skip to main content

Efektivitas Sosialisasi Pengenalan dan Pemilahan Sampah Terhadap Pengetahuan Siswa di Desa Pujut

*Steven Kurnia  -  Departemen Statistika, Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia
Grace Stevani br Ginting  -  Departemen Biologi, Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia
Ahmad Surya Aji  -  Departemen Antropologi Sosial, Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia
Arifa Kohinoor Jadida  -  Departemen Kedokteran, Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia
Fausta Raihan Maulana  -  Departemen Teknik Komputer, Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia
Fatham Mubina Iksir Gholi  -  Departemen Hukum, Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia
Syahda Aulia Rahmah  -  Departemen Pertanian, Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia
Nadia Yuni Kamila  -  Departemen Psikologi, Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia
Belva Jihan Rasyid  -  Departemen Akuntansi, Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia
Fidelia Christy Helena Prasetyadi  -  Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Permasalahan sampah masih menjadi isu serius di Indonesia, termasuk di Kabupaten Batang yang menghadapi keterbatasan pengelolaan dan rendahnya kesadaran masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas sosialisasi pengenalan dan pemilahan sampah terhadap peningkatan pengetahuan siswa sekolah dasar di Desa Pujut. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest dengan sampel siswa kelas IV–VI dari dua sekolah dasar. Instrumen berupa soal pilihan ganda diuji validitas dan reliabilitas, kemudian data dianalisis menggunakan statistik deskriptif, uji normalitas, dan Wilcoxon Signed-Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada skor posttest dibandingkan pretest. Rata-rata nilai, median, serta nilai minimum siswa meningkat, sementara variasi skor menurun, yang mengindikasikan pencapaian yang lebih merata di antara siswa. Uji Wilcoxon menghasilkan nilai signifikansi < 0,05 pada kedua sekolah, menegaskan adanya pengaruh nyata dari sosialisasi terhadap pengetahuan siswa. Penelitian ini menekankan pentingnya edukasi lingkungan sejak dini sebagai strategi membangun budaya peduli lingkungan. Temuan ini berkontribusi pada inovasi pendekatan edukatif yang dapat diterapkan tidak hanya di sekolah, tetapi juga pada program pemberdayaan masyarakat desa untuk mendukung pengelolaan sampah terpadu secara berkelanjutan.

Fulltext View|Download
Keywords: Pemilahan sampah; Pendidikan lingkungan; Wilcoxon Signed-Rank Test; Sekolah Dasar

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.