skip to main content

Identifikasi Penggunaan Lahan Sekitar Park and Ride BRT Trans Jogja

Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitas Diponegoro, Indonesia


Citation Format:
Abstract

Dalam rangka memenuhi kebutuhan pergerakan masyarakat dan menyelesaikan masalah transportasi di perkotaan, Provinsi DI Yogyakarta menyediakan sistem Bus Rapid Transit (BRT) atau dikenal sebagai Trans Jogja dengan fasilitas pendukungnya yaitu park and ride. Dalam sistem transportasi, tata guna lahan mempengaruhi tingginya bangkitan dan tarikan pergerakan masyarakat, serta pemilihan moda transportasi dan fasilitas pendukungnya. Berdasarkan hal ini perlu dilakukan pemetaan penggunaan lahan sekitar park and ride untuk memaksimalkan penggunaan fasilitas ini maupun untuk merancang park and ride baru. Park and ride yang dikaji pada penelitian ini yaitu Park and Ride Gamping yang terletak di Kabupaten Sleman dan Taman Parkir Ngabean yang terletak di Kota Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui karakteristik kawasan sekitar park and ride berdasarkan keberagaman penggunaan lahan. Analisis deksriptif kuantitatif dan metode pemetaan digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa penggunaan lahan sekitar Park and Ride Gamping didominasi oleh sawah irigasi dan permukiman. Permukiman menciptakan bangkitan pergerakan yang tinggi karena berimplikasi pada tingginya jumlah penduduk yang ingin memenuhi kebutuhan mereka di pusat kota, yaitu Kota Yogyakarta. Sehingga Park and Ride Gamping termasuk suburban commuter oriented center. Sedangkan pada Taman Parkir Ngabean, penggunaan lahan cenderung bervariasi yaitu permukiman, perdagangan dan jasa, pariwisata dan budaya, serta perkantoran. Penggunaan lahan ini menghasilkan tingginya bangkitan dan tarikan pergerakan masyarakat dengan lokasi tujuan pergerakan di sekitar tempat parkir ini, sehingga Taman Parkir Ngabean termasuk urban mixed use center. Dengan perbedaan penggunaan lahan ini dapat terlihat bahwa masing-masing park and ride ini menghasilkan pergerakan masyarakat yang berbeda pula.

Fulltext View|Download
Keywords: Urbang Planning; Transportation Planning

Article Metrics:

  1. Bakogiannis, E., Kyriakidis, C., & Siti, M. (2018). Land Use and Transportation: Identifying the relationship between parking and land use in the Municipality of Zografou, Athens. RELAND: International Journal of Real Estate & Land Planning, 1, 260–267
  2. Batuwael, T. D. E. M. A. (2018). Evaluasi Park and Ride Sebagai Prasarana Penunjang Angkutan Umum. UAJY
  3. BPS. (2021). Kabupaten Sleman dalam Angka 2021. Badan Pusat Statistik
  4. Clayton, W., Ben-Elia, E., Parkhurst, G., & Ricci, M. (2014). Where to park? A behavioural comparison of bus Park and Ride and city centre car park usage in Bath, UK. Journal of Transport Geography, 36, 124–133
  5. Dijk, M., & Montalvo, C. (2011). Policy frames of Park-and-Ride in Europe. Journal of Transport Geography, 19(6), 1106–1119
  6. Hamid, N. A., Mohamad, J., & Karim, M. R. (2008). Travel behaviour of the park and ride users and the factors influencing the demand for the use of the park and ride facility. Chemistry International, 37(2), 10–14
  7. Handayeni, K., & Ariyani, B. S. P. (2018). Commuters’ travel behaviour and willingness to use park and ride in Tangerang city. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 202(1), 12019
  8. He, B., He, W., & He, M. (2012). The attitude and preference of traveler to the Park & Ride facilities: a case study in Nanjing, China. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 43, 294–301
  9. Islam, S. T., Liu, Z., Sarvi, M., & Zhu, T. (2015). Exploring the mode change behavior of park-and-ride users. Mathematical Problems in Engineering, 2015
  10. Johara, T. J., & others. (1999). Tata Guna Tanah dalam Perencanaan Pedesaan, Perkotaan dan Wilayah. Bandung: Penerbit ITB
  11. Karamychev, V., & van Reeven, P. (2011). Park-and-ride: Good for the city, good for the region? Regional Science and Urban Economics, 41(5), 455–464
  12. Putri, R. N. (2019). Evaluasi Lokasi Halte Park and Ride Trans Jogja di Kawasan Aglomerasi Perkotaan Yogyakarta (Kasus: Halte Park and Ride Ambarketawang). Universitas Gadjah Mada
  13. Qin, H., Guan, H., & Wu, Y.-J. (2013). Analysis of park-and-ride decision behavior based on Decision Field Theory. Transportation Research Part F: Traffic Psychology and Behaviour, 18, 199–212
  14. Riawan, W. A. (2018). Analisis Pelayanan Bus Rapid Transit Kapasitas Sedang pada Sistem Transportasi Perkotaan [The Service Analysis of Medium Capacity Bus Rapid Transit on the Urban Transportation System]. Warta Penelitian Perhubungan, 30(2), 119–132
  15. Rio Metro Regional Transit District. (2012). Park and Ride Users Survey: Summary Report
  16. Sughandhy, A. (1999). Penataan Ruang dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
  17. Tamin, O. Z. (2000). Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, edisi kedua. Bandung: Penerbit ITB
  18. Tennøy, A., Hanssen, J. U., & Øksenholt, K. V. (2020). Developing a tool for assessing park-and-ride facilities in a sustainable mobility perspective. Urban, Planning and Transport Research, 8(1), 1–23

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.