skip to main content

PENGEMBANGAN POTENSI DAYA SAING UMKM PEMANCINGAN LOKAL DI DESA KEDUNG BANTENG MELALUI PELATIHAN MARKETING ONLINE DAN BRANDING

*Abdurrahman Malik Nitisastra  -  Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Jurnal ini membahas peran strategis pelatihan pemasaran online dan branding bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di sektor pemancingan di Desa Kedung Banteng. Dalam era perkembangan teknologi informasi yang pesat, pelatihan ini memungkinkan UMKM pemancingan untuk memanfaatkan platform digital guna meningkatkan daya saing dan pengembangan bisnis mereka. Pemancingan sebagai kegiatan ekonomi dan rekreasi di desa memiliki potensi besar untuk menggerakkan perekonomian lokal. Melalui pendekatan kualitatif, mahasiswa KKN Tim II UNDIP memberikan pelatihan intensif kepada UMKM Pemancingan Kedung Makmur, termasuk pengajaran strategi pemasaran online dan manajemen media sosial. Hasilnya mencakup optimalisasi pemasaran digital, peningkatan visibilitas, dan pertumbuhan ekonomi lokal. Kolaborasi yang baik antara pemilik pemancingan, kepala desa, dan mahasiswa menjadi kunci keberhasilan dalam menghadapi tantangan persaingan dan memanfaatkan teknologi digital secara efektif.

Kata kunci : UMKM, pemancingan, pemasaran online, branding, pelatihan, platform digital, kolaborasi, pertumbuhan ekonomi lokal

Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. Firdaus, M. I., Azizah, P. N., & Sa’adah, R. (2022). Pentingnya Digital Marketing sebagai Strategi Pemasaran UMKM DI era 4.0. Jurnal Graha Pengabdian, 4(2), 154. https://doi.org/10.17977/um078v4i22022p154-162
  2. Setyawati, I. (2018). Peran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dalam Perekonomian Nasional. https://doi.org/10.31227/osf.io/nfrmx
  3. Hadi, D. F., & Zakiah, K. (2021). Strategi Digital Marketing Bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Untuk Bersaing di era pandemi_strategi Digital Marketing Bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Untuk Bersaing di era Pandemi. Competitive, 16(1), 32–41. https://doi.org/10.36618/competitive.v16i1.1171
  4. Aulia, R., Dahriansah, D., & M, Y. A. (2021). Pemanfaatan media sosial untuk Sarana Promosi Dan Penjualan produk UMKM. Jurnal Pemberdayaan Sosial Dan Teknologi Masyarakat, 1(1), 41. https://doi.org/10.54314/jpstm.v1i1.587
  5. Praja, P., & Syaiful, F. L. (2021). Penerapan Sistem Digitalisasi Pada umkm di desa lubuk pinang Kabupaten Muko-Muko, Bengkulu. Jurnal Hilirisasi IPTEKS, 4(4), 218–225. https://doi.org/10.25077/jhi.v4i4.556
  6. Mukhsin. (2019). Manfaat Penerapan Marketing Online (Menggunakan e-commerce Dan Media Sosial) Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM). TEKNOKOM, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31943/teknokom.v2i1.25

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.