skip to main content

Perancangan Design of Experiment (DOE) Tingkat Kepuasan Pengguna Transportasi Commuter Line Jakarta Kota – Bogor

Riefda Novikarany  -  Republic Indonesia Defense University, Indonesia
Bachtiar Rifa’i  -  Republic Indonesia Defense University, Indonesia
*Mahmud Badarudin  -  Republic Indonesia Defense University, Indonesia
Maysuroh Lasmawati  -  Republic Indonesia Defense University, Indonesia
Yeri Kusmantoro  -  Republic Indonesia Defense University, Indonesia
Farah Mufida Qotrunnada  -  Republic Indonesia Defense University, Indonesia
Achmad Farid Wajdi  -  Republic Indonesia Defense University, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Penggunaan moda transportasi Commuter Line di rute Jakarta Kota – Bogor membawa tantangan sekaligus peluang dalam konteks layanan publik dimana jumlah perjalanan rute Jakarta Kota - Bogor masih mendominasi dikarenakan jalur Bogor merupakan jalur dengan jumlah penumpang Commuter Line terbanyak bila dibandingkan dengan jumlah penumpang pada jalur yang lain. Berbagai keberagaman pengguna maupun latar belakang alasan penggunaan Commuter Line, menjadikan tuntutan adanya penetapan kualitas layanan publik yang mempertimbangkan kebutuhan spesifik dari seluruh pengguna. Kajian ini bertujuan pada pengidentifikasian elemen/faktor layanan yang mempengaruhi tingkat kenyamanan pengguna yang perlu ditingkatkan dengan merancang Design of Experiment dari data elemen jumlah gerbong, jadwal operasi commuter line dan ketersediaan informasi. Berdasarkan analisis menggunakan Metode Taguchi didapatkan bahwa faktor yang signifikan mempengaruhi tingkat kepuasan pengguna Commuter Line adalah jadwal operasi Commuter Line dan ketersediaan informasi, hal ini menjadi dasar dari penentuan strategi Commuter Line selanjutnya seperti dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas informasi yang bersifat menunjang operasional Commuter Line setiap harinya.

 

Fulltext View|Download
Keywords: Commuter Line, Design of Experiment, Metode Taguchi

Article Metrics:

  1. Anggraeni, L. D., Deoranto, P., & Ikasari, D. M. (2015). Analisis persepsi konsumen menggunakan metode importance performance analysis dan customer satisfaction index. Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri, 4(2), 74-81
  2. Anugraha, A. S., Erdiza, H. P., Apriyadi, D., & Aguscandra, B. (2022). Integration of Geospatial and Citizen Participation Using Geographic Information System for Smart City: a Study of Priority Villages Program in Jakarta, Indonesia. International Archives of the Photogrammetry, Remote Sensing and Spatial Information Sciences - ISPRS Archives, 48(4/W5-2022), 17–24. DOI: https://doi.org/10.5194/isprs-archives-XLVIII-4-W5-2022-17-2022
  3. Azmi, K. M. F., Haryatiningsih, R., Rahmi, D. (2020). Faktor-Faktor yang Menentukan Masayarakat dalam Memilih Moda Transportasi KRLCommuter Line Bogor-Jakarta. Prosiding Ilmu Ekonomi, 32–37
  4. Bagchi, T. P. (1992). Taguchi Methods Explained: Practical Steps To Robust Design
  5. Dianawati, F., Hanif, H., & Maiciptaani, L. (2019). Strategy of service quality improvement for Commuter Line Jabodetabek train using integration methods of SERVQUAL and Kano Model into house of quality. AIP Conference Proceedings, 2194. DOI: https://doi.org/10.1063/1.5139753
  6. DiDomenico, G. C., & Dick, C. T. (2015). Methods of analyzing and comparing energy efficiency of passenger rail systems. Transportation Research Record, 2475, 54–62. DOI: https://doi.org/10.3141/2475-07
  7. Dinhar, A. (2018). Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Commuter Line Parung Panjang. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 18(2), 131-140. DOI: https://doi.org/10.31294/jc.v18i2
  8. Eboli, L., & Mazzulla, G. (2015). Relationships between rail passengers’ satisfaction and service quality: a framework for identifying key service factors. Public Transport, 7(2), 185–201. DOI: https://doi.org/10.1007/s12469-014-0096-x
  9. Farda, M., & Lubis, H. (2018). Transportation System Development and Challenge in Jakarta Metropolitan Area, Indonesia. International Journal of Sustainable Transportation Technology, 1(2), 42–50. DOI: https://doi.org/10.31427/ijstt.2018.1.2.2
  10. Handayani, S., Afrianti, D. A., & Suryandari, M. (2021). Implementasi kebijakan angkutan umum di DKI Jakarta. Jurnal Teknologi Transportasi Dan Logistik, 2(1), 19-28
  11. Hidayatunnisa, N. A., Jauhar, F., Kencanawati, N. N., & Hariyadi, H. (2020). Aplikasi Metode Desain Eksperimen Taguchi Untuk Mencari Komposisi Optimum Bata Non-Bakar. Open Journal System, 15(3)
  12. Iqbal, H. (2002). Pokok-pokok materi metodologi penelitian dan aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia
  13. Kurniawan, A., Ihsan, Y. N., & Iriani, Y. (2023). Analisis Tingkat Kepuasan Penumpang KRL (Kereta Commuter) Dengan Menggunakan Metode CSI dan IPA. Jurnal Teknik Industri, 9(2), 597-605. DOI: 10.24014/jti.v9i2.22991
  14. Matsatsinis, N. F., Grigoroudis, E., & Delias, P. (2003). User satisfaction and e-learning systems: Towards a multi-criteria evaluation methodology. Operational Research, 3(3), 249-259. DOI: https://doi.org/10.1007/BF02936404
  15. Muis, A., Novita, D., & Lutfiah. (2020). Kualitas Layanan Kereta Commuter Indonesia: Customer Satisfaction Index. Jurnal Administrasi Kebijakan Publik, 10(2), 1-33. DOI: 10.33558/akp.v10i2.2212
  16. Muttaqin, B. I. A. (2019). Telaah Kajian dan Literature Review Design of Experiment (DoE). Journal of Advances in Information and Industrial Technology, 1(1), 33-40. DOI: DOI: https://doi.org/10.52435/jaiit.v1i1.10.
  17. Octariani, I., Virgantari, F., & Wijayanti, H. (2021). Metode Taguchi Dalam Analisis Pengendalian Kualitas Produk Furniture. Interval: Jurnal Ilmiah Matematika, 1(2), 70-81. DOI: http://dx.doi.org/10.33751/interval.v1i2.4556
  18. Praseptiawan, M., Gultom, M. O. N., & Untoro, M. C. (2022). The Evaluation of E-Commerce Using the Customer Satisfaction Index and Importance Performance Analysis. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 11(1), 60-65.DOI: http://dx.doi.org/10.32736/sisfokom.v11i1.1167
  19. Roy, R. K. (2001). Design of experiments using the Taguchi approach: 16 steps to product and process improvement. John Wiley & Sons
  20. Setyawati, A., & Hasan, H. (2021). Effect of Service Quality and Facilities on Commuterline Train User Satisfaction: a Case of Indonesia. Journal of Economics, Management, Entrepreneurship, and Business (JEMEB), 1(2), 187–200. DOI: https://doi.org/10.52909/jemeb.v1i2.48
  21. Sundari, J., & Arumaryawan, D. (2018). Sistem Informasi Geograpfis dengan Google Map Untuk Pencarian Rumah Kost. Inovtek Polbeng - Seri Informatika, 3(1), 1-8. DOI: https://doi.org/10.35314/isi.v3i1.255
  22. Titu, A. M., Sandu, A. V., Pop, A. B., Titu, S., & Ciungu, T. C. (2018). The Taguchi Method Application to Improve the Quality of a Sustainable Process. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 374(1), 012054. DOI: https://doi.org/10.1088/1757-899X/374/1/012054
  23. Yulita, H., & Wijaya, B. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Transportasi Publik terhadap Kepuasan Konsumen. Management & Accounting Expose, 3(1), 1–12. DOI: https://doi.org/10.36441/mae.v3i1.131
  24. Zamheri, A., Arifin, F., & Apriansyah, I. (2021). Pengaruh parameter pada proses 3D printing menggunakan filament eal-fill terhadap akurasi dimensi dan kekerasan dengan pendekatan metode taguchi. Jurnal Teknik Mesin, 7(2), 30-34

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.