skip to main content

Analisa Pengaruh Pelabelan Halal pada Obat Generik Terhadap Minat Beli Konsumen di Apotek Sari Medika Ambarawa

Resa Nafi'atul Insani  -  Departement of Apothecary Education, Universitas Islam Sultan Agung, Jl. Kaligawe Raya No. Km 4, Terboyo kulon, Genuk, Semarang, Indonesia, 50112., Indonesia
*Wilda Fhitriany Usman  -  Departement of Apothecary Education, Universitas Islam Sultan Agung, Jl. Kaligawe Raya No. Km 4, Terboyo kulon, Genuk, Semarang, Indonesia, 50112., Indonesia
Ramantia Prihantina  -  Apotek Sari Medika, Ambarawa, Semarang, Indonesia
Received: 8 May 2024; Revised: 20 May 2024; Accepted: 28 Jun 2024; Available online: 30 Jun 2024; Published: 30 Jun 2024.
Open Access Copyright 2024 Generics: Journal of Research in Pharmacy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract
Indonesia merupakan negara dengan mayoritas penduduknya beragama muslim, yakni sebesar 241,7 juta atau setara dengan 87,02% dari total populasi adalah beragama islam. Besarnya kuantitas muslim di Indonesia menjadikan pasar konsumen muslim dalam jumlah besar. Labelisasi halal pada produk dapat meningkatkan minat beli konsumen muslim dikarenakan produk yang mempunyai logo halal dan nomor sertifikasi dapat meyakinkan umat muslim bahwasanya produk aman dan halal. Penelitian ini berjutuan untuk mengetahui pengaruh pelabelan halal pada obat generik terhadap minat beli konsumen di Apotek Sari Medika Ambarawa. Metode Penelitian ini termasuk observasional deskriptif dengan desain cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan menatapkan kriteria tertentu. Penelitian ini menggunakan kuisioner dan analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas (Pearson Correlation), dan uji reliabilitas (Cronbach’s Alpha), dan uji deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan hasil uji validitas dan reliabilitas tiap item pertanyaan di kuisoner dinyatakan valid dan reliabel. Berdasarkan hasil uji deskriptif menyatakan bahwa terdapat pengaruh pelabelan halal pada obat generik terhadap minat beli konsumen dilihat dari jumlah responden yang menjawab setuju dan sangat setuju. Berdasarkan hal tersebut adanya label halal pada obat generik memberikan pengaruh terhadap minat beli konsumen di Apotek Sari Medika Ambarawa.
Fulltext View|Download
Keywords: Label Halal, Generik, Minat Beli, Apotek

Article Metrics:

  1. Fatiha, C.N., Sawitri, A., Mariana, R.U. (2023) ‘Pengaruh label halal terhadap keputusan pembelian obat (studi kasus di Apotek Karunia Sehat Baru, Ungaran)’, PHARMASIPHA, 7(2), pp. 69-81. doi: 10.21111/pharmasipha.v7i2
  2. Firdiawan, A. Novi, N., dan Aprista, A.P. (2021) ‘Uji Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Covid-19–Impact On Quality Of Life (Cov19-Qol) Terhadap Pasien Penyakit Kronis’, JKK, 9(4), pp. 939-46. doi: https://doi.org/10.26714/jkj.9.4.2021.939-946
  3. Ghozali, I. (2013) Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 7th ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
  4. Harahap, N.A., Khairunnisa, K., Tanuwijaya, J. (2017) ‘Pengetahuan Pasien dan Rasionalitas Swamedikasi di Tiga Apotek Kota Panyabungan’, jsfk, 3(2), pp. 186-192. doi: https://doi.org/10.29208/jsfk.2017.3.2.124
  5. Hulukati, W. (2018) ‘Analisis Tugas Perkembangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo’, Jurnal Bikotetik, 2(1), pp. 73-114. doi: https://doi.org/10.26740/bikotetik.v2n1.p73-80
  6. Kemendagri RI. (2022) Jumlah Penduduk Indonesia Menurut Agama Tahun 2022. Jakarta: Kementrian Dalam Negeri RI
  7. Keputusan Kepala BPJPH Nomor 40 Tahun 2022 Penetapan Label Halal. 10 Februari 2022. Jakarta
  8. Mariam, A. dan Nopianti, N. (2022) ‘Pengaruh Label Halal dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Kosmetik (Studi Kasus Siswa/Siswi Perhotelan SMK Negeri 1 Ciamis’. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), pp. 2627-33. doi: https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3943
  9. Nur, F. (2021) ‘Jaminan Produk Halal di Indonesia terhadap Konsumen Muslim’, Jurnal Likuid, 1(1), pp. 43-54. doi: https://doi.org/10.15575/likuid.v1i1.12732
  10. Pristianty, L., Fransiska, H. A., dan Titani, M. (2021) ‘Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Swamedikasi Terhadap Mutu Pelayanan Kefarmasian di Apotek (Kelurahan Mojolangu Kecamatan Lowokwaru Kota Malang)’ Majalah Farmasetika, 6(1), pp. 88-95. doi: https://doi.org/10.24198/mfarmasetika.v6i0.36763
  11. Purnami, D.I., Sawitri, A., Ummaya, U.U. (2022) ‘The Effect of Halal Labelling of Medicine on Customer’s Purchase Interest at Karunia Sehat Baru Pharmaceutical Semarang’, J. Med. Pharm. Sci., 1(2), pp. 41-7. doi: https://doi.org/10.30659/ijmps.v1i2.86
  12. Risqiyana, D.I dan Oktaviani, N. (2023) ‘Gambaran Pengetahuan Masyarakat Tentang Obat Paten dan Obat Generik di Desa Simbang Kulon Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan’,
  13. Ulil Albab, 2(4), pp. 1-9. doi: https://doi.org/10.56799/jim.v2i4.1452
  14. Salim, A., Muharir, dan Junia, A.H. (2021). ‘Edukasi Dalam Penerapan Hukum Halal dan Haram Pada Makanan di Desa Nusa Makmur Kec. Air Kumbang Kab. Banyuasin’, Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), pp. 64-76. doi: 10.35309/dharma.v1i2.4335
  15. Sugiyono. (2015) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA
  16. Sujarweni. (2015) Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press
  17. Syahrir, A.,Rahem, A., Prayoga, A. (2019) ‘Perilaku Apoteker Terhadap Labelisasi Halal Pada Sediaan Farmasi’, Journal of Halal Product and Research, 2(1), pp. 25-32. P-ISSN: 2654-9409
  18. Umayyah, R. (2021) ‘Peran Labelisasi Halal Dan Daya Tarik Iklan Dalam Membangun Minat Beli Konsumen Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Pemediasi’, Ekobis, 22(1), pp. 45-58. doi: http://dx.doi.org/10.30659/ekobis.22.1.45-58
  19. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2014 Jaminan Produk Halal. 17 Oktober 2014. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014. Jakarta
  20. Wibowo, D. E., & Mandusari, B.D. (2018) ‘Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Oleh Konsumen Muslim Terhadap Produk Makanan Di Kota Pekalongan’, IJH, 1(1), pp. 73-77. doi: https://doi.org/10.14710/halal.v1i1.3400
  21. Widyaningrum, A.E., Fadrian, F.M., Admaja, W. (2023) ‘Pengaruh Pelayanan Informasi Swamedikasi Online Berbasis Whatsapp Bot terhadap Pengetahuan Masyarakat’, Majalah Farmasetika, 8(3), pp. 235-49. doi: https://doi.org/10.24198/mfarmasetika.v8i2.43683

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.