skip to main content

EFEKTIVITAS APLIKASI MOBILE JKN TERHADAP PEMBERIAN PELAYANAN PENGGUNA BPJS PUSKESMAS MAGELANG TENGAH

*joko nugraha  -  Prodi Administrasi Publik, Universitas Tidar, Indonesia
Retno Pujiasih  -  Prodi Administrasi Publik, Universitas Tidar, Indonesia
Yuni Kurniasih  -  Prodi Administrasi Publik, Universitas Tidar, Indonesia
Ari Mukti  -  Prodi Administrasi Publik, Universitas Tidar, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Pemanfaatan TIK dalam pengembangan e-government maka diwujudkan dengan adanya berbagai platform digital yang memudahkan pelayanan. Salah satunya adalah aplikasi realisasi yang dibuat oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) adalah aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional atau biasa disebut dengan Mobile – JKN. Namun, dalam realisasinya aplikasi Mobile JKN ini masih terdapat permasalahannya, yaitu seperti masih banyak masyarakat yang awam tidak mengetahui adanya aplikasi ini, masih sedikit yang menggunakan untuk akses pelayanannya, dan masih terdapat kendala baik itu dari trouble aplikasi maupun kualitas sinyal peserta yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan aplikasi mobile JKN terhadap pemberian pelayanan pengguna BPJS Puskesmas Magelang Tengah dengan menggunakan fokus yang dikaji adalah efektivitas pelayanan menggunakan mobile JKN. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah kepada Kepala Bagian Umum Mutu Layanan Kepesertaan BPJS Cabang Magelang, Staf Edukasi dan Penanganan Pengaduan di BPJS Kesehatan Cabang Magelang, Staf Pelayanan Administrasi dan  Rekam Medis Puskesmas Magelang Tengah, dan Pasien Puskesmas Magelang Tengah yang memiliki aplikasi Mobile JKN. Berdasarkan hal tersebut diperoleh hasil dan pembahasan bahwa indikator pemahaman program, tepat sasaran, tepat waktu masih ditemukan permasalahan dan kendala. Sedangkan pada indikator tercapainya tujuan dan perubahan nyata dapat dikatakan tercapai dan efektif. Dengan begitu kesimpulannya dari lima indikator tersebut berdasarkan penggunaan aplikasi Mobile JKN terhadap pemberian pelayanan pengguna BPJS Puskesmas Magelang Tengah dikatakan belum efektif dalam realisasi e-government dalam memudahkan peserta mengakses informasi dan berbagai layanan kesehatan.
Fulltext View|Download
Keywords: Mobile JKN, Efektivitas, BPJS Kesehatan, Puskesmas

Article Metrics:

  1. Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press
  2. Angelita, M., Lukman, S., & Tahir, I. (n.d.). Inovasi Dan Efektivitas Pelayanan Melalui Mobile JKN Pada BPJS Kesehatan Di Jakarta Selatan. 9(2), 292–305
  3. Anisah, N. N., Halimah, M., & Bonti. (2023). Efektivitas E-Government Pada Aplikasi Elektronik Remunerasi Kinerja (E-Rk) Di Pemerintahan Kota Bandung. Jurnal Administrasi Negara, Februari, 14(2), 716–720
  4. Arisandi, Y. T. (2018). Efektivitas Penerapan E-Commerce Dalam Perkembangan Usaha Kecil Menengah Di Sentra Industri Sandal dan Sepatu Wedoro Kabupaten Sidoarjo. 1–8
  5. Assiroj, P., Imigrasi, P., & Wijaya, G. J. (2023). Analisis Efektivitas Aplikasi E-Arsip Pada Kantor Imigrasi Kelas I Tpi Cilacap. Jurnal Ilmiah Kajian Keimigrasian Politeknik Imigrasi, 6(1), 31–54
  6. Azra, A. S. Al. (2023). Efektivitas Pelayanan Jemput Bola Tim Gerak Kerja Cepat Dan Responsif (Jempol Tiger Japri) Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Semarang (Studi Kasus Kecamatan Semarang Utara). Universitas Diponegoro
  7. Bandiyono, A., & Indrianto, N. P. P. (2019). E-Rekon Lk Application As A Form Of Accounting And E-Government Information Systems Implementation In Indonesia. International Journal Of Innovation, Creativity And Change, 8(3), 23–40
  8. BPJS Kesehatan. (n.d.). Profil BPJS Kesehatan
  9. Creswell, J. (2009). Third Edition Research Design
  10. Dewi, F. (2015). Implementasi Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Pada Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Jatilawang Kabupaten Banyumas Tahun 2015. Universitas Negeri Semarang
  11. Dinas Kependudukan dan Capil dalam Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Magelang. (n.d.). Kepadatan Penduduk & Sex Ratio per Kelurahan di Kota Magelang
  12. Dinas Kesehatan Kota Magelang. (n.d.). Puskesmas Magelang Tengah
  13. Duadji, N. et al. (2020). Ilmu Administarasi Publik. Graha Ilmu
  14. Fatmala, R. dan F. K. (2019). Efektivitas Program Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Puskesmas Libureng Kabupaten Bone. BIROKRAT: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 8, 23–36
  15. Forman. (2020). Pelayanan Publik. In F. d. Rahmadana, Pelayanan Publik. Medan: Yayasan Kita Menulis
  16. Guntari, G. A. dan N. P. A. W. (2022). Kualitas Aplikasi Mobile JKN Dalam Upaya Meningkatkan Akses Pelayanan Kesehatan Bagi Peserta JKN di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Kesehatan Masyarakat & Gizi, 5(1), 175–181
  17. Hardani et al. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif Seri Buku Hasil Penelitian View project Seri Buku Ajar View project. CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta
  18. Hardiyansyah, (2018) Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, dimensi, Indikator dan Implementasinya. Gava Media, Yogyakarta
  19. Hastungkara, D. P., & Triastuti, E. (2020). Application Of E-Learning And Artificial Intelligence In Education Systems In Indonesia. Anglo-Saxon: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, 10(2), 117
  20. Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003 tentang kebijakan dan strategi nasional pengembangan e-government
  21. Jufri, I. (2022). Penerapan E-Government Dalam Meningkatkan Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Di Kecamatan Lasusua. Universitas Muhammadiyah Makassar
  22. Kamillia, W. I. (2022). Implementasi Governansi Digital Melalui Aplikasi Jkn Mobile Di Kantor Bpjs Kesehatan Kota Bukittinggi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya (Mateandrau), 1(2)
  23. Kemenkes, T. P. (2016). Buku Panduan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Bagi Populasi Kunci. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
  24. Kemenkes, T. P. (N.D.). Buku Pegangan Sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional. Tim Penyusun Bahan Sosialisasi Dan Advokasi JKN
  25. Krisdayanti, W. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Untuk Meningkatkan Efektivitas Pelayanan BPJS Kesehatan Di Kota Medan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  26. Kusumastuti, A. dan A. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo
  27. Malawat, S. H. (2022). Pengantar Administrasi Publik. Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjary Banjarmasin
  28. Marwiyah, S., Rahmadi, A., & Aisyah, R. (2022). Efektivitas Program Cash For Work (Cfw) Sebagai Upaya Pemerintah Dalam Mitigasi Pandemi Covid-19 (Studi Pada Kelurahan Kebonsari Wetan Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo). Administratio: Jurnal Ilmiah Administrasi Publik Dan Pembangunan, 13(1), 15–32
  29. Maulida, W., Rusdiana, & Sutisna, J. (2023). Efektivitas Penerapan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (Simpeg) Di Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2021. Jurnal Administrasi Pemerintahan (Janitra), 3(1), 117–129
  30. Moleong, L. (2017). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Pt Remaja Rosdakarya
  31. Muhyi, M. et al. (2018). Metodologi Penelitian. Adi Buana University Press
  32. Mursyidah, O. L., & Ap, M. (2020). Manajemen Pelayanan Publik. Umsida Press
  33. Nugroho, B. S. et al. (2022). Effectiveness Of The Use Of Various Digital Applications To Promote Public Health In Indonesia: A Study Of The Impact Of Technology On Public Health. Science Midwifery, 10(5), 2721–9453
  34. Nurlaila, A., Tiyas, I. ;, & Haryani, N. (n.d.). E-Government di Kota Surakarta dilihat dari Peraturan Presiden No. 95 Tahun 2018 Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. In Jurnal Mahasiswa Wacana Publik (Vol. 1, Issue 1)
  35. Oktaningtyas, F. (2023). Efektivitas Sistem Online Single Submission (SSO) dalam Pengurusan Perizinan Berusaha di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Magelang. Universitas Tidar
  36. Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2005 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik
  37. Pusparani, M. (2023). Efektivitas E-Government Aplikasi Simpus Pada Puskesmas Paseh Kabupaten Bandung. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 5405–5417
  38. Putri, K. T., Irawan, B., & Zulfiani, D. (2022). Persepsi Publik Dalam Pelaksanaan Inovasi Pelayanan Jaminan Kesehatan Berbasis Teknologi Melalui Mobile JKN Oleh BPJS Kesehatan Indonesia (Vol. 2022, Issue 4)
  39. Rahmadana, F. el al. (2020). PelayananPublik. In F. M. A. M. dkk Rahmadana (Ed.), Pelayanan Publik. Yayasan Kita Menulis
  40. Rinjani, R., & Sari, N. (2022). Analisis Penerapan Aplikasi Mobile Jkn Terhadap Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Cabang Subulussalam. PUBLIKA : Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 8(2), 209–223
  41. Rizqi, W. F., Sugiarti, C., & Ramdani, R. (2022). Efektivitas Program Wirausaha Pemuda Dalam Upaya Penurunan Angka Pengangguran Terbuka Di Kabupaten Tegal Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen, 14(2), 2022–2367
  42. Rofahiyantin, A. (2023). Analisis Penerapan E-Government Pada Aplikasi Lapor Cepat Bupati di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kebumen. Universitas Tidar
  43. Rusnita, W. C., Aromatica, D., & Ekha Putera, R. (2023). Efektivitas E-Government Dalam Penerapan Program E-Kelurahan. Parabela: Jurnal Ilmu Pemerintahan & Politik Lokal, 3(1), 1–13
  44. Sabrina, A. (2023). Implementasi Kebijakan Sistem Rujukan Berjenjang (SRB) Pada Pasien Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tidar Kota Magelang. Universitas Tidar
  45. Sari, I. P. et al. (2023). Analisis Efektivitas Program BPJS Kesehatan Dalam Meningkatkan Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6, 512–521
  46. Satibi, I. (2012). Manajemen Publik Dalam Perspektif Teoritik dan Empirik. Unpas Press
  47. Satrya, H. (2023). Efektivitas Aplikasi Layanan Tunggu Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru. Jurnal Ipdn
  48. Sellang, K. (2016). Administrasi dan Pelayanan Publik Antara Teori dan Aplikasinya. Penerbit Ombak
  49. Siringoringo, M. (2022). Efektivitas Pelayanan Kesehatan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Di Puskesmas Tigaurung Kecamatan Pamatang Sidamanik. Universitas Medan Area
  50. Situmorang, B. (2022). Utilization Of The Mobile Application Of National Health Insurance (JKN) To Increase The Effectiveness Of Services BPJS Insurance In Sibolga. Science Midwifery, 10(5), 2721–9453
  51. Solechan. (2019). Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Sebagai Pelayanan Publik. Adminitrative Law & Governance, 2(4), 686–696
  52. Suhadi, S. (2022). Dampak Penggunaan Aplikasi Mobile JKN Terhadap Pelayanan BPJS. Jurnal Kesehatan, 15(1), 11–23
  53. Susanti, E., Harta, R., & Fadillah, S. (2019). Effectiveness Of Electronic Government In The Citizen-Centric Approach In Bandung City. Mimbar : Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 35(2), 392–401
  54. Sutrisno,E. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana Prenada Group. Jakarta
  55. Tinggi, et al. (2020). The Effectiveness Of Public Services Through E-Government In Makassar City. International Journal Of Scientific & Technology Research, 9, 1
  56. Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 Pasal 28 H ayat (1)
  57. Wahyuni, F. (2021). Efektivitas Pelayanan Jaminan Kesehatan Berbasis Teknologi Mobile JKN di BPJS Kesehatan Cabang Bandar Lampung. Administrativa (Jurnal Birokrasi, Kebijakan, Dan Pelayanan Publik), 3, 377–384
  58. Wulandari, A. (2019). Inovasi BPJS Kesehatan Dalam Pemeberian Layanan Kepada Masyarakat: Aplikasi Mobile JKN. Jurnal Public Policy, 5(2)
  59. Yuni, I. S., & Adnan, F.M. (2022). Efektivitas Penerapan Aplikasi Dukcapil Ceria Mobile Dalam Upaya Mendukung Pemerintahan Berbasis Elektronik (E-Government). Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 6(1), 2598–9944

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.