ANALISIS PENGARUH PROMOSI DAN KARAKTERISTIK KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TEH CELUP WALINI DI KOTA BANDUNG

*Lasana Farnesia -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Wiludjeng Roessali -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Siswanto imam Santosa -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Received: 20 Oct 2017; Published: 20 Oct 2017.
Open Access Copyright 2017 Agrisocionomics: Jurnal Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Full Text:
Supp. File(s):
Untitled
Subject
Type Research Instrument
  Download (148KB)    Indexing metadata
Statistics: 371 241

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini menggunakan 100 responden dengan metode accidental sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis faktor dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan, pemasaran langsung, hubungan masyarakat, jenis kelamin, usia, pekerjaan dan pendidikan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian secara serempak. Periklanan, promosi penjualan, pemasaran langsung, jenis kelamin, usia dan pekerjaan mempunyai pengaruh yang sangat signifikan secara parsial, sedangkan penjualan pribadi, hubungan masyarakat dan pendidikan tidak signifikan.


Kata Kunci: pemasaran; promosi; keputusan pembelian; teh celup walini

Note: This article has supplementary file(s).

Article Metrics:

  1. Devi, S.R.M. dan G. Hartono. 2015. Faktorfaktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli sayuran organik. J. Ilmu Pertanian. 27 (1): 60-67.
  2. Foret, M. dan P. Prochazka. 2006. Behaviour and decision making of Czech consumers when buying beverages. J. AGRIC ECON. 52 (7): 341-346. Hair,
  3. J.F., W.C. Black, B.J. Babin, R.E. Anderson and R.L. Tatham. 2006. Multivariate Data Analysis. 6 Ed.,
  4. Prentice Hall, New Jersey. Hermawan, A. 2012. Komunikasi Pemasaran. Erlangga, Jakarta.
  5. Hidayat, M. dan B. Istiyanto. 2012. Pengaruh citra produk dan periklanan terhadap keputusan pembelian jahe wangi CV. Intrafood. J. GRADUASI. 28 (11): 18-35.
  6. Kotler, P. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi 12, Indeks, Jakarta. Kotler, P. dan K.L. Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi 12, Indeks, Jakarta.
  7. Kusa, A., Z. Danechova, S. Findra and M. Sabo. 2014. Gender differences in purchase decision-making styles. J. Science and Theology. 10 (5): 113-123.
  8. Prasetyo, A. Dan A. Wahyuati. 2016. Pengaruh strategi promosi dan word of mouth terhadap keputusan pembelian pada Kopiganes. J. Ilmu dan Riset Manajemen. 5 (1): 1-17.
  9. Purnama, R. dan A.R. Pralina. 2016. Pengaruh direct marketing terhadap keputusan pembelian di Restoran The Centrum Bandung. J. Tourism and Hospitality Essentials. 6 (1): 973-982.
  10. Rachmawati, R. 2011. Peranan bauran pemasaran (marketing mix) terhadap peningkatan penjualan (sebuah kajian terhadap bisnis restoran). J. Kompetensi Teknik. 2 (2): 143-150.
  11. Rouzbahani, M.T., M. Rezai, A.A. Goudarzi dan S.M. Naghibi. 2013. The effect of individual factors on consumers’ purchasing decisions. J. Basic and Applid Scientific Research. 3 (1): 1149-1156.
  12. Santoso, S. 2006. Menggunakan SPSS untuk Statistik Parametrik. PT Elex Media Komputindo, Jakarta.
  13. Setiabudi, M.U., W.B. Parera dan R.A. FarFar. 2013. Proses pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian sayuran segar studi kasus Hypermart Ambon City Center Kota Ambon. J. Agribisnis Kepulauan. 1 (4): 25-40.
  14. Simamora, B. 2000. Panduan Riset Perilaku Konsumen. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
  15. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta,Bandung.
  16. Sumarwan, U. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia, Bogor.
  17. Swasta, B dan Irawan. 2001. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi 2. Liberty Offset. Yogyakarta.
  18. Tjiptono, F. 2007. Manajemen Penjualan Produk. Cetakan Pertama, Kanisius, Yogyakarta.