skip to main content

Konektivitas Multimoda Pada Halte Bus Rapid Transit di Kota Yogyakarta

Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitas Diponegoro, Indonesia


Citation Format:
Abstract

Sistem transportasi merupakan kombinasi beberapa bidang yang bersifat kompleks dan perlu adanya penyelarasan dengan perencanaan perkotaan dalam mendukung pembangunan yang berkelanjutan. Respon stakeholder terhadap isu mobilitas perkotaan berkelanjutan yakni melalui aplikasi sistem Bus Rapid Transit (BRT) dengan kombinasi halte, kendaraan, pelayanan, dan rute jalur moda transportasi yang menjadi satu sistem yang terintegrasi. Namun, dalam penerapan sistem BRT tetap menghadapi hambatan yang menyebabkan daya tarik masyarakat terhadap penggunaan transportasi umum berubah menuju pada penggunaan kendaraan pribadi. Dalam implementasi transportasi massal penting untuk memerhatikan konektivitas multimoda yang berkorelasi terhadap pengguna dari angkutan massal. Konektivitas mampu mempermudah mobilitas masyarakat melalui perluasan kawasan layanan angkutan umum berdasarkan asal dan tujuan perjalanan pengguna. Penelitian ini untuk mengetahui kemudahan titik perpindahan berdasarkan pola jaringan jalan pada Transjogja. Metode yang digunakan metode kualitatif melalui analisis deskriptif dan buffer untuk mengidentifikasi atribut yang memengaruhi keterjangkauan halte serta karakteristik persimpangan yang terdapat pada kawasan halte BRT di Kota Yogyakarta. Hasil yang didapatkan berupa dominasi simpang 3 pada kawasan sekitar halte transit yang memberikan fleksibilitas perjalanan serta minimnya konflik persimpangan. Konektivitas multimoda pada halte transit mayoritas bersifat homogen atau sama secara keseluruhan dengan indikasi regresifnya penggunaan BRT.

Fulltext View|Download
Keywords: Konektivitas; Persimpangan; Bus Rapid Transit.

Article Metrics:

  1. Boske, L. B. (1998). Multimodal/Intermodal Transportation in the United States, Western Europe, and Latin America: Governmental Policies, Plans, and Programs. School of Public Affairs
  2. Chan, K., & Farber, S. (2020). Factors underlying the connections between active transportation and public transit at commuter rail in the Greater Toronto and Hamilton Area. Transportation, 47(5), 2157–2178. https://doi.org/10.1007/s11116-019-10006-w
  3. Dewi, D. I., & Rakhmatulloh, A. R. (2018). Connectivity Between Pedestrian Ways and BRT Shelter in Banyumanik and Pedurungan, Semarang. Jurnal Teknik Sipil Dan Perencanaan, 20(2), 56–64. https://doi.org/10.15294/jtsp.v20i2.15957
  4. Diana, M., & Mokhtarian, P. L. (2009). Desire to change one’s multimodality and its relationship to the use of different transport means. Transportation Research Part F: Traffic Psychology and Behaviour, 12(2), 107–119. https://doi.org/10.1016/j.trf.2008.09.001
  5. Duarte, F., & Rojas, F. (2012). Intermodal Connectivity to BRT: A Comparative Analysis of Bogotá and Curitiba. Journal of Public Transportation, 15(2), 1–18
  6. Harianto, J. (2004). Perencanaan Persimpangan Tidak Sebidang Pada Jalan Raya
  7. Hochschild Jr, T. R. (2015). The cul-de-sac effect: Relationship between street design and residential social cohesion. Journal of Urban Planning and Development, 141(1), 05014006
  8. Kansky, K. J. (1963). Structure of Transportation Networks: Relationships between Network (No. 84)
  9. Kim, B.-K., Ha, O.-K., Shin, H.-J., Kim, H.-K., & Wang, Y.-D. (2014). Development of Intermodal Connectivity Index for High-Speed Rail. Journal of the Korean Society for Railway, 17(1), 59–69. https://doi.org/10.7782/jksr.2014.17.1.59
  10. Krygsman, S. (2004). Activity and Travel Choice(s) in Multimodal Public Transport Systems. Utrecht University
  11. Levinson, H. S., Zimmerman, S., & Clinger, J. (2003). Bus Rapid Transit Synthesis of Case Studies
  12. Litiloly, M. K. (2019). Studi Morfologi Kawasan Kotagede di Kota Yogyakarta “Perkembangan Pola Kawasan Kotagede dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya.” Jurnal Arsitektur Komposisi, 12(3), 211–224
  13. Owais, M., Ahmed, A. S., Moussa, G. S., & Khalil, A. A. (2021). Integrating underground line design with existing public transportation systems to increase transit network connectivity: Case study in Greater Cairo. Expert Systems with Applications, 167. https://doi.org/10.1016/j.eswa.2020.114183
  14. Psaltoglou, A., & Calle, E. (2018). Enhanced connectivity index – A new measure for identifying critical points in urban public transportation networks. International Journal of Critical Infrastructure Protection, 21, 22–32. https://doi.org/10.1016/j.ijcip.2018.02.003
  15. Samad, A., Wicaksono, A., Sulistio, H., & Djakfar, L. (2019). Kajian Peningkatan Kinerja Bus Rapid Transit (BRT) di Yogyakarta. Media Teknik Sipil, 17(1), 1–8. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jmts/article/view/7771
  16. Sugihamretha, D. G. (2021). Respon Kebijakan Covid-19: Merger BUMN Transportasi dan Pariwisata untuk Mengatasi Kontraksi Ekonomi di Masa Pandemi. In Bappenas Working Papers (No. 2; Volume IV, Vol. 4, Issue 2). Ministry of National Development Planning/Bappenas RI. https://doi.org/10.47266/bwp.v4i2.103
  17. Susanta, F. F., & Aditya, T. (2020). Visualisasi Pemodelan Hasil Analisis Jaringan Angkutan Umum di Kabupaten Kulon Progo. Geomatika, 26(1), 45–54. https://doi.org/10.24895/jig.2020.26-1.1085
  18. Verma, A., & Ramanayya, T. V. (2014). Public transport planning and management in developing countries (Vol. 61). Boca Raton: CRC Press
  19. Wirasinghe, S. C., Kattan, L., Rahman, M. M., Hubbell, J., Thilakaratne, R., & Anowar, S. (2013). Bus rapid transit–a review. International Journal of Urban Sciences, 17(1), 1-31
  20. Woldeamanuel, M., & Kent, A. (2016). Measuring Walk Access to Transit in Terms of Sidewalk Availability, Quality, and Connectivity. Journal of Urban Planning and Development, 142(2), 04015019. https://doi.org/10.1061/(asce)up.1943-5444.0000296
  21. Woldeamanuel, M., Kent, A., McGee, M., & Carvajal, S. (2020). Walk access to neighbourhood parks: Evaluating availability, quality and connectivity. Urban Design and Planning, 173(3), 96–107. https://doi.org/10.1680/jurdp.19.00051
  22. Woldeamanuel, M., & Olwert, C. (2016). The Multimodal Connectivity at Bus Rapid Transit (BRT) Stations and the Impact on Ridership. Source: Journal of the Transportation Research Forum, 55(1), 87–102
  23. Wright, L. (2003). Bus Rapid Transit. In K. Fjellstrom (Ed.), Sustainable Transport: A Sourcebook for Policy-Makers in Developing Cities: Vol. Module 3b (pp. 3–4). GTZ Transport and Mobility Group. www.sutp-asia.org

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.