skip to main content

Mengatasi Tantangan dan Memanfaatkan Peluang Industri Halal Kosmetik dan Obat-obatan Menuju Wajib Halal 2026: Analisis SWOT

*Annisya Nurul Latif  -  Universitas Indonesia, Indonesia
Marlini Alianita  -  Sekolah Kajian Strategik Global, Universitas Indonesia, Indonesia
Wiwit Musaadah  -  Sekolah Kajian Strategik Global, Universitas Indonesia, Indonesia
Rahmat Hidayat  -  Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Negeri Jakarta, Indonesia
Open Access Copyright (c) 2024 Indonesia Journal of Halal under http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0.

Citation Format:
Abstract

Industri kosmetik dan obat halal menghadapi tantangan besar dalam mengatasi permintaan konsumen yang semakin meningkat untuk produk yang aman, berkualitas tinggi, dan sesuai dengan prinsip-prinsip halal di dunia yang semakin kompetitif dan dinamis. Selain tantangan, ada juga peluang yang sangat besar untuk industri kosmetik dan obat halal untuk berkembang. Industri kosmetik dan obat halal memiliki potensi besar untuk berkembang karena pertumbuhan ekonomi global dan peningkatan permintaan konsumen, terutama dari kalangan Muslim. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi oleh industri halal kosmetik dan obat-obatan di Indonesia dalam menyongsong kebijakan wajib sertifikasi halal pada tahun 2026. Metode yang digunakan adalah analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat). Jenis penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif, dengan menggunakan interview terstruktur dalam bentuk kuesioner dan kajian pustaka yang dilakukan untuk memperoleh informasi secara komprehensif tentang tantangan dan peluang yang berhubungan dengan objek studi. Dari analisis SWOT yang dilakukan ditemukan Industri halal kosmetik dan obat-obatan di Indonesia memiliki potensi besar untuk berkembang. Dengan menerapkan strategi yang tepat, industri halal kosmetik dan obat-obatan di Indonesia dapat mencapai potensi sepenuhnya dan enjadi pemain utama di pasar global.

 

Fulltext
Keywords: Industri Kosmetik dan obat-obatan halal, Analisis SWOT, Wajib Sertifikasi halal

Article Metrics:

  1. Ali, A., et al., 2016. Halal Pharmaceuticals and Cosmetics: Consumer and Manufacturer Awareness in Malaysia. Journal of Islamic Marketing, 7(1), pp. 74-94
  2. Ambali, A. R., & Bakar, A. N. , 2014. People's Awareness on Halal Foods and Products: Potential Issues for Policy-makers.. s.l., s.n., pp. 3-25
  3. Annur, C. M. , 2023. 10 Negara dengan Jumlah Populasi Muslim Terbanyak Dunia. [Online]
  4. Available at: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/10/19/10-negara-dengan-populasi-muslimterbanyak-dunia-2023-indonesia-memimpin
  5. Antoni, Ahmad., 2019. Dari 30.000 Tanaman Herbal, Hanya 350 Jenis Digunakan oleh Industri. [Online]
  6. Available at: https://daerah.sindonews.com/artikel/jateng/9808/dari-30000-tanaman-herbal-hanya-350-jenis-digunakan-oleh-industri
  7. [Accessed 22 Mei 2024]
  8. Azam, M., & Abdullah, M., 2020. Challenges and Opportunities in the Halal Cosmetics Industry: A Comprehensive Review. Journal of Halal Studies, 5(1), pp. 14-29
  9. Bonne, K., & Verbeke, W., 2008. Religious values informing halal meat production and the control and delivery of halal credence quality. Agriculture and Human Values, Volume 25, pp. 35-47
  10. Damen, 2024. A SWOT Analysis of the Factors Affecting the Implementation of Strategic Management Accounting in Public Sector Organizations in Jordan. Jurnal Manajemen
  11. Dinar Standard, 2023. State of the Global Islamic Economy Report. [Online]
  12. Available at: https://www.dinarstandard.com/post/state-of-the-global-islamic-economy-report-2023
  13. Ernawati, 2021. Global Competitiveness Study of Halal Pharmaceuticals and Cosmetics Industry. Jurnal Ekonomi dan Manajemen
  14. Flick, 2018. Doing Qualitative Research: A Practical Handbook. 5 ed. London: Sage Publications
  15. Hamis, M. A., Harnisa, N., Othman, A. & Suhaimi, S. A., 2023. Consumer Perception Towards Halal COsmetic Product In Malaysia. Jurnal Evolusi, Issue Jilid 4, Edisi 2, e-ISSN 2735-2234
  16. Herdiana, Y. & Rusdiana, T., 2021. Indonesia Halal Pharmaceutical: Challenges And Market Opportunities. Indonesia Jurnal of Pharmaceutical
  17. KNEKS, 2023. Infrastruktur Rumah Sakit dan Ekosistem Industri Kesehatan dalam menghadapi UU Jaminan Produk Halal. [Online]
  18. Available at: https://kneks.go.id/storage/upload/1680229535-Kajian%20Kesiapan%20Infra%20RS%20-%20ISBN%2027%20Mar.pdf
  19. [Accessed 21 Mei 2024]
  20. My Sun Permata, et.al., 2023. Resilien Ekonomi Umat: Tantangan dan Prospek Industri Halal. s.l., s.n
  21. Nurhayati, 2017. Research Trends and Opportunities of Halal Cosmetic: A Systematic Literature Review. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences
  22. Republik Indonesia, 2014. Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal. s.l.:s.n
  23. Republik Indonesia, 2020. Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. s.l.:s.n
  24. Republik Indonesia, 2021. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Jaminan Produk Halal. s.l.:s.n
  25. Reuters, T., 2018. State of the Global Islamic Economy Report 2018/19. s.l.:s.n
  26. Riaz, M. N., & Chaudry, M. M., 2004. Halal Food Production. s.l.:CRC Press
  27. Said, M., Hassan, F., & Musa, R., 2020. Awareness and Perception of Halal Pharmaceutical Among Consumers: A Study in Malaysia. Journal of Islamic Marketing, 11(2), pp. 293-305
  28. Susihono, W. et al., 2018. Tingkat Penggunaan Bahan Tersertifikasi Halal Berdasarkan Usulan Bidang Audit Kepada Tim Komisi Fatwa MUI Provinsi Banten. Indonesia Journal of Halal, Issue Vol1 (1) 2018
  29. Zahrah, A., & Fawaid, A., 2019. Halal Food di Era Revolusi Industri 4.0: Prospek dan Tantangan. Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.