodinamika, stratigrafi, geoteknik, hidrogeologi, geofisika, geologi lingkungan, vulkanologi, geologi panasbumi, geologi minyak dan gas bumi, dan pertambangan. Artikel belum pernah diterbitkan atau tidak sedang didaftarkan untuk media ilmiah lain.

Panduan Penulisan Artikel

Contoh template penulisan artikel dapat dilihat di sini.

Artikel ditulis dengan pengaturan halaman ukuran kertas A4 (210 x 297 mm), batas tepi atas 3 cm, tepi kanan 2,5 cm, tepi bawah 3 cm, dan tepi kiri 2,5 cm.

Penulisan judul diposisikan center aligned, ditulis kapital setiap awal kata, cetak tebal dan ukuran font 12. Judul harus dapat mengidentifikasi tema utama artikel, tidak mencantumkan singkatan yang tidak umum.

Nama para penulis dicantumkan di bawah judul, nama akhir tidak disingkat dan tanpa gelar akademik. Beri tanda bintang pada penulis yang menjadi korespondensi. Selanjutnya dilengkapi dengan afiliasi para penulis, meliputi nama departemen/unit, universitas/institusi, dan alamat institusi.

Abstrak ditulis dalam dua versi, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Konten abstrak mencakup latar belakang, tujuan, metodologi,dan hasil penelitian. Terdiri dari maksimal 250 kata dengan kata kunci yang dicantumkan di bawah abstrak. Abstrak Bahasa Inggris ditulis setelah abstrak Bahasa Indonesia dan cetak miring.

Format paragraf diatur menjadi 2 kolom (spasi antar kolom 0,75 cm), spasi paragraf tunggal, font yang digunakan adalah Times New Roman dengan ukuran 11, dan justified.

Gambar yang ditampilkan memiliki resolusi tinggi. Setiap gambar diberi nomer urut yang kemudian diikuti keterangan di bawah gambar, ukuran font 10. Tabel yang disertai dalam artikel tidak memiliki garis batas vertikal, hanya garis batas horisontal. Setiap tabel diberi nomer urut dan judul di atas tabel dengan ukuran font 10. Gambar dan tabel diletakkan di dalam kolom bersama teks. Jika ukurannya lebih besar daripada kolom, maka gambar dan tabel diletakkan di tengah menjadi satu kolom. Sitasi referensi ditulis di akhir kalimat dengan mencantunkan nama akhir penulis (jika lebih dari 2 penulis ditulis dkk.) dan tahun terbitan referensi.

Urutan sistematis konten artikel dijelaskan sebagai berikut:

Pendahuluan. Bab ini harus dapat menjelaskan penelitian secara komprehensif sehingga pembaca tidak perlu terlebih dulu mencari penjelasan dari pustaka lain. Pendahuluan paling sedikit terdiri dari latar belakang, tujuan yang ingin dicapai, lokasi, geologi daerah penelitian, dan pemaparan singkat dari literatur penelitian terdahulu yang mendukung artikel.

Metodologi. Bab ini memaparkan tahapan yang dilakukan untuk menyelesaikan penelitian, baik observasi lapangan, analisis laboratorium, pengolahan data hingga interpretasi data. Artikel merupakan hasil penelitian geosains, maka harus disertai penjelasan metode pengambilan sampel, alat dan perlengkapan lapangan maupun laboratorium, termasuk perangkat lunak yang digunakan.

Hasil. Bab ini memaparkan hasil penelitian, baik ditampilkan dalam teks, gambar, maupun tabel. Tabel dan gambar diberi nomer yang kontinyu dan harus diacu di dalam teks.

Pembahasan. Bab ini merupakan bagian terpenting dari artikel berupa interpretasi terhadap hasil analisis dan pengolahan data. Hindari kutipan referensi atau diskusi dari penelitian terdahulu yang terlalu panjang. Pembahasan harus mencakup : 1) bagaimana kaitan hasil analisis dengan tujuan yang disebutkan dalam Pendahuluan, 2) interpretasi ilmiah atas hasil dan temuan yang diperoleh, dan 3) apakah hasil menunjukkan kesesuaian dengan prinsip atau penelitian terdahulu.

Kesimpulan. Maksud dan tujuan penelitian dijawab dan dipaparkan secara tepat dalam bab ini. Bab ini bukan berupa ringkasan artikel, daftar hasil analisis, maupun mengulang Abstrak.

Ucapan Terima Kasih. Pada bagian ini penulis dapat mencantumkan pihak yang mendanai dan membantu menyusun penelitian.

Daftar Pustaka. Daftar dari semua sumber pustaka yang dikutip dalam artikel. Semua referensi harus dapat mendukung isi artikel. Sitasi menggunakan APA (American Phsycological Association) output.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submitted article has never been published or in the process of review in any science journal.
  2. Article is written in Office Word (.doc atau .docx)
  3. The manuscript must be consistent to the format and guidlines of Jurnal Geosains dan Teknologi. Please refer to Author Guidelines.
 

Privacy Statement

Names and email addresses sent to JGT will only be used for internal necessity and is not accessible from outside party.