skip to main content

KAJIAN KESADARAN KONSUMSI PANGAN HALAL PADA PELAJAR SLTP

*Nur Saudah Al Arifa Dewi  -  Program Studi Agribisnis Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta, Indonesia
Open Access Copyright (c) 2020 Indonesia Journal of Halal under http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0.

Citation Format:
Abstract

Indonesia merupakan negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia. Sehingga permintaan produk bersertifikat halal selalu mengalami peningkatan dan kesadaran masyarakat terkait pentingnya produk halal juga terus meningkat. Tujuan penelitian ini yaitu melakukan kajian  tentang  kesadaran konsumsi pangan halal pada pelajar tingkat SLTP, serta mengkaji perilaku pelajar dalam memilih makanan yang halal dan sehat dengan memperhatikan aspek kehalalan seperti logo halal dan komposisi bahan makanan. Penelitian ini merupakan studi kasus pada pelajar di SLTP 2 Selomerto Kabupaten Wonosobo, dengan menggunakan  metode kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Teknik pengambilan data dengan metode survey melalui kuisioner dan juga wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum pelajar di SLTP 2 Selomerto sudah memperhatikan aspek kehalalan seperti logo halal dan komposisi bahan dalam memilih makanan, akan tetapi para pelajar tersebut belum banyak yang bisa membedakan antara logo halal resmi dari LPPOM MUI dan logo halal buatan. Kesadaran terhadap konsumsi pangan halal pada siswa pelajar SLTP juga masih kurang dikarenakan anak-anak tetap memilih membeli makanan tanpa mementingkan adanya logo halal ataupun tidak. Oleh sebab itu, sosialisasi mengenai kehalalan dan keamanan pangan pada pelajar perlu digalakkan agar kesadaran konsumi pangan halal dapat meningkat dan pelajar tersbeut dapat memahami urgensi dari kehalalan dan keamanan pada makanan.

 

Kata kunci: Kesadaran halal, konsumsi, makanan, keamanan pangan, pelajar

Fulltext View|Download
Keywords: Kesadaran halal; konsumsi; makanan; keamanan pangan; pelajar

Article Metrics:

  1. Adriani, M dan Wijatmadi, B. 2012. Pengantar Gizi Masyarakat. Jakarta: Kencana
  2. Ali, Muchtar. 2016. Konsep Makanan Halal Dalam Tinjauan Syariah. Jurnal Ahkam: Vol. XVI, No. 2
  3. Aisyah, Ulfah Nur. 2015. Hubungan Pengetahuan dan Sikap Anak Terhadap Perilaku Pemilihan Makanan Jajanan Yang Sehat Di SD Muhammadiyah 16 Karangasem Surakarta. Naskah Publikasi. Prodi Gizi UMS Surakarta
  4. Baliwati, Y. F., Khomsan A. Dan Dwiriani, C. M. 2004. Pengantar Pangan dan Gizi. Jakarta : Penebar Swadaya
  5. Nurbowo, Anton Apriyantono. 2003. Panduan Belanja dan Konsumsi Halal. Jakarta: Khairul Bayan
  6. Nurul Huda dan Muchlisin. 2014. Pengaruh Label Halal pada Makanan Terhadap Konsumsi Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jurnal SUHUF, Vol. 26, No. 1, Mei 2014: 57-66
  7. Rahayu TP. Politik Identitas Anak-Anak Dalam Iklan Anak-anak. Ilmu komunikasi FISIP Unair Surabaya [serial online] 2003. diakses 14 November 2019. http://www.jurnal.unair.ac.id
  8. Republika. 2008. Perlu Penyadaran untuk Berkonsumsi Makanan Halal. Diakses pada tanggal 2 Oktober 2019. https://republika.co.id/berita/dunia-islam/infohalal/08/12/10/19297-perlu-penyadaran-untuk-berkonsumsi-makanan-halal
  9. Priantini. 2010. Hubungan Pengatahuan dan Sikap Mengenai Pemilihan Makanan
  10. Jajanan Dengan Perilaku Anak Memilih Makanan di SDIT Muhammadiyah Al Kautsar Gumpang Kartasura. Skripsi. Program Studi S1 Gizi Universitas Muhammadiyah Surakarta
  11. Shafie S, Othman N Md, (2006). Halal Certification: an international marketing issues and challenges. diakses pada 14 November 2019. http://www.ctwcongress.de/ifsam/download/track_13/pap00226pdf

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.