BibTex Citation Data :
@article{Halal24538, author = {Lilik Rahmawati and Nurul Lathifah}, title = {Eksplorasi Produk, Layanan, dan Fasilitas Hotel Syariah Perspektif DSN-MUI: Studi Empiris Hotel Radho Syariah Malang}, journal = {Indonesia Journal of Halal}, volume = {8}, number = {1}, year = {2024}, keywords = {hotel syariah, produk, layanan, fasilitas}, abstract = { Hotel syariah memiliki prospek yang menjanjikan seiring dengan pertumbuhan wisata halal yang semakin pesat. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi produk, layanan dan fasilitas yang ditawarkan oleh Radho Hotel Syariah. Data dikumpulkan melalui studi lapangan yang melibatkan wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan dengan Asisten General Manager , divisi Room Division , F&B Department , HRD dan pemasaran Hotel Radho Syariah Malang, serta dengan pengunjung hotel. Observasi mencakup pengamatan terhadap ketersediaan produk, fasilitas dan layanan di hotel yang mengacu pada kriteria Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk, layanan dan fasilitas Radho Hotel Syariah telah memenuhi 6 kriteria hotel syariah sesuai standar fatwa DSN-MUI Nomor 108/DSN-MUI/X/2016. Namun, kriteria terkait makanan dan minuman yang wajib memiliki sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) belum sepenuhnya terpenuhi. Pemenuhan standar produk, layanan dan fasilitas berdasarkan kriteria nasional DSN-MUI menjadi acuan penting bagi pengunjung serta pemangku kebijakan pariwisata halal dalam aspek shariah compliance hotel dan pengembangan hotel ramah muslim. Kata Kunci: hotel syariah, produk, layanan, fasilitas }, issn = {2656-4963}, doi = {10.14710/halal.v8i1.24538}, url = {https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/ijh/article/view/24538} }
Refworks Citation Data :
Hotel syariah memiliki prospek yang menjanjikan seiring dengan pertumbuhan wisata halal yang semakin pesat. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi produk, layanan dan fasilitas yang ditawarkan oleh Radho Hotel Syariah. Data dikumpulkan melalui studi lapangan yang melibatkan wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan dengan Asisten General Manager, divisi Room Division, F&B Department, HRD dan pemasaran Hotel Radho Syariah Malang, serta dengan pengunjung hotel. Observasi mencakup pengamatan terhadap ketersediaan produk, fasilitas dan layanan di hotel yang mengacu pada kriteria Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk, layanan dan fasilitas Radho Hotel Syariah telah memenuhi 6 kriteria hotel syariah sesuai standar fatwa DSN-MUI Nomor 108/DSN-MUI/X/2016. Namun, kriteria terkait makanan dan minuman yang wajib memiliki sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) belum sepenuhnya terpenuhi. Pemenuhan standar produk, layanan dan fasilitas berdasarkan kriteria nasional DSN-MUI menjadi acuan penting bagi pengunjung serta pemangku kebijakan pariwisata halal dalam aspek shariah compliance hotel dan pengembangan hotel ramah muslim.
Kata Kunci: hotel syariah, produk, layanan, fasilitas
Note: This article has supplementary file(s).
Article Metrics:
Last update: