skip to main content

ANALISIS PENGARUH PROMOSI DAN KARAKTERISTIK KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TEH CELUP WALINI DI KOTA BANDUNG

*Lasana Farnesia  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Wiludjeng Roessali  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Siswanto imam Santosa  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Open Access Copyright 2017 Agrisocionomics: Jurnal Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian under http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0.

Citation Format:
Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini menggunakan 100 responden dengan metode accidental sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis faktor dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan, pemasaran langsung, hubungan masyarakat, jenis kelamin, usia, pekerjaan dan pendidikan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian secara serempak. Periklanan, promosi penjualan, pemasaran langsung, jenis kelamin, usia dan pekerjaan mempunyai pengaruh yang sangat signifikan secara parsial, sedangkan penjualan pribadi, hubungan masyarakat dan pendidikan tidak signifikan.


Kata Kunci: pemasaran; promosi; keputusan pembelian; teh celup walini

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  Research Instrument
Untitled
Subject
Type Research Instrument
  Download (148KB)    Indexing metadata

Article Metrics:

  1. Devi, S.R.M. dan G. Hartono. 2015. Faktorfaktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli sayuran organik. J. Ilmu Pertanian. 27 (1): 60-67
  2. Foret, M. dan P. Prochazka. 2006. Behaviour and decision making of Czech consumers when buying beverages. J. AGRIC ECON. 52 (7): 341-346. Hair,
  3. J.F., W.C. Black, B.J. Babin, R.E. Anderson and R.L. Tatham. 2006. Multivariate Data Analysis. 6 Ed.,
  4. Prentice Hall, New Jersey. Hermawan, A. 2012. Komunikasi Pemasaran. Erlangga, Jakarta
  5. Hidayat, M. dan B. Istiyanto. 2012. Pengaruh citra produk dan periklanan terhadap keputusan pembelian jahe wangi CV. Intrafood. J. GRADUASI. 28 (11): 18-35
  6. Kotler, P. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi 12, Indeks, Jakarta. Kotler, P. dan K.L. Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi 12, Indeks, Jakarta
  7. Kusa, A., Z. Danechova, S. Findra and M. Sabo. 2014. Gender differences in purchase decision-making styles. J. Science and Theology. 10 (5): 113-123
  8. Prasetyo, A. Dan A. Wahyuati. 2016. Pengaruh strategi promosi dan word of mouth terhadap keputusan pembelian pada Kopiganes. J. Ilmu dan Riset Manajemen. 5 (1): 1-17
  9. Purnama, R. dan A.R. Pralina. 2016. Pengaruh direct marketing terhadap keputusan pembelian di Restoran The Centrum Bandung. J. Tourism and Hospitality Essentials. 6 (1): 973-982
  10. Rachmawati, R. 2011. Peranan bauran pemasaran (marketing mix) terhadap peningkatan penjualan (sebuah kajian terhadap bisnis restoran). J. Kompetensi Teknik. 2 (2): 143-150
  11. Rouzbahani, M.T., M. Rezai, A.A. Goudarzi dan S.M. Naghibi. 2013. The effect of individual factors on consumers’ purchasing decisions. J. Basic and Applid Scientific Research. 3 (1): 1149-1156
  12. Santoso, S. 2006. Menggunakan SPSS untuk Statistik Parametrik. PT Elex Media Komputindo, Jakarta
  13. Setiabudi, M.U., W.B. Parera dan R.A. FarFar. 2013. Proses pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian sayuran segar studi kasus Hypermart Ambon City Center Kota Ambon. J. Agribisnis Kepulauan. 1 (4): 25-40
  14. Simamora, B. 2000. Panduan Riset Perilaku Konsumen. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
  15. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta,Bandung
  16. Sumarwan, U. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia, Bogor
  17. Swasta, B dan Irawan. 2001. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi 2. Liberty Offset. Yogyakarta
  18. Tjiptono, F. 2007. Manajemen Penjualan Produk. Cetakan Pertama, Kanisius, Yogyakarta

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.