*joko nugraha
-
Prodi Administrasi Publik, Universitas Tidar, Indonesia
Retno Pujiasih
-
Prodi Administrasi Publik, Universitas Tidar, Indonesia
Yuni Kurniasih
-
Prodi Administrasi Publik, Universitas Tidar, Indonesia
Ari Mukti
-
Prodi Administrasi Publik, Universitas Tidar, Indonesia
Abstract
Pemanfaatan TIK dalam pengembangan e-government maka diwujudkan dengan adanya berbagai platform digital yang memudahkan pelayanan. Salah satunya adalah aplikasi realisasi yang dibuat oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) adalah aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional atau biasa disebut dengan Mobile – JKN. Namun, dalam realisasinya aplikasi Mobile JKN ini masih terdapat permasalahannya, yaitu seperti masih banyak masyarakat yang awam tidak mengetahui adanya aplikasi ini, masih sedikit yang menggunakan untuk akses pelayanannya, dan masih terdapat kendala baik itu dari trouble aplikasi maupun kualitas sinyal peserta yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan aplikasi mobile JKN terhadap pemberian pelayanan pengguna BPJS Puskesmas Magelang Tengah dengan menggunakan fokus yang dikaji adalah efektivitas pelayanan menggunakan mobile JKN. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah kepada Kepala Bagian Umum Mutu Layanan Kepesertaan BPJS Cabang Magelang, Staf Edukasi dan Penanganan Pengaduan di BPJS Kesehatan Cabang Magelang, Staf Pelayanan Administrasi dan Rekam Medis Puskesmas Magelang Tengah, dan Pasien Puskesmas Magelang Tengah yang memiliki aplikasi Mobile JKN. Berdasarkan hal tersebut diperoleh hasil dan pembahasan bahwa indikator pemahaman program, tepat sasaran, tepat waktu masih ditemukan permasalahan dan kendala. Sedangkan pada indikator tercapainya tujuan dan perubahan nyata dapat dikatakan tercapai dan efektif. Dengan begitu kesimpulannya dari lima indikator tersebut berdasarkan penggunaan aplikasi Mobile JKN terhadap pemberian pelayanan pengguna BPJS Puskesmas Magelang Tengah dikatakan belum efektif dalam realisasi e-government dalam memudahkan peserta mengakses informasi dan berbagai layanan kesehatan.