skip to main content

Tindak Tutur Ilokusi pada Video Review Produk Kosmetik di Akun Youtube Female Daily Network (Kajian Pragmatik)

1Departemen Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, Tembalang, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50275, Indonesia

2Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Jl. Prof.Sudarto, SH, Tembalang, Semarang 50275, Indonesia

Received: 5 Jan 2023; Published: 31 Oct 2023.

Citation Format:
Abstract

Bahasa merupakan alat komunikasi yang digunakan oleh seorang penutur. Sebuah komunikasi berarti menyampaikan tuturan yang berfungsi untuk menyampaikan pesan dari penutur kepada mitra tutur. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk dan fungsi tindak tutur ilokusi pada tuturan yang terdapat dalam video review produk kosmetik di akun Youtube Female Daily Network.

            Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif. Objek kajian penelitian ini, yaitu tuturan yang mengandung tindak tutur ilokusi dalam video ulasan produk kosmetik di akun Youtube Female Daily Network. Penyediaan data pada penelitian ini menggunakan metode simak dan teknik catat. Penelitian ini dianalisis menggunakan metode padan. Teori penelitian ini menggunakan teori tindak tutur Searle. Penyajian hasil analisis data menggunakan metode informal.

Hasil penelitian ini ditemukan bentuk tindak tutur ilokusi yang digunakan pada video review produk kosmetik di akun Youtube Female Daily Network berupa (1) tindak tutur ilokusi asertif dengan fungsi memberitahukan, menyatakan, dan berspekulasi, (2) tindak tutur ilokusi direktif dengan fungsi menyarankan dan menyuruh, (3) tindak tutur ilokusi ekspresif dengan fungsi memuji, mengkritik, dan mengeluh, (4) tindak tutur ilokusi komisif dengan fungsi menawarkan, (5) tindak tutur ilokusi deklaratif dengan fungsi mengesahkan.

Kata kunci: pragmatik, tindak tutur ilokusi, produk kosmetik.

Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta
  2. Hamidah, Jamiatul dan Sri Normuliati. 2015. "Analisis Tindak Tutur Endorse di Media Sosial Instagram". Jurnal Seminar Nasional Linguistik, Vol. 7, hlm 87–98. (Diakses 29 Agustus 2021)
  3. Nurhabibah, Prabawati. 2020. "Analisis Tindak Tutur Selebgram terhadap Tingkat Kepercayaan Warganet di Instagram". Prosiding Semantiks. hlm 58–67. (Diakses 29 Agustus 2021)
  4. Rustono. 1999. Pokok-pokok Pragmatik. Semarang: CV IKIP Semarang Press
  5. Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press
  6. Wijana, I. D. P. 1996. Dasar-dasar Pragmatik. Yogyakarta: Andi Yogyakarta
  7. Yule, G. 2018. Pragmatik (diterjemahkan oleh Indah Fajar Wahyuni). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.