BibTex Citation Data :
@article{Agrisocionomics5353, author = {Raka Prasetya and Yuliawati Yuliawati}, title = {STRATEGI PENGEMBANGAN KEDELAI DI RUMAH KEDELAI GROBOGAN}, journal = {Agrisocionomics: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian}, volume = {4}, number = {1}, year = {2020}, keywords = {Analitycal Hierarchy Process; Model Bisnis Kanvas; Rumah Kedelai Grobogan; Strategi Pengembangan Kedelai; SWOT.}, abstract = { Pemenuhan kebutuhan kedelai nasional selama ini masih tergantung dengan impor, jika ketersediaan bahan pangan selalu dipenuhi dengan impor dapat mengakibatkan berbagai permasalahan ekonomi dan sosial sehingga diperlukan pengembangan kedelai lokal. Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui faktor internal dan eksternal pada pengembangan kedelai di Rumah Kedelai Grobogan. 2) merumuskan strategi pengembangan kedelai di Rumah Kedelai Grobogan. Penelitian ini dilakukan di Rumah Kedelai Grobogan yang merupakan pusat pengembangan kedelai di Kabupaten Grobogan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling , dengan informan sebanyak 5 orang yang dipilih meliputi pihak internal yaitu manager ( key informant ), bagian pemasaran Rumah Kedelai Grobogan, pihak eksternal meliputi mitra, penyuluh pertanian dan Dinas Pertanian Grobogan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara menggunakan kuesioner, observasi, dokumentasi, pencatatan dari instansi dan studi literatur. Metode analisis data menggunakan analisis SWOT, Analitycal Hierarchy Process (AHP) dan Bisnis Model Kanvas. Hasil penelitian menunjukan faktor internal yang menjadi kekuatan utama yaitu produk dikenal masyarakat luas, kelemahan utama yaitu kurangnya controlling dan manjemen. Faktor eksternal yang menjadi peluang utama yaitu kesetiaan pelanggan dan ancaman utama adalah permintaan akan produk rendah. Prioritas strategi pengembangan kedelai di Rumah Kedelai Grobogan yang telah dirumuskan adalah branding produk berkualitas dan menggunakan kedelai lokal. Pada penyempurnaan Model Bisnis Kanvas disarankan untuk menambah mitra seperti rumah makan, restoran, catering dan mencoba segmentasi konsumen seperti masyarakat di pasar tradisonal serta masyarakat yang peduli akan kesehatan. Hubungan dengan pelanggan perlu ditingkatkan dengan membuat website yang menarik agar masyarakat lebih mudah dalam mendapat informasi tentang Rumah Kedelai Grobogan. }, issn = {2621-9778}, pages = {33--45} doi = {10.14710/agrisocionomics.v4i1.5353}, url = {https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/agrisocionomics/article/view/5353} }
Refworks Citation Data :
Pemenuhan kebutuhan kedelai nasional selama ini masih tergantung dengan impor, jika ketersediaan bahan pangan selalu dipenuhi dengan impor dapat mengakibatkan berbagai permasalahan ekonomi dan sosial sehingga diperlukan pengembangan kedelai lokal. Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui faktor internal dan eksternal pada pengembangan kedelai di Rumah Kedelai Grobogan. 2) merumuskan strategi pengembangan kedelai di Rumah Kedelai Grobogan. Penelitian ini dilakukan di Rumah Kedelai Grobogan yang merupakan pusat pengembangan kedelai di Kabupaten Grobogan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling, dengan informan sebanyak 5 orang yang dipilih meliputi pihak internal yaitu manager (key informant), bagian pemasaran Rumah Kedelai Grobogan, pihak eksternal meliputi mitra, penyuluh pertanian dan Dinas Pertanian Grobogan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara menggunakan kuesioner, observasi, dokumentasi, pencatatan dari instansi dan studi literatur. Metode analisis data menggunakan analisis SWOT, Analitycal Hierarchy Process (AHP) dan Bisnis Model Kanvas. Hasil penelitian menunjukan faktor internal yang menjadi kekuatan utama yaitu produk dikenal masyarakat luas, kelemahan utama yaitu kurangnya controlling dan manjemen. Faktor eksternal yang menjadi peluang utama yaitu kesetiaan pelanggan dan ancaman utama adalah permintaan akan produk rendah. Prioritas strategi pengembangan kedelai di Rumah Kedelai Grobogan yang telah dirumuskan adalah branding produk berkualitas dan menggunakan kedelai lokal. Pada penyempurnaan Model Bisnis Kanvas disarankan untuk menambah mitra seperti rumah makan, restoran, catering dan mencoba segmentasi konsumen seperti masyarakat di pasar tradisonal serta masyarakat yang peduli akan kesehatan. Hubungan dengan pelanggan perlu ditingkatkan dengan membuat website yang menarik agar masyarakat lebih mudah dalam mendapat informasi tentang Rumah Kedelai Grobogan.
Article Metrics:
Last update:
Starting from 2021, the author(s) whose article is published in the Agrisocionomics journal attain the copyright for their article. By submitting the manuscript to Agrisocionomics, the author(s) agree with this policy. No special document approval is required.
The author(s) guarantee that:
The author(s) retain all rights to the published work, such as (but not limited to) the following rights:
If the article was prepared jointly by more than one author, each author submitting the manuscript warrants that they have been given permission by all co-authors to agree to copyright and license notices (agreements) on their behalf, and agree to notify the co-authors of the terms of this policy. Agrisocionomics will not be held responsible for anything that may arise because of the writer's internal dispute. Agrisocionomics will only communicate with correspondence authors.
Authors should also understand that once published, their articles (and any additional files, including data sets, and analysis/computation data) will become publicly available. The license of published articles (and additional data) will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently featured on the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Agrisocionomics allows users to copy, distribute, display and perform work under license. Users need to attribute the author(s) and Agrisocionomics to distribute works in journals and other publication media. Unless otherwise stated, the author(s) is a public entity as soon as the article is published.
View My Stats