Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{Ruang14499, author = {Rizka Fauziah and Anita Ratnasari and Diah Dewi}, title = {Analisis Variabilitas Temporal Pada Waktu Tempuh Bus Rapid Transit (BRT) TransJogja}, journal = {Ruang}, volume = {11}, number = {1}, year = {2025}, keywords = {Bus Rapid Transit; waktu tempuh; TransJogja}, abstract = { Bus Rapid Transit sebagai salah satu transportasi massal berperan penting dalam mengurangi kemacetan dan meningkatkan mobilitas di kawasan perkotaan, termasuk di Daerah Istimewa Yogyakarta. Peningkatan kinerja sistem transportasi untuk mendorong penggunaan transportasi massal dapat diukur melalui indikator konsistensi lamanya waktu tempuh. TransJogja sebagai sistem BRT di Yogyakarta masih menghadapi permasalahan ketepatan waktu layanan dan lamanya waktu tempuh yang belum sesuai dengan standar PMPRI No. 10 Tahun 2012, yaitu maksimum 7 menit pada jam sibuk dan 15 menit pada jam tidak sibuk. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi variabilitas waktu tempuh TransJogja berdasarkan karakteristik temporal menggunakan pendekatan kuantitatif dan analisis deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari waktu tempuh empat rute TransJogja selama bulan Februari 2022. Hasil penelitian penunjukkan bahwa waktu tempuh pada hari kerja lebih lama dibanding akhir pekan, serta lebih Panjang pada jam sibuk dibanding jam tidak sibuk. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh waktu terhadap ketepatan layanan BRT TransJogja. Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar evaluasi dalam perencanaan transportasi untuk meningkatkan kinerja sistem transportasi massal yang lebih efisien di Yogyakarta }, issn = {2356-0088}, pages = {21--29} doi = {10.14710/ruang.11.1.21-29}, url = {https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/ruang/article/view/14499} }
Refworks Citation Data :
Bus Rapid Transit sebagai salah satu transportasi massal berperan penting dalam mengurangi kemacetan dan meningkatkan mobilitas di kawasan perkotaan, termasuk di Daerah Istimewa Yogyakarta. Peningkatan kinerja sistem transportasi untuk mendorong penggunaan transportasi massal dapat diukur melalui indikator konsistensi lamanya waktu tempuh. TransJogja sebagai sistem BRT di Yogyakarta masih menghadapi permasalahan ketepatan waktu layanan dan lamanya waktu tempuh yang belum sesuai dengan standar PMPRI No. 10 Tahun 2012, yaitu maksimum 7 menit pada jam sibuk dan 15 menit pada jam tidak sibuk. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi variabilitas waktu tempuh TransJogja berdasarkan karakteristik temporal menggunakan pendekatan kuantitatif dan analisis deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari waktu tempuh empat rute TransJogja selama bulan Februari 2022. Hasil penelitian penunjukkan bahwa waktu tempuh pada hari kerja lebih lama dibanding akhir pekan, serta lebih Panjang pada jam sibuk dibanding jam tidak sibuk. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh waktu terhadap ketepatan layanan BRT TransJogja. Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar evaluasi dalam perencanaan transportasi untuk meningkatkan kinerja sistem transportasi massal yang lebih efisien di Yogyakarta
Article Metrics:
Last update:
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Ruang, Department of Urban and Regional Planning, Faculty of Engineering, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright includes the rights to reproduce and deliver the article in all forms and media.
Visitor Number:
Visitor Statistic
RUANGDepartment of Urban and Regional PlanningBuilding A, 3rd Floor. Faculty of Engineering - Diponegoro UniversityCampus UNDIP Tembalang 50275Telp. (024) 7460054, Ext. 105
Email: ruang@live.undip.ac.id